Trik Cara Merawat Baterai HP agar Tahan Lama, Tidak cepat Habis

Baterai yang bisa dicopot sebenarnya menawarkan kemudahan. Kalau ditemukan problem atau kapasitas baterai melemah, pengguna bisa langsung mencopot baterai atau mengganti sendiri .

<br/>Trik Cara Merawat Baterai HP agar Tahan Lama, Tidak cepat Habis

Namun menyesuaikan dengan teknologi dan kemudahan, sekarang telepon genggam rilis terbaru, didukung dengan baterai tanam. Salah satu kelebihan baterai tanam adalah body hp canggih jadi lebih tipis jadi view bagus. Supaya Non Removable tetap awet dan juga ponsel tahan lama, di bawah ini poin penting yang kudu diperhatikan.

Inilah poin penting cara merawat baterai hp non removable supaya lebih tahan lama.

Usahakan menggunakan charger bawaan

Saat berhubungan dengan charger maka poin penting yang kudu diperhatikan adalah tegangan listrik yang wajib stabil dan cocok dengan tegangan, pakailah charger asli setiap waktu ngecas baterai. Charger asli telah disesuaikan oleh pabrikan supaya selalu mengecas baterai dengan efektif. Kalau terpaksa menggunakan charger yang bukan buatan pabrik, teliti voltase yang diterima oleh hp canggih sesuai dengan arus yang dibutuhkan oleh baterai.

Lihat suhu baterai hp
Temperatur yang dibutuhkan hp adalah suhu kamar, yaitu 18-35 derajat celcius. Jika terlalu dingin, baterai {terkena efek|akan kena pengurangan kapasitas. Sebaliknya, baterai yang menjadi panas bisa merusak perangkat lain yang menempel di hp pintar.Jadi, pastikan untuk merawat dan memakai smartphone di tempat yang sedang. Jangan meletakkan di tempat bersuhu tinggi misalnya di atas mesin mesin yang menyala supaya temperaturnya tidak meninggi. Beri waktu istirahat hp dan jangan sampai menggunakannya berlebihan hingga overheat.

Cek pengisian daya berlebihan
Meskipun smartphone jaman sekarang memiliki kelebihan untuk memutus daya kalau sudah penuh, tetapi sebaiknya jangan terlalu lama membiarkan hp pintar dalam keadaan dicas melebihi waktu umum. Tak hanya menyebabkan baterai menjadi melembung, untuk banyak kejadian, baterai bisa hancur.

Hindari memakai gadget saat mengisi daya
Tak hanya itu untuk menyayangi baterai non removable perlu dipahami bila ponsel dalam posisi dicas, hindari gunakan terlebih bermain game, memutar musik, menerima panggilan atau menggunakannya untuk aktivitas lainnya. Usahakan untuk melakukan custom telepon genggam dalam keadaan airplane mode atau sebaiknya dimatikan saja. Jadi, baterai tidak cepat overheat.

Pakai WiFi dan GPS Seperlunya
Jika sedang tidak menggunakan internet, cobalah matikan WiFi atau data selular pada gadget. Tidak peduli WiFi atau data selular tetap aktif, akan menjadikan hp bekerja secara terus-menerus dan mengurangi kemampuan baterai. Pemakaian GPS sering menyebabkan baterai hp pintar cepat habis. Apalagi jika membiarkan GPS aktif dalam waktu lama tanpa digunakan. Memang baiknya GPS diaktifkan, hanya ketika sedang dipakai saja.

Kurangi bermain game
Jika Anda termasuk orang yang suka bermain Mobile Game, disarankan untuk mengurangi durasi waktu permainan maksimal 2 jam sehari. Operasi mobile game menggunakan hampir seluruh kemampuan hp Anda. Oleh karena itu, saat bermain game baterai akan lebih cepat panas. Dengan memberikan jeda saat main game atau membatasi durasinya, temperatur ponsel Anda akan lebih stabil.

Pastikan Untuk Mengisi Full
Biasakan untuk mengisi penuh baterai dan dicas dengan posisi mati. Karena keadaan terdesak biasanya user hp langsung lepas pengisian disaat baterai belum penuh, ini membuat baterai cepat rusak.

Matikan smartphone beberapa jam setiap hari
Banyak orang membiarkan hpnya menyala, bahkan saat malam hari dalam keadaan tidur. Hindari biarkan kebiasaan ini berlangsung, karena menjadikan akan cepat aus. Sebaiknya dimatikan gadget ketika akan pergi tidur, agar baterainya lebih berumur panjang.

Isi full baterai jika tidak diperlukan dalam waktu lama
Kalau gadget tidak diperlukan dalam waktu lama, disarankan agar mengisi penuh baterai dan dalam kondisi dinonaktifkan. Dengan begitu, baterai telepon genggam akan selalu ok digunakan dan lebih awet jika suatu waktu dibutuhkan. Pastikan pengisian daya minimal setiap 2 sampai 3 minggu sekali, dengan begitu baterai ponsel tidak akan cepat rusak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel