Inilah Bagian Rumah Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan !

Musim hujan bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, meskipun memang dengan kehadirannya banyak orang yang kurang mempersiapkan diri untuk menghadapinya, sehingga jadinya mengakibatkan beberapa problem yang dapat mengganggu aktivitas. Nah, kondisi rumah kita pun menjadi hal yang penting diperhatikan ketika memasuki trend hujan tiba, bila Anda tidak ingin kerepotan oleh permasalahan yang timbul akhir kita lalai untuk merawatnya. 

Inilah Bagian Rumah Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan !

Rumah sebagai daerah berlindung seluruh anggota keluarga tentu harus selalu dalam kondisi yang nyaman. Namun, intensitas air yang menimpa episode rumah meningkat pada ketika trend hujan. Hal ini tentunya dapat merusak bagian-bagian rumah sehingga sangat rentan untuk mengakibatkan beberapa permasalahan menyerupai kebocoran, saluran mampet dan efek yang lebih jauhnya mampu mengganggu kesehatan. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan meberikan tips mengenai bagian rumah yang harus diperhatikan ketika trend hujan, episode apa sajakah itu? eksklusif saja kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Atap Rumah dan Plafon

Ini yaitu episode rumah yang sangat vital ketika trend hujan berlangsung, sehingga kondisinya wajib diperiksa secara berkala, apalagi kalau genting rumah tersebut masih menggunakan genting bata yang rentah pecah. Dampak yang sering terjadi yakni kebocoran yang mampu merusak plafon sampai perabotan rumah lainnya yang terbuat dari kayu. Selain itu kerusakan atap rumah juga mampu menjadi susukan tikus dan binatang hama lainnya yang mampu menyebabkan kerusakan lebih parah. Oleh karena itu pastikan kerusakan  atap sekecil apapun segera diperbaiki sebelum mengharuskan Anda merogoh kocek yang lebih besar.

2.  Saluran Air

Bagian rumah yang satu ini sering kali terlupakan perawatannya, padahal kalau bermasalah mampu mengakibatkan ancaman yang cukup fatal. Pastikan semua saluran air baik yang berasal dari atap rumah, dapur, selokan semuanya bersih dari kotoran. Biasanya pada trend kemarau kita lupa untuk membersihkannya sehingga pasti berbagai kotoran menyerupai daum-daun kering, plastik dan sampah lainnya yang menutupi saluran tersebut. Jika menyerupai itu tentu air tidak dapt berjalan pada tempatnya dan jadinya mengakibatkan problem serius bagi Anda. 

3. Talang Air

Setelah memastikan keadaan saluran utamanya bersih dari kotoran, Anda juga harus memeriksa kondisi talang air yang berfungsi untuk membatasi ajaran air semoga tidak keluar dari jalurnya dan mengakibatkan kebocoran. Hal ini sangat rentan mengalami kerusakan terutama di bagian-bagian yang sering mengalami pergerakan, menyerupai di episode sambungan, lubang pembuangan dan sebagainya.

4. Dinding 

Dinding rumah baik itu yang terbuat dari tembok maupun partikel lainnya , juga menjadi episode penting yang harus diperhatikan ketika musum hujan. Biasanya episode tersebut menjadi lebih lembab apalagi kalau ada kebocoran dari atap rumah, hal ini mampu menyebabkan tumbuhnya jamur dan merusak episode catnya. Anda tentu tidak ingin kelembaban yang berlebihan tersebut merusak perabotan rumah lain di sekitarnya.

5. Instalasi Listrik dan Pencahayaan

Bagian rumah yang sangat penting dan harus diperhatikan ketika trend hujan selanjutnya yaitu berkaitan dengan seluruh instalasi kelistrikan. Pastikan semua kabel-kabel berikut jalurnya tidak ada yang terkelupas atau rusak, karena hal itu mampu membuat korelasi arus pendek kalau terkena air dari kebocoran. Jika ditemukan kabel atau alat listrik lainnya yang rusak sebaiknya segera diganti, kalau rumah Anda ingin terhindar dari resiko kebakaran. Untuk episode pencahayaan menyerupai beling jendela maupun glassblock harus dibersihkan secara rutin, karena pada trend hujan dengan tingkat kelembaban yang tinggi biasanya menyebabkan banyak kotoran dan jamur menempel di sana. Sehingga intensits cahaya yang masuk ke dalam rumah mampu tetap optimal menunjang kesehatan Anda.

6. Lantai 

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa lantai menjadi episode penting yang harus diperhatikan ketika trend hujan? Pada beberapa kasus lantai mampu mengalami kondisi retak, pecah menggelembung bahkan sampai meledak. Hal ini memang disebabkan oleh banyak faktor menyerupai semen sebagai perekat keramik yang tidak padat, episode bawah keramik lembab karena ada air yang keluar dari bawahnya, atau ada ruang kosong akhir memuainya keramik tersebut pada trend kemarau yang sangat panas. Oleh karena itu lakukan pengecekan secara seksama seluruh lantai ruangan untuk tetap menerima kenyaman di rumah. 

*sumber : IDEA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel