Perumnas Siapkan Rp 750 M Revitalisasi Rusun Klender

Perumnas Siapkan Rp 750 M Revitalisasi Rusun KlenderFoto: Rachman Haryanto

Jakarta - Perum Perumnas berencana melaksanakan revitalisasi Rumah Susun (Rusun) Klender, Jakarta Timur mulai awal tahun depan. Perumnas sendiri menyiapkan dana sebesar Rp 750 miliar untuk melaksanakan pembangunan ulang rusun yang sudah ada semenjak tahun 1980-an.

Direktur Pemasaran Perumnas Muhammad Nawir mengatakan, sebanyak 1.200 unit rusun Klender akan direvitalisasi di atas lahan seluas 10 hektar.

"Nah revitalisasi ini sendiri, bangkit pengganti tower pengganti kurang lebih Rp 750 miliar. Itu pengganti 1.200 (unit) saja," ujar Nawir ketika dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Saat ini, Perumnas tengah melaksanakan sosialisasi kepada para penghuni rusun Klender terkait rencana revitalisasi. Sekitar 50% dari penghuni pun sudah menyatakan persetujuannya untuk proses revitalisasi rusun.

"Saat ini proses persetujuannya yang kita sosialisasikan sudah tinggal penandatanganan persetujuan dari masing-masing pemilik, sudah 50% ketika ini," ujar Nawir.

Revitalisasi rusun Klender dilakukan dengan menghancurkan bangunan lama dan kemudian membangun 2 tower gres setinggi 20 lantai. Rusun Klender nantinya juga akan dilengkapi banyak sekali akomodasi pendukung mulai dari taman, bak renang, dan akomodasi olahraga lainnya.

"Di-demolished (dihancurkan) kemudian dibangun rusun gres setinggi kurang lebih 20 lantai rata-rata," tutur Nawir.

Selanjutnya, sisa lahan yang ada dikerjasamakan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk dibangun Rusunawa untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"Pemda DKI akan beli lahan tersebut dan di atasnya dibangun rusunawanya Pemda digunakan jikalau ada MBR tinggal di situ," ujar Nawir.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel