Ketahui 6 Hal ini Sebelum Membuat Ruang Bawah Atap

Dalam postingan sebelumnya telah dibahas mengenai beberapa pola pemanfaatan ruang di bawah atap. Sebelum membuat ruangan di area loteng, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut 6 hal yang perlu diketahui dalam memanfaatkan ruang bawah atap.

1. Bentuk Atap yang Cocok

Yang paling cocok dimanfaatkan untuk ruangan yaitu rumah dengan bentuk atap pelana sebab rangka atap pelana hanya terdiri dari kuda-kuda yang diletakkan di ujung-ujung dinding sehingga ruangan yang tersisa di bawah atap berukuran cukup besar.

Sementara bentuk atap limasan mempunyai rangka atap yang lebih rumit sehingga ruangan di bawahnya tidak terlalu luas. Bentuk atap limasan hanya cocok digunakan sebagai gudang, kecuali atap limasan yang mempunyai bentang lebih dari 12 meter.

2. Material Kuda-kuda Atap

Atap dengan kuda-kuda kayu atau beton yang mempunyai jarak 3 - 4 m, cukup leluasa kalau dimanfaatkan sebagai ruangan. Berbeda dengan atap yang terbuat dari rangka baja ringan yang memiliki kuda-kuda berjarak rapat, yaitu 1 - 1,5 m sehingga sulit dimanfaatkan untuk sebuah ruangan.

3. Ketinggian Ruang di Bawah Atap

Tinggi minimal yang dianjurkan yaitu 2,4 m yang dihitung dari titik atas plafon sampai titik bawah rangka atap.

4. Pemilihan Material Lantai

Pilih material lantai yang ringan untuk digunakan sebagai lantai loteng menyerupai kayu misalnya. Karena material ini rentan terhadap rayap, maka sebelum dilakukan pemasangan harus diberikan anti-rayap dan di-coating terlebih dahulu.

5. Pemasangan Insulasi Tambahan

Loteng merupakan ruangan yang berada pribadi di bawah pelapis atap sehingga perlu dilakukan pemasangan insulasi embel-embel pada atap semoga ruangan tidak terasa panas. Untuk insulasi panas, Anda dapat memasang aluminioum foil, glasswoll, atau polyurethane, sempurna di bawah lapisan reng dan genting (pelapis atap).

6. Akses Menuju Ruang Bawah Atap

Agar tidak mengganggu sirkulasi ruang di bawahnya, maka letak tangga sebagai kanal ke ruang di bawah atap juga harus dipikirkan dengan baik, Anda mampu menggunakan jenis apa saja untuk model dan materialnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel