10 Gedung Tertinggi di Dunia

Perkembangan pembangunan gedung-gedung tinggi di dunia makin meningkat saja selama beberapa tahun terakhir ini. Para perancang gedung pencakar langit menyerupai berlomba-lomba untuk membangun gedung tertinggi di dunia.

Gedung yang sekarang mendapat predikat gedung tertinggi di dunia, suatu ketika posisinya akan digeser oleh kehadiran gedung gres yang lebih tinggi. Berikut 10 gedung tertinggi di dunia ketika postingan ini dibuat.

1. Burj Khalifa

Gedung ini terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Dibangun pada tahun 2004 dan resmi dibuka pada 4 Januari 2010 dengan ketinggian 828 meter. Gedung Burj Khalifa mempunyai 160 lantai. Kecepatan lift-nya mencapai 160 km/jam.

2. Makkah Clock Royal Tower (Abraj Al-Bait)

Bangunan ini berlokasi di Mekah, Saudi Arabia. Tinggi gedung ini ialah 601 meter. Sedangkan lantainya berjumlah 120 buah. Pembangunan gedung ini dimulai tahun 2004 dan dibuka pada tahun 2012. Gedung ini terletak di seberang jalan ke selatan pintu masuk Masjidil Haram dan mampu mengakomodasi banyak jamaah yang berkunjung ke Kabah.

3. Taipei 101

Gedung pencakar langit setinggi 509 meter dengan 101 lantai ini terletak di distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Bangunan ini mempunyai nama resmi Gedung Finansial Internasional Taipei. Gedung ini dibuka pada tanggal 31 Desember 2004 pada ketika perayaan tahun gres yang semarak dengan pertunjukan kembang api yang spektakuler. Untuk menstabilkan menara ini terhadap goyangan yang timbul dari gempa bumi dan angin angin ribut maupun gaya geser dari angin, sebuah pendulum seberat 800 ton dipasang di lantai 88.

4. Shanghai World Finacial Centre

Lokasi gedung ini ialah di Pudong, Shanghai, China. Dibangun pada tahun 1997 - 2008 dan dibuka pada tanggal 28 Agustus 2009. Bangunan dengan tinggi 492 meter ini memiliki 101 lantai. Di dalam gedung ini terdapat perkantoran, hotel, ruang konferensi, dek pengamatan dan sentra perbelanjaan.

5. International Commerce Centre

Terletak di West Kowloon, Hong Kong, gedung ini merupakan bab dari Union Square yang dibangun di atas Stasiun Kowloon. Dibuka pada tahun 2011 dengan ketinggian 484 meter dan jumlah lantainya ialah sebanyak 108 buah.

6. & 7. Petronas Tower

Gedung yang unik alasannya ialah kembar ini, terdiri dari dua gedung, maka Petronas Tower 1 menjadi gedung tertinggi ke-6 di dunia dan Petronas Tower 2 menjadi gedung tertinggi ke-7 di dunia. Dua gedung yang masing-masing mempunyai tinggi 452 meter ini terletak di Kuala Lumpur, Malaysia yang memiliki 88 lantai. Dibuka untuk umum semenjak tahun 1999.

8. Zifeng Tower

Gedung setinggi 450 meter ini terletak di kota Nanjing, China. Dibuka pada tahun 2009 dan terdiri dari 89 lantai yang di dalamnya terdapat perkantoran, restoran, hotel, dan observatorium. Gedung ini disebut juga dengan nama Greenland Centre-Zifeng Tower atau Menara Greenland Lapangan Zifeng.

9. Willis Tower

Bangunan ini sebelumnya dan masih sering disebut sebagai Sears Tower. Gedung ini terletak di Chicago, Amerika Serikat dan mempunyai tinggi 442 meter. Pada tahun 1973 atau pada waktu penyelesaian, gedung ini merupakan bangunan tertinggi di dunia, melebihi World Trade Centre di New York dan bertahan sampai hampir 25 tahun.

10. Kingkey 100

Gedung ini sebelumnya dikenal sebagai Kingkey Finance Center Plaza. Bangunan ini tingginya 441,8 meter dengan 100 lantai untuk perkantoran dan hotel. Gedung ini terletak di distrik keuangan kota Shenzen, Provinsi Guangdong, China.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel