Cara Menata Hiasan dalam Rumah

Kebingungan sering kali ditemui ketika ingin meletakkan benda-benda hiasan di dalam ruangan. Mengatur hiasan di dalam ruangan memang membutuhkan suatu trik khusus. Apakah hiasan tersebut ingin diletakkan secara sendiri-sendiri atau berkelompok, kita perlu mengaturnya biar terlihat enak dipandang mata.

Berikut 5 tips yang dapat dijadikan panduan dalam menata hiasan di dalam rumah.

1. Sesuaikan Hiasan dengan Skala Ruangan

Pedoman yang biasa digunakan yakni dengan menggunakan ⅔ dari lebar dinding yang ada untuk berkreasi. Bila tidak mempunyai lukisan yang cukup besar, kelompokkan saja beberapa barang dan letakkan secara berdekatan untuk memenuhi skala ruang yang ada.

2. Hiasan Tidak Melebihi Ketinggian Mata

Lukisan, foto, atau benda seni lainnya yang ada di dinding, tidak meletakkannya di atas atau melebihi ketinggian mata. Letakkan hiasan tersebut sekitar 150 cm dari lantai. Cara ini akan membuat hiasan tersebut akan lebih nyaman untuk dilihat.

3. Tidak Meletakkan Hiasan Berderet-deret

Sebaiknya jangan meletakkan hiasan di rak meja atau rak dinding secara berderet-deret menyerupai barisan tentara untuk menghindari kemonotonan. Pengelompokan benda-benda yang menyerupai juga dapat menjadikan kemonotonan. Variasikan dengan tinggi atau ukuran yang berbeda-beda kalau ingin menggunakan benda-benda yang sama.

4. Gunakan Pedoman Ganjil

Letakkan hiasan dalam jumlah ganjil menyerupai 3, 5, dan seterusnya bila ingin melaksanakan pengelompokan hiasan.

5. Kelompokkan dengan Warna yang Senada

Kelompokkan benda-benda yang mempunyai sifat atau tekstur yang menyerupai biar tidak terdapat perbedaan yang mencolok dalam satu kelompok benda hiasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel