Belajar 3-D Tingkat 13

                                                        Pemetaan Material Pada Objek

Setiap kali anda menempatkan material anda pada objek dalam Auto Cad , Anda akan secara efektif melaksanakan ' Stretching / peregangan ' gambaran material pada sekitar objek . Bagi beberapa objek ini mampu di terima , namun untuk sebagian benda , anda mungkin ingin menyesuaikan materi yang ingin di tampilkan pada objek . Hal tersebut di sebut dengan Mapping / Pemetaan . Perintah dalam hal ini menggunakan perintah SETUV .

Berikut yakni pola objek yang sama dengan material yang sama , tetapi dengan pemetaan materi yang di sesuaikan dengan pemetaan sisi kanan objek .


Secara default , Auto Cad akan menerapkan materi yang sesuai . Pada pola di atas , skala material yang terlalu kecil . Untuk benar - benar membuat blok , mapping di gunakan di gunakan untuk menyesuaikan dan menempatkan materi sehingga terlihat menyerupai yang anda inginkan . Dengan sedikit pengetahuan wacana hal ini akan membuat rendering anda lebih realistis . 

Berikut yakni beberapa perintah yang di gunakan untuk mapping materials . :

Perintah / Input : Matrerialmap / Setuv 
Ikon :
Lokasi : Render > Material > Material Mapping
Keterangan : Masukan ini pada baris perintah untuk memilih opsi mapping melalui keyboard atau ikon . 


Perintah / Input : Planar Mapping 
Ikon :
Lokasi : Render > Material > Material Mapping > Planar
Keterangan : Pemetaan pada bidang objek secara individu  


Perintah / Input : Box Mapping
Ikon : 
Lokasi : Render > Material > Material Mapping > box
Keterangan : Pemetaan pada objek untuk menyesuaikan lebar , kedalaman , tinggi , serta rotasi pada semua sisi .  


Perintah / Input : Sphere Mapping 
Ikon : 
Lokasi : Render > Material > Material Objek > Spherical 
Keterangan : Memungkinkan anda untuk pemetaan pada objek tetapi hanya menggunakan rotasi .  


Perintah / Input : Cylinder Mapping
Ikon : 
Lokasi : Render / Material > Material Objek > Cylindrical 

Mulqilah dengan memilih Lokasi Render > Materials > Material Mapping (or ctrl 3 ) dan anda akan melihat palet besar muncul yang mencakup materi pustaka yang lengkap .


Palet yang terlihat di atas berisi semua pallet default pada Auto Cad . Anda mungkin tidak melihat apa yang anda butuhkan pada palet tersebut . Palet yang anda inginkan pada latihan ini di sebut dengan " Masonry - Materials Sample " .

Jika anda tidak melihatnya , klik pada area yang di tunjukan pada kotak merah pada gambar sebelah kiri . Ini akan menampilkan semua palet yang tersedia , pilih salah satu yang anda butuhkan kemudian akan terlihat menyerupai yang di tunjukan sebelah kiri . Setelah anda melihatnya ,klik ikon di bab atas untuk Masonry.Unit Masonry.Brick.Modular.Common.

Tindakan ini akan menambahkannya ke Palet Materials anda (yang akan anda lihat di langkah berikutnya) .

Mulailah dengan membuat kotak dengan ukuran 120 x 120 dan tinggi 240 , kemudian lakukan zoom > extend . Atur gaya visual semoga nampak realistis ( render > visual style > realistic ) . Lalu beralih ke tampilan SW Isometrik .  Seperti yang di tunjukan pada Belajar 3-D Tingkat 9 , menerapkan materi yang di sebut " Masonry . Brick . Modular . Common " pada kotak . Tergantung pada pengaturan anda , namun mungkin akan terlihat menyerupai di bawah ini secara default .


Pada pandangan ini anda dapat melihat watu bata , namun kami ingin membuatnya lebih besar dan di lakukan dengan mapping . Anda akan mulai dengan ikon Box Mapping dan kemudian pilih kotak dan tekan enter . .Sekarang anda akan melihat beberapa grips gres pada objek anda (ini berbeda dengan grips yang memungkinkan anda untuk menyesuaikan ukuran obyek .


Gambar di atas menawarkan pilihan ditambahkan ketika opsi Rotate <R> dipilih pada baris perintah. Dengan grip aktif, Anda akan perlu untuk membuat peta yang lebih besar dengan memilih grips pemetaan satu per satu untuk membuat kotak (warna kuning) yang lebih besar. Setelah anda selesai memindahkan pegangan, klik di ruang gambar untuk melepaskannya. Perhatikan bahwa ada satu di atas juga (untuk tinggi) serta empat di bab bawah. Bila anda puas dengan tampilan, tekan enter untuk mengakhiri perintah. Kotak gres dan lebih baik anda mampu terlihat menyerupai ini:


Seperti yang anda lihat, yang di sebelah kanan terlihat lebih baik daripada default di sebelah kiri . Sekarang mulai opsi Box Mapping lagi, dan ketik R <ENTER> untuk memanggil opsi Rotate. Sekarang anda akan melihat grips melingkar menyerupai yang ditunjukkan dua gambar di atas. Untuk memutar posisi peta, gerakkan mouse anda ke atas salah satu bulat dan akan berubah warna. Klik dan anda akan dapat memutar materi sekitar sumbu yang anda pilih.


Dari opsi-opsi sederhana, Anda dapat mengontrol tampilan dari aneka macam materi pada objek apapun. Pada akhirnya, tampilan render selesai anda yakni pilihan anda .

Gambar di bawah menawarkan pilihan untuk perintah Cyndrical / silinder dan Spherical / pemetaan bola :


Gambar pada sebelah kiri mengambarkan pilihan yang tersedia dengan perintah Spherical Mapping , Perhatikan bahwa bola terbatas pada rotasi dan pergerakannya . Sedangkan gambar sebelah kanan menunujukan opsi dari perintah Cylindrical Mapping . Hal ini terbatas pada rotasi dan pembiasaan ketinggian .

Cobalah kedua metode yang di tunjukan di atas pada bola dan silinder . Kemudian cobalah menggunakan perintah Box Mapping  pada objek tersebut. Anda mungkin menemukan bahwa dalam pemakaian umum, metode Box Mapping akan menyediakan anda dengan pilihan yang paling serbaguna untuk mencapai tampilan yang anda inginkan .


Planar Mapping

Pilihan lain yang belum di bahas yakni Planar Mapping . Perintah ini akan bekerja sedikit berbeda dari yang lain dalam menyesuaikan materi , yaitu hanya pada satu bidang dan bukan seluruh objek . Gambarlah kubus dengan ukuran 120 x 120 x 120 kemudian terapkan beberapa materials yang memiliki kontras sehingga anda dapat melihat hasilnya dengan terperinci .

Mulai perintah Planar Mapping dengan menggunakan ikon . Alih - alih hanya memilih objek , tekan tombol kontrol ketika anda mengklik kotak dan anda akan melihat hanya satu bidang saja yang di sorot . Klik pada bidang yang ingin anda petakan , Dari sana anda akan melihat bahwa anda mengubah ukuran yang sama dan memutar grip yang tersedia untuk anda, tetapi hanya akan mensugesti satu bidang yang anda pilih .

Untuk latihan, cobalah memetakan beberapa materi yang berbeda ke aneka macam benda yang berbeda ukuran. Anda harus terbiasa dengan konsep ini untuk menghasilkan rendering yang layak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel