Tips Menjaga Keamanan di Rumah

Keamanan di dalam rumah memang melingkupi banyak hal. Mulai dari pagar hingga kunci yang baik biar orang yang tidak diinginkan tidak mampu masuk ke rumah kita sesuka hatinya. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga keamanan kamar mandi, tangga rumah, dapur, gudang, dan lain sebagainya.

Kamar Mandi
Lantai kamar mandi mudah licin sehingga harus dijaga jangan hingga ada anggota keluarga yang jatuh, terutama bagi yang berusia lanjut. Kini, tersedia ganjal untuk menutup lantai kamar mandi yang licin. Karena lantainya yang licin, tak jarang orang berusia lanjut jatuh di kamar mandi. Bila sudah jatuh, maka akan mengalami patah tulang sendi paha dan untuk memulihkannya membutuhkan terapi operasi yang cukup besar. Di samping itu, penerangan di dalam kamar mandi juga harus diperhatikan biar tidak salah dalam menggunakan odol atau sabun.

Tangga Rumah
Pada tangga rumah, semestinya jangan dibuat terlalu terjal dan perlu dilengkapi dengan pegangan untuk menghindari orang berusia lanjut jatuh. Koordinasi penglihatan, gerakan tangan dan kaki orang lanjut usia tidak terjadi dengan baik sehingga memudahkan mereka jatuh. Terlebih lagi bila orang berusia lanjut tersebut memiliki keterbatasan menyerupai lumpuh sebelah tubuh atau kelemahan otot lainnya.

Dapur
Dapur juga harus dijaga dengan baik, terutama dari anak-anak, karena di dapur sering kali terdapat api, air panas, atau listrik. Jangan membawa anak ke dapur atau membiarkan anak bermain di dapur. Banyak terjadi kecelakaan  di dapur ini, misalnya anak terkena api, air panas, atau minyak panas.

Bila membawa air panas untuk mandi, hendaknya dicampur terlebih dahulu dengan air dingin. Air yang gres mendidih, jangan pribadi dibawa, karena jikalau tertumpah mampu terkena tubuh kita dan akan menjadikan luka bakar yang dalam.

Alat-alat listrik juga perlu dijaga keamanannya. Bila akan mengganti jalan masuk atau memindahkan, matikan dulu arus listriknya supaya tidak tersengat listrik ketika membawa alat tersebut. Selain itu, berhati-hatilah pula dengan setrika listrik karena sering kali tidak dimatikan sesudah digunakan dan mampu menjadikan luka bakar pada orang lain.

Gudang
Barang-barang yang ada di gudang harus diatur dengan baik biar tidak terjadi kecelakaan. Lemari obat juga harus diatur isi dan letaknya. Jangan hingga letaknya mudah dicapai oleh belum dewasa dan isinya harus diberi label dengan terperinci supaya tidak salah minum obat. Jangan sekali-kali memasukkan benda kimia, misalnya pencuci lantai di lemari obat karena mampu terjadi kesalahan materi kimia tersebut secara tidak sengaja terminum.

Jangan meletakkan benda tajam, termasuk pisau, dengan bab tajamnya ada di atas karena pernah terjadi bab tajam itu mengenai mata orang yang tidak melihatnya. Bagian yang tajam diletakkan di bab bawah dan bab tumpul di atas.

Gas buangan CO2 kendaraan di garasi jangan hingga terkena belum dewasa atau anggota keluarga lain karena gas tersebut mampu mengganggu kesehatan.

Mer*k*k di kawasan tidur ialah kebiasaan yang berbahaya. Hal ini  akan memudahkan terjadinya kebakaran bila yang mer*k*k tertidur atau percikan api mengenai kasur atau barang yang mudah terbakar.

Kini, tersedia pemantau asap yang akan memberi tanda bila konsentrasi asap meningkat. Alat ini relatif tidak mahal sehingga mampu dipertimbangkan untuk disediakan di rumah.

Di samping itu, harap diperhatikan jalan keluar, terutama bagi rumah yang bertingkat. Harus ada jalan keluar alternatif bila jalan keluar yang ada tidak mampu dilalui, misalnya, karena kebakaran.

Sering terjadi pergantian pembantu rumah tangga di rumah. Setiap pembantu gres hendaknya dilatih untuk menjaga keamanan rumah dan menggunakan alat-alat rumah tangga dengan benar. Pembantu rumah tangga juga perlu dilatih menggunakan alat pemadam api yang disediakan dan cepat memberi tahu tetangga atau anggota keluarga bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel