Tips Mencegah Nyamuk Masuk ke Rumah

Tips Mencegah Nyamuk Masuk ke Rumah
Mencegah yakni lebih baik daripada mengobati merupakan pepatah yang patut kita terapkan dalam menghadapi permasalahan nyamuk ini. Ketimbang kita dibuat pusing lantaran nyamuk yang tidak kunjung pergi dari rumah, ada baiknya kita mencegah nyamuk masuk ke rumah.

Berikut ini beberapa tips yang mampu dilakukan untuk mencegah serangan nyamuk yang masuk ke dalam rumah.

1. Memperbaiki Sirkulasi Udara
Ketika siang hari, biasakanlah untuk membuka jendela supaya udara yang ada di dalam rumah tidak lembap. Selain itu, pakai kasa nyamuk pada jendela dan lubang ventilasi semoga nyamuk dan serangga lainnya yang berasal dari luar tidak mampu masuk ke dalam rumah.

2. Jangan Menumpuk Pakaian Kotor
Jangan membiasakan diri untuk menumpuk pakaian kotor di sudut-sudut ruangan. Pasalnya, hal ini dapat menjadi daerah persembunyian nyamuk-nyamuk pembangkang tersebut.

3. Gunakan Air Curtain
Bila situasi memungkinkan, gunakan air curtain (blower yang ditempatkan di atas pintu) untuk mencegah serangga masuk ke rumah.

4. Suasana Rumah Terang dan Sejuk
Buatlah suasana rumah menjadi jelas dan sejuk. Keadaan ibarat ini tidak disukai oleh nyamuk.

5. Air Buangan Kulkas
Bersihkan air buangan kulkas secara rutin seminggu sekali.

6. Air Sisa Siraman
Sebaiknya buang sisa air menyiram tanaman dengan segera.

7. Lakukan 3M (Menguras, Menutup, dan Mengubur)
Cara yang satu ini memang terlihat sepele dan kuno, tetapi efektif untuk mencegah berkembangnya nyamuk. Untuk menerapkan 3M ini, lakukan  pengurasan kolam mandi setiap seminggu sekali, menutup semua daerah penampungan air supaya nyamuk tidak bersarang di sana, dan mengubur barang-barang bekas semoga tidak menjadi sarang nyamuk juga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel