Tips Renovasi Rumah Berjalan Mulus

Renovasi merupakan suatu aktivitas untuk memperbaiki bab rumah yang rusak, menambah ruang untuk memenuhi kebutuhan, atau memperbaiki desain rumah yang sudah tidak disukai lagi.

Tujuan selesai dari renovasi yakni untuk meningkatkan kenyamanan dalam menghuni rumah. Nah, biar renovasi rumah berlangsung dengan lancar, berikut beberapa tips yang mampu dilakukan.

1. Membuat Perencanaan yang Matang

Perencanaan matang diperlukan untuk menghindari melesetnya renovasi dari yang apa dibayangkan. Merenovasi bukan hanya mengakomodasi kebutuhan untuk sekarang ini, tetapi juga untuk keperluan beberapa tahun mendatang. Hal ini alasannya yakni tidak setiap tahun kita dapat melaksanakan renovasi.

2. Menentukan Prioritas

Tidak semua impian dapat diwujudkan sekaligus. Oleh alasannya yakni itu, buatlah daftar ruangan yang akan direnovasi dan urutkan berdasarkan tingkat kepentingannya. Jika biaya tidak mencukupi, maka coret satu demi satu dari urutan terbawah.

3. Menyesuaikan dengan Bujet

Untuk menghindari berhentinya renovasi di tengah jalan alasannya yakni kehabisan dana, tentukanlah apa saja yang ingin diubah sesuai dengan bujet. Batasi keinginan-keinginan yang hanya menuruti emosi.

4. Menyatukan Keinginan

Sebelum memulai renovasi, sepakati dulu apa yang Anda dan pasangan inginkan. Jangan hingga apa yang sudah terpasang akan dibongkar lagi alasannya yakni adanya perbedaan selera ini.

5. Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB)

RAB merupakan rincian biaya yang didasarkan pada kebutuhan setiap material dikalikan dengan harga material ketika itu dengan rumusan yang telah baku. RAB ini akan dibuat oleh kontraktor kalau kita menggunakan jasa mereka.

Tips Renovasi Rumah Berjalan Lancar

6. Mempertahankan Struktur Lama

Untuk lebih menghemat biaya, usahakan sesedikit mungkin untuk mengubah struktur bangunan.

7. Melakukan Pengawasan Belanja Material

Usahakan untuk ikut terlibat dalam pembelian material walaupun Anda menggunakan jasa kontraktor. Hal ini bertujuan untuk mengontrol materialnya biar tidak ada yang salah dan juga untuk mengontrol pengeluaran.

8. Meminta Izin Tetangga

Bisa jadi Anda akan mengambil lahan bab depan rumah tetangga untuk meletakkan bata, semen, pasir, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga akan membuat bunyi bising. Oleh alasannya yakni itu, ada baiknya untuk mengomunikasikan hal ini dengan tetangga kanan, kiri, dan depan Anda.

9. Mempertimbangkan untuk Pindah Sementara

Jika proyek renovasi yang dilakukan cukup besar dan Anda mempunyai anak kecil atau manula, ada baiknya untuk pindah sementara, mengontrak misalnya, supaya kehidupan dan kesehatan anggota keluarga tidak terganggu.

10. Menyediakan Dana untuk Interior

Renovasi juga membutuhkan barang-barang gres ibarat furnitur, lampu, atau komplemen ibarat gorden, karpet untuk menyesuaikan dengan bangunan hasil renovasi. Untuk itu, sediakan dana untuk kebutuhan hal tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel