5 Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Cara membuat rumah sejuk tanpa AC harus dipahami bagi Anda yang pernah memimpikan sebuah rumah yang mampu memperlihatkan kesegaran dan kenyamanan, sebagian besar penduduk negeri ini mendapati huniannya mudah bersuhu panas sebab kesalahan dari konsep desain.

Tak ayal pernah ada pikiran dalam benak semisal : Aduh kenapa saya membuat rumah dengan desain yang salah sehingga daerah tinggal terasa sangat panas ? atau berpikiran rumah harus saya renovasi supaya mampu lebih sejuk tanpa peralatan pendingin yang mahal !

Siapapun tidak akan betah tinggal di rumah yang bersuhu panas sebab akan merasa sumpek, gerah, berkeringat dan membuat istirahat tidak puas. Apalagi trend kemarau datang, maka aktivitas yang paling asyik ialah selonjoran di ruangan keluarga di dalam rumah yang dingin. Namun hawa cuek itu harus didapat tanpa ada pinjaman alat pendingin atau AC, sebab bila menggunakan AC maka tidak terasa alami dan beberapa orang tidak alergi terhadap dinginnya AC.

Cara-membuat-rumah-sejuk-tanpa-AC

Kami akan membuatkan tips supaya rumah sejuk tanpa AC yang didapat dengan penerapan desain atau model bagian-bagian rumah yang baik dan benar di antaranya yaitu :

1. Membuat Lapisan Dinding Tanaman

Jika Anda sudah serius dalam melawan hawa panas dari terik matahari di dalam rumah, maka cobalah dengan membuat lapisan pada tembok yang berfungsi untuk menyerap panas sebelum masuk ke dalam ruangan dalam rumah. Cobalah untuk menanam tanaman yang cepat menjalar pada episode samping rumah, dan sediakan media rambat supaya tanaman rambat mampu menyelimuti tembok dengan batang dan daunnya.

Tanaman juga digantung di dalam pot-pot yang diletakkan berjajar di samping rumah yang menghadap arah barat dan timur. Lapisan dinding tanaman dan pot tanaman ini juga akan memperlihatkan udara segar penuh oksigen bagi penghuni rumah.

2. Membangun Atap Dengan Rumput

Desain rumah dengan atap rumput memang tidak populer di Indonesia, namun tahukah Anda bahwa dak di lantai atas secara efektif dapat menyerap hawa panas yang diakibatkan oleh terik matahari dibandingkan dengan hanya atap beton atau genteng.

Jika atap rumah Anda dari beton maka tidak dipungkiri akan mendapati suhu panas dalam ruangan rumah sebab beton memang menjadi penghantar panas yang baik, oleh sebab itu bangunlah dak beton dengan taman rumput di atas atap hunian. Maka akan secara otomatif suhu panas matahari akan diserap dengan baik oleh rerumputan hijau.

Memang pengerjaan konstruksi atap dengan taman rumput lebih kompleks dibandingkan dengan membuat taman di media tanah, namun apabila suhu ruangan sejuk maka perjuangan ini akan sangat berharga. Setidaknya Anda harus membuat atap rumput dengan 3 lapisan di atas permukaan beton yakni media tumbuh , rongga drainase serta lapisan kedap air.

Cara-membuat-rumah-sejuk-tanpa-AC

3. Membangun Rumah Dengan Jendela Rangkap 2 Daun

Model jendela rangkap 2 daun yang ditemukan pada rumah jaman dahulu ternyata ialah cara alami membuat rumah sejuk tanpa pinjaman AC sebab daun jendela yang berlapis dua ini akan menjadi sarana keluar masuk angin dengan ukuran yang besar atau luas.

Udara akan keluar masuk lebih lancar dengan menggunakan Model jendela rangkap dibandingkan dengan jendela 1 daun. Dan jendelan rangkap yang terdiri dari jendela beling untuk memasukkan sinar matahari sebagai penerangan rumah di siang hari, dan jendela jalusi yang berfungsi sebagai media keluar masuk udara.

4. Menata Ruangan Rumah Dengan Benar

Anda harus benar dalam menatata skema rumah sebab ini termasuk cara praktis dalam menerima rumah yang bersuhu rendah. Denah ruangan dipisah menjadi 2 kategori, pertama ialah daerah dimana aktivitas pada sore dan malam hari, dan kedua ialah daerah dimana aktivitas dilakukan pada pagi dan siang hari.

Rancanglah ruangan aktivitas di pagi dan siang hari di episode sebelah barat supaya tidak terkena sinar dan hawa panas sejak terbit matahari sampai posisi matahari di atas kepala kita. Dan ruang untu aktivitas sore dan malam hari diletakkan di episode sebelah timur supaya tidak terkena hawa dan sinar matahari dari posisi tergelincir sampai terbenamnya.

Contoh praktisnya yaitu meletakkan dapur di episode rumah yang menghadap barat sebab kita ketahui ibu-ibu lebih sering memasak pada ketika pagi sampai siang hari.

5. Membuat Penangkap Angin

Udara sejuk dalam rumah mampu didapat bila kita berhasil membuat sirkulasi udara lancar keluar-masuk rumah. Kita ketahui dalam IPA bahwa udara akan bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah maka arsitek berjulukan Mukti Andriyanto berhasil membuat perbedaan tekanan udara luar dan dalam rumah dengan membangun sebuah ruang kosong yang sempit berserta lorong.

Kami rasa sudah cukup ulasan buat sahabat tipsmembuatrumah.blospot kami ini wacana 5 cara membuat rumah sejuk tanpa AC yang kami harap memperlihatkan pengetahuan berharga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel