Cara Mengatasi Kebocoran Akibat Talang Air

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kebocoran atap memang sangat mengganggu. Terlebih lagi di ketika berada di animo hujan menyerupai sekarang ini di mana hujan masih sering turun.

Salah satu penyebab kebocoran yang tidak disadari ialah persoalan talang air. Dari luar, pipa talang terlihat baik-baik saja, tetapi begitu hujan turun dengan derasnya, material yang satu ini mampu menjadi sumber kebocoran atap di rumah.

Masalah ukuran talang, umumnya menjadi penyebab kebocoran yang berasal dari talang. Talang air di rumah berfungsi sebagai kanal pengarah air hujan supaya air dari atap tidak jatuh bebas dan "membasahi" rumah. Tetapi, talang tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya jawaban desain dan ukuran talang yang dibuat terlalu kecil. Saat hujan datang dengan begitu derasnya, talang tidak sanggup lagi menampung air sehingga air meluber dan mengakibatkan kebocoran di rumah.


Seharusnya, ketika membuat pipa talang, ukuran harus menjadi pertimbangan yang utama. Ketika merencanakan pembuatan talang, dimensi ukuran talang harus didesain untuk menampung sampai volume air hujan yang paling besar. Dengan demikian, kebocoran mampu dihindarkan.

Solusi yang paling efektif untuk mengatasi kebocoran jawaban talang air ini ialah dengan memperbaikinya. Hal pertama yang harus diperbaiki ialah dengan mengganti ukuran talang.

Sebaiknya, ganti talang lama dengan talang gres yang ukurannya lebih memadai. Pilihlah talang dari materi yang berkualitas supaya tidak mudah rusak. Di samping itu, sebaiknya lapisi talang dengan cat galvanis yang mampu mengurangi sifat korosi talang.

Bila mengganti talang menjadi hal yang sulit untuk dilakukan dalam waktu dekat, Anda dapat memperbaikinya dengan mengubah arah pedoman air hujan yang masuk ke talang. Harapannya ialah semoga volume air yang masuk ke talang berukuran kecil atau tidak terlalu besar. Dengan demikian, air dapat masuk sedikit demi sedikit ke talang sehingga tidak ada air yang meluber dan menyebabkan kebocoran di rumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel