Masalah Lantai Kamar Mandi dan Solusinya

Masalah Lantai Kamar Mandi dan SolusinyaKamar mandi yang ideal harus mementingkan faktor kebersihan dan keamanan. Lantai kamar mandi merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di ruangan yang satu ini. Lantai yakni kawasan di mana seseorang berpijak ketika berada di dalam kamar mandi. Lantaran bersinggungan secara langsung, maka lantai ini mesti dipastikan untuk bebas dari segala masalah.

Ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dalam membuat lantai kamar mandi aman. Pertama, pilih material lantai yang permukaannya kasar, kuat, dan gampang dibersihkan. Di samping itu, persoalan kemiringan lantai juga harus diperhatikan. Sudut kemiringan lantai yang ideal yakni sebesar 0,5°. Hal ini bertujuan untuk mencegah air menggenang di lantai. Walaupun begitu, sesudah penggunaan yang lama, tentunya akan timbul banyak sekali persoalan pada lantai kamar mandi.

Beberapa persoalan yang kerap kali dijumpai pada lantai kamar mandi di antaranya yakni lantai bocor, licin, dan air tergenang. Namun, ada beberapa solusi yang mampu kita lakukan untuk menjaga lantai kamar mandi biar tetap sehat dan minim dari kecelakaan. Berikut beberapa persoalan pada lantai kamar mandi dan solusinya.

Lantai Kamar Mandi Atas Bocor

Adanya kebocoran pada lantai kamar mandi ini mampu menimbulkan air merembes. Terlebih lagi bila rumah terdiri dari 2 lantai, maka kebocoran ini tentunya akan mengganggu ruangan yang terletak di bawahnya.

Solusi:
Biasanya kebocoran yang terjadi pada lantai kamar mandi disebabkan oleh lapisan nat keramik yang keropos lantaran terkikis oleh air secara terus-menerus. Selain itu, mampu juga karena lantai tidak dilapisi dengan waterproofing ketika dipasang.

Solusi sementara yang dianjurkan yakni dengan membongkar nat dan memakai waterproofing atau sealent di area tersebut. Tetapi, kebocoran dapat terjadi kembali. Oleh karena itu, hal yang sebaiknya dilakukan yakni membongkar lantai, kemudian memasang lapisan waterproofing, gres memasangnya kembali. Bila masih bocor juga, dianjurkan untuk memeriksa pula adegan pinggir floor drain dan memberinya sealent karena mampu jadi bocor berasal dari sini.

Air Selalu Menggenang di Lantai

Masalah lain yang juga sering ditemukan pada kamar mandi yakni lantai yang selalu dipenuhi genangan air setelah dipakai. Bagaimana cara untuk mengatasi persoalan ini?

Solusi:
Hal yang dapat menimbulkan air menggenang ini yakni kemiringan lantai yang tidak ideal sehingga membuat air susah untuk mengalir ke lubang drainase. Di samping itu, hal ini mampu pula disebabkan oleh floor drain yang mampet (pampat). Adanya genangan air ini dapat membuat lantai menjadi licin, gampang berlumut dan berjamur.

Untuk mengatasi persoalan ini yakni dengan mengubah tingkat kemiringan lantai yang sebelumnya. Kemiringan lantai yang ideal yakni 1 - 3 cm dari sudut terjauh kamar mandi ke arah lubang drainase  atau sekira 0,5° dengan arah kemiringan menuju susukan pembuangan atau floor drain.

Tetapi, bila lantai pada kamar mandi Anda tidak mengaplikasikan standar kemiringan tersebut, maka disarankan untuk memakai lantai karet (rubber). Lantai ini bersifat elastis dan lebih ramah di kaki sehingga Anda tidak gampang untuk tergelincir. Namun, bila diinginkan, jalan yang termahal yang mesti dilakukan yakni membongkar lantai.

Permukaan Lantai Kamar Mandi Licin

Penghuni rumah mampu terpeleset karena lantai kamar mandi yang licin. Lantai yang licin ini disebabkan oleh adanya lumut. Selain itu, sisa sabun yang digunakan mandi dan mengalir di atas permukaan lantai berpotensi pula untuk membuat lantai menjadi tambah licin. Kaki mampu terpeleset dengan seketika lantaran banyaknya air sabun yang terinjak oleh kaki. Lalu, apa solusi untuk mengatasi persoalan lantai licin ini?

Solusi:
Penutup lantai di kamar mandi berbeda dengan ruang yang lainnya di rumah. Pilih penutup lantai yang permukaannya bertekstur berangasan untuk kamar mandi. Pasalnya, lantai menyerupai ini akan membuat lantai menjadi kesat, walaupun sering terkena guyuran air. Kalau Anda "memaksa" ingin menerapkan penutup lantai berpermukaan licin, maka pilih area yang kering bukan yang basah.

Disarankan untuk rutin menggosok lantai guna menjaga lantai supaya tetap kesat. Sebelum menyikat dilakukan, siram dan bersihkan kotoran sisa dari toilet terlebih dahulu. Untuk menerima hasil yang lebih bersih, campurkan setengah cangkir baking soda ke dalam ember, lalu bilas lantai. Gosok lantai dengan menggunakan sikat lantai berbahan sabut. Sikat ini efektif untuk mengangkat lumut dan kerak di lantai kamar mandi sehingga lantai pun bebas licin.

Lantai Granit Bisa Rusak Karena Pembersih Kimia

Perhatikan cara membersihkan lantai kamar mandi yang menggunakan granit. Jangan memakai pembersih kimia! Pembersih lantai yang mengandung deterjen dan pemakaian secara berlebih akan merusak permukaan lantai granit. Pembersih kimia yang tertinggal akan mengendap dan memunculkan bercak pada granit. Nah, untuk membersihkannya, pakai air saja sudah cukup. Bersihkan seminggu sekali secara rutin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel