Kelebihan Material Bambu

Kelebihan Material Bambu
Salah satu material alami yang mampu dipakai sebagai unsur struktur bangunan ialah bambu. Sekarang ini, material bambu kian dipopulerkan oleh kalangan profesional lantaran merupakan material yang ramah lingkungan.

Di samping ramah lingkungan, bambu juga memiliki beberapa kelebihan lainnya. Apa sajakah itu? Berikut beberapa keuntungan yang mampu diperoleh dari penggunaan material bambu.

1. Gampang Dirawat
Material bambu pada dasarnya merupakan material yang gampang dirawat. Cara membersihkannya ialah cukup dengan disapu atau divakum secara rutin guna melenyapkan abu dan kotoran yang menempel. Bisa juga dipel sesekali dengan cairan pembersih yang bebas senyawa alkali (asam).

2. Tahan terhadap Air
Bambu ketimbang kayu lebih tahan terhadap air dan noda. Selain itu, bambu juga tidak melengkung (bengkok) dengan mudah. Dengan demikian, bambu menjadi lebih berpengaruh dan kokoh.

3. Tahan Lama
Beberapa macam bambu mempunyai batang yang berpengaruh sekali, keras, dan tahan lama. Lebih dari itu, bambu yang diolah dan diproduksi dengan sempurna akan lebih tahan lama, layaknya pohon oak merah.

4. Mudah Didapat
Bambu merupakan tumbuhan yang mudah didapat dan ditumbuhkembangbiakan. Dibandingkan dengan pohon lain yang memerlukan waktu puluhan tahun, bambu cuma membutuhkan waktu 3 - 5 tahun untuk mampu digunakan. Selain itu, bambu juga mempunyai harga yang lebih murah ketimbang kayu solid lantaran materialnya yang mudah dijumpai dan proses tumbuhnya yang cepat.

5. Bisa Di-finishing Ulang
Pemakaian bambu pada elemen interior lama kelamaan akan mengalami perubahan warna, tergores, atau rusak. Namun, kita tidak perlu khawatir. Pasalnya, bambu mampu di-finishing ulang untuk membuat tampilannya menjadi gres kembali. Caranya ialah cukup dengan diampelas, kemudian diberi lapisan finishing kembali.

6. Stylish
Tampilan pada bambu mampu dibuat layaknya kayu solid pada umumnya. Jika diperlakukan dengan benar, maka bambu dapat dibikin amat menyerupai mirip kayu. Kita mampu memainkan desain dan warna saat proses finishing-nya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel