Trik Cara Merawat Baterai HP agar Tahan Lama, Tidak cepat Habis

Baterai yang bisa dilepas sebenarnya menawarkan kemudahan. Kalau ditemukan masalah atau daya baterai melemah, pengguna bisa dengan mudah melepas baterai atau mengganti sendiri .

<br/>Trik Cara Merawat Baterai HP agar Tahan Lama, Tidak cepat Habis

Tetapi selaras dengan teknologi dan kelebihan, sekarang gadget keluaran paling anyar, disertai dengan baterai tanam. Asyiknya baterai tanam (Non Removable) membuat body hp menjadi lebih tipis jadi look bagus. Supaya Non Removable tetap awet serta hp pintar tahan lama, di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Berikut ini trik cara merawat baterai ponsel non removable agar panjang umur.

Selalu memakai charger bawaan

Ketika berhubungan dengan charger maka poin penting yang kudu diperhatikan adalah arus listrik yang harus tetap dan sesuai dengan tegangan, gunakan charger asli atau orisinal setiap kali ngecas baterai. Charger asli sudah ditentukan oleh pabrikan agar bisa mengisi baterai dengan efektif. Jika harus memakai charger yang bukan buatan pabrik, teliti arus yang dibutuhkan oleh smartphone sesuai dengan arus yang diminta oleh baterai.

Cek temperatur baterai ponsel
Suhu yang diperlukan ponsel adalah temperatur kamar, atau sekitar 18-35 derajat celcius. Kalau terlalu rendah, baterai {terkena efek|akan mengalami penurunan kemampuan. Sebaliknya, baterai yang terlalu overheat dapat mengikis perangkat lain yang berdekatan di hp canggih.Jadi, cek untuk merawat dan menggunakan hp di lokasi yang sejuk. Hindari meletakkan di lokasi bersuhu tinggi misalnya di atas mesin mesin yang menyala agar temperaturnya tidak meninggi. Beri waktu istirahat gadget dan hindari sampai memakainya terus menerus hingga overheat.

Kontrol jangan sampai pengisian daya berlebihan
Meskipun hp canggih generasi terupdate memiliki kemampuan untuk menghentikan pengecesan saat telah kenyang, tetapi tidak ada salahnya hindari terlalu lama membiarkan hp dalam keadaan dicas melebihi waktu umum. Selain karena dapat menyebabkan baterai langsung melar, untuk banyak kasus, baterai dapat melukai pengguna.

Jangan memakai gadget saat mengisi daya
Tak hanya itu untuk menyayangi baterai non removable perlu diingat bila telepon genggam dalam keadaan charging, jangan gunakan apalagi untuk game, memutar musik, menerima telepon atau memakainya untuk aktivitas yang lain. Disarankan untuk melakukan custom gadget dalam keadaan mode terbang atau sebaiknya dimatikan saja. Dengan begitu, baterai menjadi tahan lama.

Batasi Penggunaan WiFi dan GPS
Kalau sedang tidak memakai internet, pastikan matikan WiFi atau data selular pada hp canggih. Tidak peduli WiFi atau data selular tetap aktif, akan membuat telepon genggam aktif secara terus-menerus dan mengurangi kemampuan baterai. Pemakaian GPS faktor utama baterai gadget cepat habis. Terlebih jika menghidupkan GPS aktif dalam waktu lama tanpa dipakai. Memang baiknya GPS diaktifkan, saat sedang dibutuhkan saja.

Kurangi bermain game
Kalau Anda termasuk orang yang suka bermain Mobile Game, disarankan untuk mengurangi durasi waktu permainan maksimal 2 jam sehari. Operasi mobile game menggunakan hampir seluruh kemampuan hp canggih Anda. Oleh karena itu, saat bermain game baterai akan lebih cepat panas. Dengan memberikan jeda saat main game atau membatasi durasinya, temperatur hp pintar Anda akan lebih stabil.

Pastikan Untuk Mengisi Full
Disarankan untuk membuat full baterai dan dicas dengan kondisi mati. Karena posisi mendesak seringnya user telepon genggam langsung mencabut pengisian disaat baterai belum penuh, ini membuat baterai cepat rusak.

Matikan ponsel beberapa jam setiap hari
Banyak orang tidak peduli ponsel mereka menyala, bahkan ketika malam hari dalam keadaan tidur. Jangan biarkan kebiasaan ini berlangsung, karena menjadikan akan cepat aus. Harusnya dimatikan gadget saat akan pergi tidur, supaya baterainya lebih tahan lama.

Isi penuh baterai jika tidak diperlukan dalam waktu lama
Jika gadget tidak digunakan dalam waktu lama, sebaiknya agar mengisi full baterai dan dalam kondisi dimatikan. Dengan begitu, baterai hp pintar akan siap digunakan dan lebih awet jika suatu waktu dibutuhkan. Lakukan pengisian daya minimal setiap 2 sampai 3 minggu sekali, dengan begitu baterai hp tidak akan cepat rusak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel