Cara Mencegah Air Hujan dari Atap Tetangga Masuk ke Rumah

Selain kualitas atap yang buruk, letak rumah yang terlalu berdekatan juga dapat menimbulkan duduk perkara dengan tetangga sebelah rumah ketika ekspresi dominan hujan. Bila atap tetangga lebih tinggi dari atap rumah kita, maka air akan mengalir ke atap rumah. Masalah ini akan semakin parah bila talang atap di rumah kita berukuran terlampau kecil sehingga air meluap dan masuk ke rumah melalui celah atap.

Tembok rumah yang hampir berdekatan dengan tembok tetangga dan hanya menyisakan rongga beberapa sentimeter saja juga dapat menimbulkan kebocoran. Bila air yang memasuki celah tersebut terlalu deras,  maka akan memberi tekanan berlebihan pada tembok sehingga membuat air merembes ke dalam. Terlebih lagi bila episode bawah celah tersebut bukanlah tanah yang dapat menyerap air.

lunar.thegamez.net
Ada beberapa cara yang mampu dilakukan untuk mencegah air hujan dari atap tetangga ini masuk ke dalam rumah, di antaranya yaitu sebagai berikut.

Mengadakan Persetujuan dengan Tetangga

Cara yang pertama yaitu melaksanakan musyawarah dengan tetangga untuk membangun dinding pembatas yang memisahkan antara atap rumah kita dengan atap rumah tetangga. Pastikan agar tetap ada sisa ruang untuk memasang talang yang lebih besar.

Mengaplikasikan Waterproofing

Sesudah dinding dibangun, aplikasikan pelapis waterproofing di kedua sisi agar benturan air tidak merembes. Tetapi, berhati-hatilah sebab air yang mengalir pada dinding dapat terciprat atau terpantul ke arah atap. Bila hal itu terjadi, pastikan genting berada pada posisi terbaiknya.

Menggunakan Talang Berukuran Lebih Besar

Pastikan lebar overlap atau penumpukan antara bibir genting dengan bibir talang mencukupi dan tidak berjarak agar air tidak masuk. Pastikan jurai talang mengarah pribadi ke tanah. Aplikasikan pula pelapis waterproofing pada talang agar semakin tahan air. Gunakan jenis talang yang tahan pada air tergenang.

Sesuaikan Ukuran Talang dengan Muatan Air

Pastikan ukuran talang pada atap tetangga sesuai dengan muatan air pada ekspresi dominan hujan agar tidak meluap dan turun ke talang rumah kita.

Mengaplikasikan Cat Epoksi Khusus Besi

Bila tembok memang terlalu berdekatan dan air dari atap masuk ke dalamnya, kita mampu mengaplikasikan cat epoksi khusus besi di dinding episode dalam rumah. Tetapi, anyir cat ini agak menyengat selama beberapa hari dan warnanya cenderung glossy.

Sumber Tabloid Rumah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel