Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern


Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern - Desain Rumah Minimalis selalu menjadi model yang tidak pernah membosankan. Model membangun rumah menggunakan model hunian yang minimalis modern telah ramai dibicarakan di dunia maya. Dapat dibilang kuno jika diucapkan baru ngerti sekarang, sebab tren hunian akan senantiasa berkembang terus menerus. Ide dan inovasi ketika mendesain rumah telah meningkat pesat, terlebih untuk menghadapi perubahan masa seperti misalnya harga tanah yang semakin tinggi dan sulit dijangkau. Desain inilah yang kemudian juga meluas ke wilayah pribumi dengan tema bangunan minimalis, tetapi enak dipandang tentu tetap menyedot pandangan orang yang melihatnya. Ditambah para developer dan pengembang seringnya melirik model tersebut.



Menjadi Pekerjaan rumah yang besar supaya model rumah minimalis modern pada tempat yang tidak luas ini mempunyai ruangan yang mencukupi. Misalnya kebutuhan akan ruangan untuk tidur. Sebuah keluarga yang mempunyai dua anak remaja yang mulai dewasa maka sudah akan membutuhkan 2 ruangan tidur sendiri. Terlebih kalau memiliki banyak anak dan mempunyai jenis kelamin yang tidak sama maka sudah dipastikan kamarnya kudu dipisah.











Ingin Punya Anda Bangun Tiap Pagi?
Bisa!!!
Promo Gratis Ongkir!!!




Akibatnya, jika banyak kamar tidur maka denah rumah yang memiliki banyak ruangan tidurlah yang kamu perlukan bukan? Imbasnya ruangan yang lain akan terasa sesak.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
Untuk pengantin baru dua kamar tidur di rumah bukanlah masalah. Sebab anak masih dapat ditaruh atau ditempatkan pada satu kamar. Namun akan mulai harus dipikirkan ketika anak sudah mulai dewasa dan memerlukan ruangan pribadi masing masing. Terlebih jika situasi tidak terduga misalnya kedatangan keluarga dan bertujuan rehat semalam maka memiliki tiga buah ruangan untuk beristirahat jadi pilihan yang ideal untuk suatu rumah.

Membangun 3 kamar tidur tidaklah berarti kamu harus mempersempit ruang tamu atau dapur yang terlalu kecil. Kamu cuma membutuhkan desain yang pas agar ruangan dapat ditata dengan tepat. Di bawah ini merupakan beberapa contoh modelnya.

1. Denah rumah minimalis type 36.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
2. Denah rumah 3 kamar ukuran 7×9.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
3. Kamar tidur utama dan 2 kamar tidur anak,
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
4. Denah rumah minimalis bergaya zen,
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
5. Light and fun, denah rumah minimalis ini mengusung warna yang lembut.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
6. Denah rumah kecil 1 lantai dengan 3 kamar tidur, dapat diakali dengan menggabungkan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur pada satu ruang besar.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
7. Denah rumah minimalis dengan perpaduan warna putih dan lime / biru dengan orange,
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
8. Denah rumah minimalis dengan eksterior bata merah,
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
9. Rumah mungil dengan 3 kamar tidur
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
10. Desain rumah keluarga dengan 2 anak.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
11.  Denah rumah lantai pertama, dapat kamu pakai kalau anda ingin membangun rumah bertingkat nantinya.

12. Denah rumah dengan desain kamar kembar.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
13. Rumah 3 kamar dengan garasi.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
14. Rooftop di atas rumah.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
15. Denah rumah modern minimalis menggunakan lapisan lantai marmer glossy dan pintu transparan di setiap ruang.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
16. Teras kecil di setiap kamar pasti diimpikan banyak orang.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
17. Denah rumah minimalis dengan 2 teras.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
Perhatikan Ini Ketika Merancang Denah Rumah Minimalis

Kalau anda belum membuat pilihan yang sesuai untuk rumah minimalis tadi. Sebaiknya pertimbangkan hal berikut ini. Karena penentuan keputusan yang kamu pilih akan menentukan karakter yang menggambarkan diri kamu.

1. Gaya rumah
Pemilihan gaya rumah menjadi acuan, sebab semua pembangunan diawali dari cetak biru anda. Tukang hanyalah melaksanakan ide yang anda ciptakan sesuai dengan petunjuk saja. Tetapi bisa jadi mereka akan bingung ketika anda tidak tepat dalam menentukannya. Kalau kamu menginginkan rumah dengan gaya mediteranian misalnya, maka pilihlah desain yang pas untuk rumah mediteranian. Sebaliknya jika kamu menginginkan desain rumah minimalis modern maka pakailah desain yang tepat dan harmoni dengan gaya rumah kamu.

2. Banyaknya kamar tidur
Kamar istirahat adalah sesuatu utama  yang perlu diperhatikan. Karena ruang tidur ini menjadi pusat dari suatu rumah. Sesuaikan banyaknya tempat yang anda butuhkan, selain untuk keluarga juga untuk tamu contohnya. Seringkali jika kerabat diharuskan berkunjung dan bermalam di rumah kamu. Memang tidak setiap hari, namun menyediakan ruangan untuk kerabat ketika menginap adalah hal yang menjadi keharusan.

3. Satu tingkat atau dua tingkat?
Lebih pusing membangun satu tingkat atau dua tingkat. Kalau membangun rumah dua tingkat mungkin kamu dapat berkreasi sendiri untuk penataan ruang. Namun, jika yang dibangun adalah rumah satu tingkat ada baiknya melibatkan ahli dalam penataan ruang agar tertata dengan tetap sesuai dengan kebutuhan. Jika membangun 2 tingkat maka kamu bisa memiliki lebih banyak ruang untuk ruang tidur misalnya.

4. Memiliki kamar tidur utama
Hunian yang memiliki kamar tidur utama mempunyai poin plus tersendiri. Seolah olah kamar itu akan menjadi kamar yang istimewa. Jadi mungkin anda bisa meningkatkan nilai rumah kamu dengan desain floor plan rumah minimalis yang memiliki kamar tidur utama.

5. Ruangan bonus
Tak hanya tempat tidur utama, untuk meningkatkan nilai tambah yaitu ruangan tambahan. Seperti kamar untuk bersih bersih baju atau sekedar menghibur diri. Ruangan ini kudu diperhatikan betul jika ingin membuatnya apakah memang anda memerlukannya atau hanya untuk hal yang akhirnya tidak kamu sukai. Atau kamu membangun kamar untuk bersantai, tetapi mengorbankan ruangan yang primer.

6. Banyaknya kamar mandi
Kamar mandi merupakan cerminan dari suatu rumah. Melihat filosofi jawa, kemewahan dan pribadi seseorang digambarkan dari ruang tamu dan jumbleng (kamar mandi). Maka tidak aneh kalau orang jawa membangun ruang tamu yang terlihat luas. Sedangkan untuk jamban sendiri kamu bisa mengakalinya dengan memperbanyak jumlah kamar mandi. Contohnya 2 kamar mandi. Mempunyai 2 kamar mandi maka untuk ketika kepepet kita tidak perlu nunggu di kamar mandi terlalu lama. Lokasi yang strategis juga menjadi kuncinya contohnya di samping kamar utama.

7. Fungsionalitas
Situasional ketika membuat ruangan disesuaikan dengan kebutuhan. Banyaknya lokasi tambahan dan ruangan yang harus ada juga harus dipertimbangkan. Menjadi penting ketika anda kepengin memiliki ruangan adalah penempatan ruangan itu kudu selaras agar bisa jadi fungsional. Gambarannya contohnya meletakkan meja makan dengan dapur. Jika meja makan diletakkan terlalu jauh dengan dapur tentu hasilnya kurang chic. Begitu juga misalnya kamar mandi cuma satu berdekatan dengan kamar tidur. Sudah dipastikan banyak warga lain yang akan mandi di situ juga.

Ciri Ciri Rumah Minimalis Sederhana dan Rumah Minimalis Modern

Kalaupun mirip, ternyata ide membuat rumah minimalis sederhana tidaklah sama dengan konsep rumah minimalis modern.

Karakteristik Rumah Minimalis Modern
1. Model dan Kegunaan yang Mengusung Kesederhanaan
Rumah minimalis mempunyai desain tata ruang yang simple, mudah ditata, dan fungsional dengan kebutuhan kita.
Tanda yang paling tepat untuk denah rumah yang mengusung tema minimalis adalah sebagai berikut:

View yang dibuat sederhana mungkin
Memakai Denah dengan lantai terbuka
Interior dinding yang terorganisir
Ruang penyimpanan simpel dirancang dengan harmoni
Berfokus pada looking good
Cahaya yang menyempurnakan

Untuk merancang rumah minimalis, desain disesuaikan dari dalam kemudian tampilan luar menyesuaikan bagian dalam, kemudian barulah dibentuk bagian luar.

2. Tampilan Cladding dan Finishing Dinding yang sederhana
Cladding bisa dikatakan karakter paling identik untuk bangunan yang mengusung tema minimalis. Tampilan yang dibuat dapat membuat rumah kerasa lebih menyenangkan saat dipandang.

Memberikan kesan natural dan pewarnaan yang pas menjadikan Cladding dapat menjadi pilihan saat mendesain hunian minimalis modern.

Berbagai macam material untuk menciptakan cladding. Yang jadi pertimbangan sudah pasti yaitu rumah yang dibangun dengan patokan keindahan bangunan yang dipasang cladding.

Di salah satu belahan dunia cladding ini yaitu 'siding’. Penggunaan siding ini terkenal untuk wilayah Amerika Selatan, kalau cladding lebih populer untuk bagian Eropa dan Australia. Dan masih ada beberapa daerah yang mengatakan dengan sebutan lain yaitu weatherboard.

3. Ruang yang Terkesan Lapang, Terbuka, dan Pencahayaan yang tertata
Mengutamakan tema cahaya natural yang dapat menerangi ruangan. Cahaya matahari merupakan sumber cahaya alam terbesar dan paling tepat untuk manusia. Saat diorganisir dengan tepat maka tergambar nuansa indah yang bisa kamu kreasikan. Diawali dari perpaduan warna pelangi pada dinding, kamar yang tertata, hal kecil kecil yang tampak modern dan artistik dan mungkin anda dapat membuat suasana baru menggunakan warna.

Cahaya mentari yang masuk ke dalam akan menciptakan nuansa hangat yang sangat cocok untuk kesehatan. Bisa membuat kita lebih tenang saat terpapar cahaya matahari dibandingkan melihat cahaya smartphone kan?



4. Detailing Simpel walaupun tanpa menggunakan Dekorasi
Rumah minimalis modern mengedepankan detailing yang indah dibandingkan bentuk perabotannya. Contohnya lemari kabinet tanpa memakai gagang pintu, atau alat rumah tangga yang lain akan menciptakan kesan yang tidak merusak pemandangan. Kemudian saat mencari tahu "ini apa?" barulah Ketemu jawabannya.
Baca :
17 Desain Rumah Minimalis Modern Lengkap dengan Ukuran detailnya
Contohnya lemari dengan bahan kayu akan membuat kesan alami dan menyenangkan. Atau misalkan untuk tampilan jendela juga dapat memberikan kesan yang fresh.
Sedangkan tampilan luar, anda dapat menentukan fasad dengan pemandangan jendela yang minim trim ini membuat nuansa eksterior rumah yang elegan.

5. Memilih bahan sesuai dengan selera dan menggambarkan desain rumah minimalis modern
Anda dapat menelurkan banyak ide menciptakan kursi dari beton yang dibuat mirip papan kayu. Atau mengkombinasikan material yang kamu senangi untuk menggambarkannya. Ciptakan kesan dari bangunan dengan material yang tersedia di sekitar kita tetapi mempunyai kesan yang menarik dan enak dilihat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel