PONDASI DANGKAL

Membangun rumah yang baik tentunya harus mengetahui teknik untuk membangun rumah secara sederhana. Dikutip dari www.ajar-tekniksipil.id. | Pada halaman ini gue akan menunjukkan penjelasan mengenai pondasi dangkal.

1. Pondasi Batu Kali
gambar by okistudio.com

Pondasi batu kali biasanya hanya dipakai untuk konstruksi yang tidak berat , mirip pagar , rumah tinggal sederhana yang tidak bertingkat. Pondasi batu kali biasanya ditempatkan menerus untuk pondasi dinding. Seluruh beban atap/ beban bangunan umumnya dipikul oleh kolom dan dinding , diteruskan ke tanah melalui pondasi menerus sepanjang dinding bangunan. Pondasi batu kali kurang sempurna dipakai pada konstruksi bangunan bertingkat alasannya hanya mempertimbangkan berat beban yang bekerja tanpa mempertimbangkan beban momen yang terjadi.

2. Pondasi Tapak / Cakar Ayam
gambar by rumahbagus.info

Pondasi Tapak / Cakar ayam digunakan pada bangunan bertingkat yang tidak terlalu banyak. Daya dukung tanah juga tidak terlalu jelek. Pondasi ini terbuat dari beton bertulang. Pondasi tapak / cakar ayam sempurna dipakai untuk bangunan bertingkat alasannya mempertimbangkan beban momen yang terjadi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel