Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit


Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit - Desain Rumah Minimalis selalu menjadi trend. Model membuat bangunan hunian menggunakan model hunian yang minimalis modern telah tak terhitung banyaknya di internet. Dapat diartikan kuno kalau dibilang baru ngerti sekarang, sebab tren hunian akan selalu berkembang terus menerus. Model dan kreativitas ketika mendesain rumah sudah meningkat pesat, terlebih untuk menghadapi perkembangan zaman semisal tanah yang kian mahal dan sulit dijangkau. Desain minimalis yang akhirnya juga meluas ke daerah pribumi dengan konsep bangunan minimalis, namun nyaman dipandang dan juga menarik banyak orang. Ditambah pemborong seringnya membidik tema tersebut.



Menjadi PR yang besar agar desain rumah minimalis modern di tempat yang sempit ini mempunyai ruangan sesuai kebutuhan. Sebagai contoh kebutuhan akan ruangan untuk mengerjakan kegiatan privasi. Sebuah keluarga yang memiliki dua anak remaja yang beranjak dewasa maka telah akan membutuhkan 2 ruangan tidur sendiri. Ditambah kalau memiliki jumlah keturunan dan mempunyai jenis kelamin yang tidak sama maka telah seharusnya tempat tidurnya kudu dipisah.











Ingin Punya Anda Bangun Tiap Pagi?
Bisa!!!
Promo Gratis Ongkir!!!




Akibatnya, kalau banyak kamar tidur maka desain rumah yang mempunyai banyak ruangan tidurlah yang anda perlukan bukan? Akibatnya kamar yang lain akan terasa sesak.
  Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit
Untuk pasangan baru dua kamar tidur di rumah tentunya aman aman saja. Sebab anak masih bisa ditaruh atau diselipkan pada satu kamar. Tetapi akan mulai menjadi sesuatu ketika anak sudah mulai dewasa dan memerlukan ruangan pribadi masing masing. Ditambah kondisi tak terduga seperti datangnya keluarga dan berencana menginap maka memiliki tiga buah ruang untuk beristirahat menjadi pilihan yang tepat untuk rumah ketika ini.

Membuat 3 kamar tidur bukan berarti kamu kudu mempersempit tempat tamu atau dapur yang sangat sempit. Kamu cuma membutuhkan perencanaan yang baik supaya ruangan bisa ditata dengan tepat. Di bawah ini merupakan beberapa contoh modelnya.

1. Denah rumah minimalis type 36.
  Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit
2. Denah rumah 3 kamar ukuran 7×9.
  Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit
3. Kamar tidur utama dan 2 kamar tidur anak,
  Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit
4. Denah rumah minimalis bergaya zen,
  Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit
5. Light and fun, denah rumah minimalis ini membawa nuansa yang lembut.
  Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit
6. Denah rumah kecil 1 lantai dengan 3 kamar tidur, dapat diakali dengan menggabungkan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur pada satu ruang besar.
  Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit
7. Denah rumah minimalis dengan perpaduan warna putih dan lime / biru dengan orange,
  Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit
8. Denah rumah minimalis dengan eksterior bata merah,
  Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit
9. Rumah mungil dengan 3 kamar tidur
  Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit
10. Desain rumah keluarga dengan 2 anak.
  Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit
11.  Denah rumah lantai pertama, dapat anda gunakan kalau kamu kepengin mendesain rumah bersusun nantinya.

12. Denah rumah dengan desain kamar kembar.
  Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit
13. Rumah 3 kamar dengan garasi.
  Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit
14. Rooftop di atas rumah.
  Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit
15. Denah rumah modern minimalis menggunakan lapisan lantai marmer glossy dan pintu transparan di setiap ruang.
  Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit
16. Teras kecil di setiap kamar pasti diimpikan banyak orang.
  Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit
17. Denah rumah minimalis dengan 2 teras.
  Desain Rumah Minimalis Modern Lahan Sempit
Ingatlah Ini Ketika Mendesain Denah Rumah Minimalis Modern

Jika anda belum meyakinkan pilihan yang pas untuk model rumah minimalis tadi. Tak ada salahnya perhatikan hal berikut ini. Sebab penentuan desain yang anda pilih akan menggambarkan karakter yang menjadi cerminan diri kamu.

1. Model rumah
Pemilihan gaya rumah menjadi acuan, karena semua hal diawali dari ide anda. Tukang hanyalah melaksanakan ide yang anda inginkan sesuai dengan arahan saja. Tetapi dapat jadi mereka akan pusing ketika anda tidak tepat dalam menentukannya. Kalau anda menginginkan rumah dengan gaya mediteranian misalnya, maka pilihlah desain yang pas untuk rumah mediteranian. Sebaliknya jika anda menginginkan desain rumah minimalis modern maka pilihlah desain yang pas dan harmoni dengan gaya rumah kamu.

2. Jumlah kamar tidur
Kamar istirahat adalah hal utama  yang kudu dipikirkan. Karena tempat tidur ini adalah pusat dari sebuah rumah. Sesuaikan banyaknya ruang yang anda perlukan, selain untuk anggota keluarga juga untuk tamu contohnya. Seringkali kalau kerabat diharuskan berkunjung dan menginap di tempat kita. Memang tidak setiap hari, namun menyediakan tempat untuk saudara ketika menginap adalah hal yang menjadi keharusan.

3. Satu tingkat atau dua tingkat?
Lebih pusing membangun satu tingkat atau dua tingkat. Kalau membangun rumah dua tingkat mungkin kamu dapat berkreasi sendiri untuk penataan ruang. Namun, jika yang dibangun adalah rumah satu tingkat ada baiknya melibatkan ahli dalam penataan ruang agar tertata dengan tetap sesuai dengan kebutuhan. Jika membangun 2 tingkat maka kamu dapat mempunyai lebih banyak ruang untuk ruang tidur misalnya.

4. Adanya tempat tidur utama
Hunian yang memiliki kamar tidur utama mempunyai nilai tambah tersendiri. Sepertinya kamar itu akan menjadi kamar yang sangat mewah. Jadi kemungkinan kamu dapat memasukkan poin tambahan rumah anda dengan membuat desain floor plan rumah minimalis yang mempunyai kamar tidur utama.

5. Ruangan bonus
Selain ruang tidur utama, guna menambah poin tambah adalah ruangan istimewa. Seperti kamar untuk mencuci atau sekedar melepas penat. Tempat ini kudu diperhatikan betul kalau ingin membangunnya apakah memang kamu membutuhkannya atau hanya untuk sesuatu yang akhirnya tidak anda sukai. Atau anda membangun tempat untuk menikmati hidup, namun malah mengorbankan kamar yang primer.

6. Jumlah kamar mandi
Kamar mandi adalah cerminan dari suatu rumah. Melihat adat jawa, kemegahan dan kepribadian seseorang digambarkan dari mbale dan kamar mandinya. Jadi ngga heran kalau orang jawa membuat mbale yang terlihat luas. Sedangkan untuk jamban sendiri kamu dapat berkreasi dengan banyaknya jumlah kamar mandi. Contohnya 2 kamar mandi. Mempunyai 2 kamar mandi maka untuk ketika kepepet kamu tidak perlu nunggu di kamar mandi kelamaan. Lokasi yang tepat juga faktor pendorong misalnya di samping kamar tidur.

7. Fungsionalitas
Situasional saat membangun ruangan disesuaikan dengan kebutuhan. Banyaknya lokasi extra dan ruangan yang harus ada juga menjadi alasan yang harus dipikirkan. Menjadi penting ketika anda menginginkan mempunyai ruangan yaitu penempatan ruangan itu kudu selaras agar menjadi fungsional. Gambarannya seperti penempatan meja makan dengan dapur. Kalau meja makan diletakkan berjauhan dengan dapur tentu hasilnya tidak chic. Begitu juga misalnya kamar mandi hanya satu diletakkan di kamar tidur. Sudah dipastikan banyak warga lain yang akan menyerbu di situ juga.

Ciri Ciri Rumah Minimalis Sederhana dan Rumah Minimalis Modern

Walaupun hampir sama, ternyata konsep rumah minimalis sederhana tidaklah sama dengan konsep rumah minimalis modern.

Ciri Ciri Rumah Minimalis Modern
1. Model dan Fungsi yang Bertemakan Filosofi kenyamanan
Rumah minimalis memiliki plan penataan ruangan yang simple, mudah ditata, dan fungsional dengan kebutuhan kita.
Ciri khas denah rumah yang mengusung tema minimalis yaitu:

View yang dibikin sederhana mungkin
Menggunakan Denah dengan lantai terbuka
Interior dinding yang tertata rapi
Area penyimpanan sederhana dirancang dengan pas
Mengutamakan pada looking good
Cahaya yang terkesan tidak dibuat buat

Untuk merancang rumah minimalis, desain dibuat dari dalam kemudian tampilan luar menyesuaikan bagian dalam, kemudian barulah dibentuk bagian luar.

2. Tampilan Cladding dan Finishing Dinding yang sederhana
Cladding dapat menjadi cerminan ciri khas paling melekat untuk konsep hunian yang bertemakan minimalis. Gaya yang dibuat dapat menjadikan rumah terasa lebih menyenangkan saat dipandang.

Memberikan suasana natural dan pewarnaan yang chic menjadikan Cladding dapat selalu menjadi opsi saat mendesain hunian minimalis modern.

Banyak sekali material untuk pembuatan cladding. Yang jadi pertimbangan tentu pasti yaitu rumah yang dibuat dengan pertimbangan kecantikan bangunan itu sendiri.

Ada yang mengatakan cladding ini yaitu 'siding’. Penggunaan kata siding ini terkenal untuk bagian Amerika Selatan, kalau kata cladding lebih dikenal untuk wilayah Eropa dan Australia. Untuk beberapa wilayah yang menyebutnya dengan nama lain yaitu weatherboard.

3. Kamar yang Terkesan Lapang, Terbuka, dan Dipenuhi Cahaya
Mengutamakan konsep cahaya alami yang bisa menerangi ruangan. Cahaya matahari adalah pencahayaan alami dan paling tepat untuk manusia. Ketika diorganisir dengan tepat maka banyak sekali suasana indah yang bisa kita buat. Mulai dari harmoni warna indah di dinding, kamar yang indah, detail yang tampak modern dan memiliki estetika dan mungkin kamu bisa bermain main menggunakan warna.

Sinar mentari yang masuk ke dalam akan membuat kesan suasana hangat yang sangat cocok untuk kesehatan. Dapat membuat kita lebih ceria ketika terkena sinar matahari dibandingkan memandang cahaya smartphone kan?



4. Memperhatikan detail Simpel tanpa memakai Dekorasi
Rumah minimalis modern mengedepankan hal terkecil yang chic dibandingkan bentuk perabotannya. Contohnya lemari kabinet tanpa gagang pintu, atau alat rumah tangga yang lain akan membuat nuansa yang tidak merusak pemandangan. Barulah saat berpikir "ini apa?" barulah Ketemu jawabannya.
Baca :
17 Desain Rumah Minimalis Modern Lengkap dengan Ukuran detailnya
Contohnya lemari dengan tekstur kayu akan membuat nuansa natural dan menyenangkan. Atau misalkan untuk tampilan jendela juga dapat memberikan kesan yang fresh.
Sedangkan tampilan luar, anda dapat memilih facade baca = fasad dengan pemandangan jendela yang minimalis ini memberikan kesan eksterior rumah yang fresh.

5. Menentukan bahan sesuai dengan passion dan menggambarkan desain rumah minimalis modern
Kamu bisa menelurkan banyak ide menggabungkan beton yang dibentuk seperti papan kayu. Atau mengkombinasikan material yang anda sukai untuk mendeskripsikan karya anda. Ciptakan ciri khas dari bangunan dengan bahan simple namun mempunyai tampilan yang rapi dan enak dilihat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel