Cara Merawat Baterai Smartphone Non-Removable Agar Awet

Baterai yang bisa dilepas sebenarnya menawarkan kepraktisan. Kalau ditemukan problem atau kapasitas baterai kendor, pengguna dapat dengan mudah melepas baterai atau mengganti sendiri .

<br/>Cara Merawat Baterai Smartphone Non-Removable Agar Awet

Namun searah dengan kemajuan dan kelebihan, sekarang hp canggih keluaran paling anyar, dibekalis memakai baterai tanam. Memang baterai tanam (Non Removable) membuat body ponsel menjadi slim sehingga view bagus. Supaya Non Removable tetap awet serta hp canggih tahan lama, di bawah ini beberapa hal yang kudu diperhatikan.

Inilah trik cara merawat baterai hp non removable agar tidak mudah melembung.

Pakailah charger asli atau orisinal

Untuk merawat baterai non removable yang pertama perlu diperhatikan adalah menjaga supaya arus listrik yang diterima baterai selalu tetap dan aman, pakailah charger bawaan setiap saat ngecas baterai. Charger asli telah disinkronkan oleh pabrikan supaya bisa mengisi baterai dengan efektif. Jika kepepet memakai charger yang bukan buatan pabrik, pastikan tegangan yang dibutuhkan oleh telepon genggam sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan oleh baterai.

Cek suhu baterai ponsel
Suhu yang dibutuhkan hp adalah temperatur kamar, yaitu 18-35 derajat celcius. Jika terlalu dingin, baterai {terkena efek|akan mengalami penurunan kapasitas. Berbeda kalau, baterai yang terlalu overheat bisa merusak bagian yang terdapat di gadget.Jadi, pastikan untuk merawat dan menggunakan hp canggih di tempat yang bukan panas bukan dingin. Hindari menaruhnya di posisi bersuhu tinggi misalnya di atas mesin mesin yang menyala agar temperaturnya tidak meninggi. Beri waktu istirahat hp canggih dan hindari sampai memakainya terus menerus hingga panas.

Kontrol jangan sampai pengisian daya berlebihan
Walaupun gadget jaman sekarang memiliki kemampuan untuk menghentikan arus kalau sudah mencapai 100%, namun sebaiknya jangan terlalu lama membiarkan telepon genggam dalam keadaan dicolokkan ke arus listrik melebihi waktu umum. Tak hanya menyebabkan baterai menjadi melembung, bahkan banyak kejadian, baterai bisa meledak.

Hindari memakai hp saat mengisi baterai
Tak hanya itu untuk merawat baterai non removable perlu dilakukan bila hp dalam posisi diisi daya, jangan gunakan terlebih bermain game, memutar musik, menerima telepon atau menggunakannya untuk aktivitas yang lain. Usahakan untuk melakukan setelan hp canggih dalam keadaan mode terbang atau sebaiknya dimatikan dulu. Dengan begitu, baterai menjadi tahan lama.

Pakai WiFi dan GPS Seperlunya
Kalau sedang tidak menggunakan internet, pastikan matikan WiFi atau data selular pada smartphone. Tidak peduli WiFi atau data selular tetap aktif, akan membuat hp aktif secara terus-menerus dan membuat daya tahan baterai. Penggunaan GPS berpengaruh banget baterai smartphone kehabisan daya. Ditambah jika menghidupkan GPS aktif terus-menerus tanpa digunakan. Memang baiknya GPS diaktifkan, saat sedang diperlukan saja.

Kurangi bermain game
Kalau Anda termasuk orang yang suka bermain Mobile Game, disarankan untuk mengurangi durasi waktu permainan maksimal 2 jam sehari. Operasi mobile game menggunakan hampir seluruh kemampuan smartphone Anda. Oleh karena itu, saat bermain game baterai akan lebih cepat panas. Dengan memberikan jeda saat main game atau membatasi durasinya, temperatur smartphone Anda akan lebih stabil.

Usahakan Untuk Mengisi Full
Sebaiknya untuk membuat penuh baterai dan mematikannya. Karena keadaan mendesak biasanya user smartphone kerap lepas pengisian disaat baterai belum penuh, ini membuat baterai cepat rusak.

Matikan hp beberapa jam setiap hari
Banyak orang tidak peduli telepon genggamnya menyala, bahkan ketika malam hari dalam posisi tidur. Hindari biarkan kebiasaan ini berlangsung, karena baterainya akan cepat aus. Harusnya matikan hp canggih ketika akan pergi tidur, agar baterainya lebih awet.

Isi penuh baterai jika tidak dipakai dalam waktu lama
Jika gadget tidak dipakai dalam waktu lama, sebaiknya agar mengisi full baterai dan dalam kondisi mematikannya. Dengan begitu, baterai hp canggih akan selalu ok digunakan dan lebih tahan lama jika suatu saat dibutuhkan. Lakukan pengisian daya minimal setiap 2 sampai 3 minggu sekali, dengan begitu baterai smartphone tidak akan cepat aus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel