Masalah pada Kloset dan Solusinya

Masalah pada Kloset dan SolusinyaKloset merupakan unsur paling penting dari kamar mandi. Kloset menjadi rentan untuk mengalami kerusakan lantaran seringnya dipakai. Kalau sudah begini, masalahnya pasti runyam. Sebenarnya, problem pada kloset ini hanya itu-itu saja, yaitu kloset mampet (pampat), kloset yang mengeluarkan bau, air kloset tidak keluar atau justru air klosetnya yang meluap.

Penyebab dari beberapa problem kloset ini cukup sepele dan dapat diperbaiki sendiri. Tetapi, ada pula problem yang membutuhkan sumbangan dari tukang. Nah, berikut beberapa problem pada kloset dan solusi untuk memperbaikinya.

Kloset Mampet (Pampat)

Beberapa hal dapat menjadi penyebab kloset tidak bisa untuk mengalirkan pembuangan dengan baik. Hal yang pertama yaitu adanya sampah yang membuat kloset menjadi tersumbat. Sampah yang kerap kali dijumpai yaitu tisu dan pembalut wanita yang menutup susukan pembuangan. Selain itu, septic tank yang salah juga bisa menjadikan kloset mampet. Hal ini akan membuat air dan kotoran dari kloset kesusahan untuk mencapai septic tank dan muncullah mampet (pampat).

Solusi:
Cara untuk mengatasi problem kloset mampet ini yaitu dengan tidak membuang sampah apapun ke dalam kloset. Bahan-bahan yang gampang untuk hancur menyerupai tisu dapat pula menjadikan kloset mampet bila menumpuk dalam jumlah yang tidak sedikit. Di samping itu, perhatikan pula posisi septic tank, kloset idealnya berada lebih tinggi dari septic tank dengan kemiringan kurang lebih 4% (setiap 100 cm turun 4 cm). Kalau hal ini diabaikan, maka air dan kotoran dari kloset akan mengalami kesulitan untuk mencapai septic tank sehingga pada alhasil memunculkan mampet.

Kloset Bau dan Kotor

Kloset mengeluarkan amis bisa jadi lantaran saluran septic tank tidak mempunyai lubang pembuangan angin. Selain itu, kualitas air yang dikeluarkan penyiram kloset dapat juga membuat kloset menjadi amis dan kotoran menempel di mangkuk kloset.

Solusi:
Pastikan adanya lubang pembuangan angin dikala membuat septic tank supaya udara kotor tidak berbalik ke kloset hingga membuat kloset menjadi bau. Hal yang sebaiknya dilakukan yaitu memilih kloset dengan filter atau saringan sehingga kotoran pada air penyiram dapat tersaring dan tidak menempel pada mangkuk kloset.

Air Tangki tidak Lancar

Ada beberapa faktor yang biasanya dapat menjadi penyebab air penyiram pada kloset tidak lancar. Pertama, tuas flush sudah rusak sehingga tidak dapat menekan debit air yang cukup untuk menyiram. Ke-dua, rantai flush sudah longgar atau episode sekrup pull button yang kendur.

Solusi:
Bila rantai flush longgar, maka untuk memperbaikinya gunakan pengunci atau hook cadangan. Selain itu, Anda dapat pula mengganti pengunci dengan alat sederhana menyerupai penjepit kertas untuk menghubungkan rantai pada salah satu ujung pegangan dan ujung lainnya ke episode penyiram atau flapper.

Air Kloset Bocor

Masalah lain pada kloset yaitu tangki kloset terlalu banyak menampung air sehingga membuat kloset terus mengeluarkan air tanpa henti. Masalah ini disebabkan oleh rusaknya katup flapper yang terletak di sambungan antara tangki dan mangkuk kloset. Kerusakan ini dapat terjadi lantaran katup yang telah bau tanah dan aus.

Solusi:
Untuk mengatasi problem ini, caranya yaitu dengan melepaskan karet flapper dan ganti dengan yang baru.

Bahaya Soda Api

Untuk membersihkan susukan kloset yang mampet, sebagian orang memilih untuk memakai materi soda api. Soda api memang cukup ampuh untuk menghancurkan kotoran yang membuat saluran mampet. Tetapi, soda api malah akan membuat problem gres di lain hari. Bahan soda api dapat membuat pipa mengkerut alasannya yaitu sifat panas dari soda api. Jika sudah begini, maka Anda mesti membongkar pipa dan menggantinya dengan yang baru. Oleh alasannya yaitu itu, sebaiknya hindari pemakaian soda api untuk mengatasi susukan yang mampet tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel