Belajar 3-D Tingkat 14
Menciptakan Materials Baru
Setelah anda mulai bekerja dengan materails standar AutoCAD , Anda akan segera menyadari bahwa anda tidak benar-benar memiliki pilihan. Bagaimana kalau anda membutuhkan materi semen putih untuk dinding? Atau rumput untuk halaman, atau alumunium, atau ... baik, Anda menerima gambar. Apa yang perlu anda lakukan yaitu membuat materi sendiri .
Langkah pertama yaitu untuk menemukan gambar yang mewakili materi yang anda inginkan dalam gambar anda. Ada sejumlah sumber yang tersedia di internet. Di bawah ini yaitu 3 sampel yang anda dapat coba untuk pelajaran ini .
Metal Sample Brick Sample Wood Sample
Pilih pada salah satu gambar di atas dan ketika jendela gres akan terbuka, klik kanan pada gambar besar dan pilih "Simpan gambar sebagai ..." dan menyimpannya dalam folder di mana anda dapat menemukannya dengan mudah .
Sekarang mulai dengan perintah Materials untuk membuka palet materi .
Pada pandangan pertama ini akan sangat berbeda kalau anda gunakan pada versi Auto Cad sebelumnya . Jika anda menggunakan 3-D Max maka anda akan nampak lebih familiar . Palet yang di gunakan dalam Auto Cad terlihat sama dalam kotak dialog . Perbedaan besar yaitu bahwa mereka dapat dibiarkan pada layar dikala anda menggambar. Anda dapat membuka atau menutup palet dengan mengklik tombol di episode kiri bawah. Tutup dengan mengklik X di sudut kiri atas .
Pada episode atas palet yaitu materi yang di gunakan dalam gambar yang di tampilkan sebagai bola dalam tampilan default . Di bawah ini yaitu tombol yang akan anda gunakan untuk bekerja dengan materials dan pada episode bawah yaitu untuk mengedit materials . Di sini anda akan di ajak melalui proses sederhana menciptakan materials dari file gambar dan menerapkanya pada sebuah objek dalam gambar anda . Kemudian anda akan mencar ilmu mengubah materials tersebut .
Kotak kecil berwarna merah membuktikan di mana ikon yang akan anda gunakan pada pembahasan ini . Sementara kotak merah besar di mana tombol yang akan anda gunakan untuk memodifikasi materi . Untuk membuat materi gres dari salah satu gambar dari atas (atau tekstur lain) , buka palet materi dan klik menu New Material . Tombol ini akan membuka dialog untuk penamaan .
Berikan nama dan deskripsi yang baik dan tekan OK . Sekarang anda kembalai pada palet materi .
Mengedit Materials Dasar
Gunakan slider pada Editor Materials . Pada episode Global , coba pengaturan gres pada materi gres anda . Berikut beberapa pengaturan yang kami buat untuk materials :
Meskipun pola di atas sangat dasar , namun membuktikan bagaimana anda dengan cepat membuat beberapa materi untuk render secara cepat . Ingatlah hal ini ketika anda gres memulai rendering atau dikala anda tidak mempunyai materi yang .
Editing Custom Materials / Mengubah Sesuaian Bahan
Buat materi gres lain menyerupai yang anda lakukan di atas. Alih-alih mengedit materi, kali ini anda akan menggunakan pada gambar anda simpan (dari atas) untuk membuat materi yang lebih realistis.
Klik pada tombol Select di diffuse map :
Anda harus memperhatikan bola di atas yang memiliki materials yang di petakan . Kejelasan gambar akan sesuai dengan kontras dan ukuran gambar tersebut . Pada episode timur , gambarlah solid objek dari beberapa jenis . Sorot material gres dengan mengklik pada bola , selanjutnya klik apply materials > add object > select object .
Jika semua berjalan dengan benar , maka akan terlihat bagus , kalau tidak anda mungkin harus menggunakan alat-alat pemetaan yang anda pelajari dalam Belajar 3-D Tingkat 13 untuk menyesuaikan materi sesuai dengan harapan anda . Pilihan lain untuk membuat materi di atur dalam palet skala objek dengan menggunakan " scale to object " . Ini akan di temukan setelah anda membuat materi gres , tombol yang akan membuka dialog Sesuaikan Bitmap / Adjust Bitmap (secara resmi ditemukan dalam perintah SETUV) .
Ini akan membantu menerima skala yangbesar dengan apa yang anda inginkan , tentu saja ini tergantung pada ukuran file gambar asli anda (sebagai aturan, file yang lebih besar lebih baik sebab anda dapat memperkecil skala biar gambar lebih jelas) dan ukuran objek anda. Kotak dialog ini juga memungkinkan untuk pengaturan lebih lanjut, tetapi masing-masing akan berlaku untuk kebutuhan khusus anda sendiri dan file gambar. Coba pengaturan yang berbeda dan memeriksa hasilnya. Ada kemungkinan jumlah tak terbatas , sehingga lebih mengeksplorasi kemampuan anda .
Untuk membuat materi transparan atau tembus, pindahkan slider opacity pada Bahan Palette hingga sekitar 50 - membuat materi 50% transparan. Anda dapat mengatur pilihan lain menyerupai yang ditunjukkan dalam kotak dialog ini.
Ini hanyalah sebuah pengantar dalam dunia menciptakan material baru. Jika anda memiliki kegiatan editing foto menyerupai Photoshop, GimpShop atau yang lain, Anda akan dapat menyesuaikan file gambar sesuai dengan kebutuhan anda.
Setelah anda mulai bekerja dengan materails standar AutoCAD , Anda akan segera menyadari bahwa anda tidak benar-benar memiliki pilihan. Bagaimana kalau anda membutuhkan materi semen putih untuk dinding? Atau rumput untuk halaman, atau alumunium, atau ... baik, Anda menerima gambar. Apa yang perlu anda lakukan yaitu membuat materi sendiri .
Langkah pertama yaitu untuk menemukan gambar yang mewakili materi yang anda inginkan dalam gambar anda. Ada sejumlah sumber yang tersedia di internet. Di bawah ini yaitu 3 sampel yang anda dapat coba untuk pelajaran ini .
Metal Sample Brick Sample Wood Sample
Pilih pada salah satu gambar di atas dan ketika jendela gres akan terbuka, klik kanan pada gambar besar dan pilih "Simpan gambar sebagai ..." dan menyimpannya dalam folder di mana anda dapat menemukannya dengan mudah .
Sekarang mulai dengan perintah Materials untuk membuka palet materi .
Pada pandangan pertama ini akan sangat berbeda kalau anda gunakan pada versi Auto Cad sebelumnya . Jika anda menggunakan 3-D Max maka anda akan nampak lebih familiar . Palet yang di gunakan dalam Auto Cad terlihat sama dalam kotak dialog . Perbedaan besar yaitu bahwa mereka dapat dibiarkan pada layar dikala anda menggambar. Anda dapat membuka atau menutup palet dengan mengklik tombol di episode kiri bawah. Tutup dengan mengklik X di sudut kiri atas .
Pada episode atas palet yaitu materi yang di gunakan dalam gambar yang di tampilkan sebagai bola dalam tampilan default . Di bawah ini yaitu tombol yang akan anda gunakan untuk bekerja dengan materials dan pada episode bawah yaitu untuk mengedit materials . Di sini anda akan di ajak melalui proses sederhana menciptakan materials dari file gambar dan menerapkanya pada sebuah objek dalam gambar anda . Kemudian anda akan mencar ilmu mengubah materials tersebut .
Kotak kecil berwarna merah membuktikan di mana ikon yang akan anda gunakan pada pembahasan ini . Sementara kotak merah besar di mana tombol yang akan anda gunakan untuk memodifikasi materi . Untuk membuat materi gres dari salah satu gambar dari atas (atau tekstur lain) , buka palet materi dan klik menu New Material . Tombol ini akan membuka dialog untuk penamaan .
Berikan nama dan deskripsi yang baik dan tekan OK . Sekarang anda kembalai pada palet materi .
Mengedit Materials Dasar
Gunakan slider pada Editor Materials . Pada episode Global , coba pengaturan gres pada materi gres anda . Berikut beberapa pengaturan yang kami buat untuk materials :
Meskipun pola di atas sangat dasar , namun membuktikan bagaimana anda dengan cepat membuat beberapa materi untuk render secara cepat . Ingatlah hal ini ketika anda gres memulai rendering atau dikala anda tidak mempunyai materi yang .
Editing Custom Materials / Mengubah Sesuaian Bahan
Buat materi gres lain menyerupai yang anda lakukan di atas. Alih-alih mengedit materi, kali ini anda akan menggunakan pada gambar anda simpan (dari atas) untuk membuat materi yang lebih realistis.
Klik pada tombol Select di diffuse map :
Anda harus memperhatikan bola di atas yang memiliki materials yang di petakan . Kejelasan gambar akan sesuai dengan kontras dan ukuran gambar tersebut . Pada episode timur , gambarlah solid objek dari beberapa jenis . Sorot material gres dengan mengklik pada bola , selanjutnya klik apply materials > add object > select object .
Jika semua berjalan dengan benar , maka akan terlihat bagus , kalau tidak anda mungkin harus menggunakan alat-alat pemetaan yang anda pelajari dalam Belajar 3-D Tingkat 13 untuk menyesuaikan materi sesuai dengan harapan anda . Pilihan lain untuk membuat materi di atur dalam palet skala objek dengan menggunakan " scale to object " . Ini akan di temukan setelah anda membuat materi gres , tombol yang akan membuka dialog Sesuaikan Bitmap / Adjust Bitmap (secara resmi ditemukan dalam perintah SETUV) .
Ini akan membantu menerima skala yangbesar dengan apa yang anda inginkan , tentu saja ini tergantung pada ukuran file gambar asli anda (sebagai aturan, file yang lebih besar lebih baik sebab anda dapat memperkecil skala biar gambar lebih jelas) dan ukuran objek anda. Kotak dialog ini juga memungkinkan untuk pengaturan lebih lanjut, tetapi masing-masing akan berlaku untuk kebutuhan khusus anda sendiri dan file gambar. Coba pengaturan yang berbeda dan memeriksa hasilnya. Ada kemungkinan jumlah tak terbatas , sehingga lebih mengeksplorasi kemampuan anda .
Untuk membuat materi transparan atau tembus, pindahkan slider opacity pada Bahan Palette hingga sekitar 50 - membuat materi 50% transparan. Anda dapat mengatur pilihan lain menyerupai yang ditunjukkan dalam kotak dialog ini.
Ini hanyalah sebuah pengantar dalam dunia menciptakan material baru. Jika anda memiliki kegiatan editing foto menyerupai Photoshop, GimpShop atau yang lain, Anda akan dapat menyesuaikan file gambar sesuai dengan kebutuhan anda.
- Untuk praktek, di sini yaitu cara yang baik untuk menerima grafis ke dalam rendering anda . Gambar oktagon (dengan perintah Polygon) dan mengubahnya menjadi sebuah Region. Kemudian membuat materi gres menggunakan gambar ini dari tanda berhenti dan menerapkannya ke region tersebut. Anda kemungkinan besar akan harus menyesuaikan pengaturan peta untuk membuatnya terlihat bagus (atau gunakan skala untuk objek opsi yang ditampilkan di atas). Untuk lebih menyenangkan, tambahkan tiang kayu dan gunakan 3-D Rotate untuk membuatnya bangun dengan benar.
- Untuk latihan lagi, coba unduh beberapa gambar atau menggunakan sesuatu yang sudah anda miliki dan menerapkannya pada objek. Gunakan alat pemetaan untuk menyesuaikan mereka.