Tips Mencegah Kerusakan Televisi Saat Musim Hujan

Beberapa hal yang layak untuk kita waspadai terlebih lagi di ketika demam isu hujan menyerupai ini di antaranya yaitu persoalan lembap, bocor, petir, dan perubahan cuaca yang signifikan.

Nah, berikut ini yang mampu kita lakukan untuk mencegah televisi di rumah tidak gampang rusak alasannya yaitu faktor cuaca.

1. Jauhi dari Lembap dan Bocor

Dua faktor yang dapat merusak televisi yaitu udara yang basah dan bocor yang terlambat terdeteksi. Uap air yang menempel pada komponen televisi mampu menyebabkan korsleting ketika televisi dinyalakan sehingga akan merusak televisi.

Pastikan plafon di atas televisi aman dari bocor untuk mencegahnya. Tempatkan televisi pada area yang kering serta jauh dari sumber air menyerupai kolam sehingga uap air tidak gampang menempel ke dalam komponen televisi.

2. Pasang Penetral Listrik (Stabilizer)

Televisi dan peralatan elektronik lainnya akan rentan rusak jikalau menghadapi listrik yang tak stabil. Ketika hujan disertai dengan petir, sering terjadi listrik yang tidak stabil. Tegangan listrrik yang terlalu rendah dapat mengurangi kinerja elektronik. Sementara jikalau voltase terlalu tinggi dapat memperpendek umur penggunaan elektronik.

Untuk mengatasi ketidakstabilan ini, kita perlu memasang penetral listrik (stabilizer) sebelum daya dialirkan ke beragam peralatan elektronik. Anda mampu memasangnya di bersahabat MCB (sekering) biar daya yang masuk akan lebih stabil sebelum dialirkan ke aneka area di rumah.

3. Pilih Antena Luar Berpenangkal Petir

Antena dalam memiliki kelemahan berupa sulitnya menangkap sinyal sehingga banyak rumah yang masih memakai antena luar. Pastikan Anda memilih antena luar berpenangkal petir dengan materi logam yang tersambung eksklusif dengan kabel grounding sehingga energi listrik yang besar sekali ini mampu eksklusif dialirkan ke tanah tanpa sempat menyambar elektronik.

Televisi

4. Matikan dan Cabut Kabel

Kilatan petir terdiri dari muatan listrik yang luar biasa besar sehingga akan mengganggu kinerja televisi. Dampak ringannya yaitu sinyal televisi terganggu sehingga menimbulkan kurang jernihnya gambar. Sedangkan dampak beratnya yaitu terjadi korsleting bahkan kebakaran dalam sekali sambaran.

Bila tv Anda tidak mempunyai komponen penangkal petir, cara mencegah sambaran petir ini yaitu dengan memutus anutan listrik ketika hujan lebat yang disertai petir. Jangan lupa pula untuk mencabut kabel dari stop kontaknya.

5. Membuat Instalasi Grounding

Grounding merupakan bentuk instalasi listrik untuk meniadakan energi potensial yang berlebihan dengan cara membuangnya ke tanah. Instalasi grounding tertanam di dalam tanah yang memiliki kandungan air dan dipasang dengan jarak minimal 5 cm dari permukaan tanah. Air akan segera membuatkan kelebihan energi ini ke tanah untuk dinetralisir ketika energi listrik yang berlebihan dialihkan ke instalasi grounding.

Berikut ini beberapa kegunaan dari instalasi grounding.
  1. Menyalurkan energi listrik yang berlebihan ketika petir menyambar supaya tidak menyebabkan bahaya.
  2. Menstabilkan voltase pada beragam sumber tegangan.
  3. Mengurangi kontak listrik pada elektronik alasannya yaitu kelebihan energi sehingga memperpanjang usia pakai dan aman bagi penghuni.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel