Belajar 3-D Tingkat 12

                                                          Mengubah Dari WCS ke UCS

Saat bekerja pada 3-D , kadang - kadang anda perlu mengubah sesuatu yang anda gambar . Misal anda perlu menambahkan detail pada satu sisi dinding . Hal ini akan menyerupai mengambil kertas di lantai ( WCS ) kemudian merekatkan pada dinding ( UCS ) .

WCS ialah World Co-ordinate System , Ini ialah cara bahwa sumbu standar X , Y dan Z diarahkan ketika anda memulai gambar gres (X ke kanan, Y mengarah ke atas dan Z menunjuk ke arah anda). Sedangkan UCS ialah User Co-ordinate System . Ini ialah 'pengalihan' dari WCS berdasarkan parameter yang ditetapkan oleh pengguna AutoCad .

Ada beberapa cara untuk melaksanakan hal tersebut , di sini anda akan mencoba hal tersbut :


Gambar di atas merupakan referensi dari bentuk WCS dengan salah satu sudut terletak pada titik 0,0,0 . Sedangkan pada gambar di bawah merupakan referensi dari bentuk UCS gres berdasarkan sisi objek , Sehingga memungkinkan anda untuk menggambar pada sisi bangunan . Perhatikan arah sumbu X , Y , Z sekarang . 


Perhatikan bahwa sumbu X konkret sekarang menunjuk pada sepanjang sisi struktur . Berikut ialah bagaimana hal tersebut dapat berubah . Anda pertama memilih opsi 3 poin dengan mengetik 3 pada prompt. Selanjutnya anda harus memilih tiga poin untuk menentukan objek. Titik pertama ialah asal baru. Titik kedua ialah di mana anda ingin sumbu X konkret untuk diposisikan. Titik terakhir ialah untuk sumbu Y konkret . 

Perintah : UCS
Current ucs name: * NO NAME *
Enter an option [New / Move / orthoGraphic / Prev / Restore / Save / Del / Apply /? / World]
<World>: 3
Specify new origin point <0,0,0>: <P1>
Specify point on positive portion of X-axis <1.0000,7.0000,0.0000>: <P2>
Specify point on positive-Y portion of the UCS XY plane
<1.0000,7.0000,0.0000>: <P3>



Itu ialah 3 poin pilihat pada perintah UCS dan salah satu hal yang paling berkhasiat . Karena anda mengontrol dengan sempurna di mana bidang gambar gres anda akan di tempatkan . Anda juga harus berhati - hati ketika memilih 3 poin atau bidang anda akan bergeser serta mangakibatkan persoalan gres . Kami merekomendasikan untuk menggunakan metode tersebut untuk sebagian pekerjaan menggunakan perintah UCS . Setidaknya anda akan cukup nyaman dengan metode tersebut sebelum beralih pada metode yang lain .   

Catatan : Segera tekan enter untuk memasukan perintah UCS dan kembali ke WCS secara default .

Berikut ialah pilihan lain dari perintah UCS :

Origin :

Perintah : UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: O
Origin point <0,0,0>: <Pick a Point>


Pilihan tersebut akan memindahkan UCS berdasarkan titik asal yang gres di pilih . Hal tersebut tidak akan menggeser bidang gambar anda sama sekali alasannya ialah anda hanya memilih satu titik .

Sumbu Z : 

Perintah : UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: ZA
Origin point <0,0,0>: <Pick a Point>
Point on positive portion of Z-axis <-8.0000,0.0000,1.0000>: <Pick a Point>


Pilihan ini memungkinkan anda untuk memilih dua poin. Pertama anda memilih asal baru, maka anda memilih titik untuk sumbu Z konkret . Pastikan anda mengetik ZA untuk memilih opsi ini .

Object :

Perintah : UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: OB
Select object to align UCS: <Select An Object>


Dengan menggunakan metode ini , anda harus memilih pada objek 2-D yang terletak pada bidang gambar tertentu . Ini akan sulit alasannya ialah anda harus menyadari bagaimana sumbu X dan Y konkret akan berakhir .

View :

Perintah : UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: V


Dengan memilih opsi view , Auto Cad akan secara otomatis me-reset UCS semoga sesuai dengan tampilan anda ketika ini . Namun akan tetap menampilkan bentuk aslinya pada letak sebelumnya .

X / Y / Z : 

Perintah : UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: X
Rotation about the X axis angle <0>: -90


Dengan memilih opsi X , Y atau Z , anda harus terlebih dulu memilih titik pada sepanjang sumbu yang anda pilih kemudian menunjukkan sudut rotasi berdasarkan aturan yang telah di sebutkan sebelumnya . Contoh di atas menandakan pada anda bagaimana memutar UCS 90 derajat sekitar sumbu X konkret .

Previous :

Perintah : UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: P


Opsi di atas akan mengembalikan anda ke pengaturan terakhir yang anda miliki pada UCS . Anda akan banyak menggunakan nya pada 3-D . Anda mungkin perlu mengubah UCS anda untuk menarik satu objek kemudian kembali pada apa yang anda punya yang telah di tetapkan sebelumnya .

Restore / Save / Del 

Pilihan berikutnya di gunakan dalam hubunganya satu sama lain . Anda akan memiliki banyak pilihan untuk menyimpan UCS dengan nama tertentu . Anda juga mampu mengembalikan kembali dengan nama UCS atau bahkan menghapusnya bila tidak ingin menggunakan lagi . Berikut referensi dari opsi tersebut :

Command: UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: S
? / Desired UCS name: view1
Command: UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: R
? / Name of UCS to restore: view1
Command: UCS
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World> :?
UCS name (s) to list <*>:
Current UCS: view1
Saved coordinate systems:
view1
Origin = <0.0000,0.0000,0.0000>, X Axis = <1.0000,0.0000,0.0000>
Y Axis = <0.0000,1.0000,0.0000>, Z Axis = <0.0000,0.0000,1.0000>
Origin / Zaxis / 3point / Object / View / X / Y / Z / Prev / Restore / Save / Del /? / <World>: D
UCS name (s) to delete <none>: view1
Deleted 1 UCS name.


Di atas ialah tampilan dengan nama View 1 telah di Save / simpan , restore / pulihkan , listed / terdaftar , dan kemudian delete / di hapus .

Dynamic UCS

Pilihan lain untuk mencoba ialah dengan dynamic UCS , namun ini kurang cocok bagi pengguna gres . Lihat ke bawah pada status kafetaria , anda memiliki ikon yang akan mengatur aktif atau non aktif .

Dengan dynamic UCS di aktifkan , anda dapat dengan mudah menarik sesuatu pada permukaan yang anda inginkan . Jika anda memiliki dasar bangunan di bab atas halaman , Anda dapat menggambar persegi panjang atau kotak di atap tanpa menetapkan UCS baru. Kuncinya ialah untuk melihat dan melihat wajah mana yang disorot ketika anda memindahkan kursor di layar.

Dalam gambar di bawah, Anda dapat melihat bagaimana ini bekerja. Sisi kiri menunjukkan wajah 'atap' disorot dan kursor telah berubah untuk mencerminkan UCS baru. Kanan menunjukkan bagaimana ini terlihat ketika muka sisi kanan aktif. Tidak perubahan kursor berwarna sedangkan UCS Icon tetap sama



Sedikit Tambahan Tentang UCS
  • Hati-hati ketika memilih UCS. Lihatlah ke ikon UCS dan melihat bahwa itu sesuai dengan cara yang anda inginkan. Mencari garis vertikal harus sejajar sepanjang bidang vertikal. Sebagian besar waktu kami akan menggunakan 3 Titik opsi UCS dan kemudian Sebelumnya untuk kembali dan kemudian kembali ke pilihan 3 titik yang berbeda dan sebagainya. 3 Titik memberi kami banyak fleksibilitas tanpa harus berpikir perihal hal ini terlalu banyak (dan berkonsentrasi pada bagaimana ksmi akan menggambar proyek .                                        
  • Selalu menyadari di mana UCS anda berada. Pastikan bahwa X konkret ialah di mana Anda berharap untuk menjadi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel