Belajar 3-D Tingkat 7a
Extrusi Lebih Lanjut
Pembahasan kali ini akan memperdalam pengetahuan perihal perintah extrude . Seperti pada pembahasan sebelumnya pada Belajar 3-D Tingkat 7 , dapat di gunakan untuk membuat 3-D solid dari tampilan 2-D . Dua cara lain ysng dapat extrude (yang mungkin telah anda lihat sebagai pilihan pada baris perintah) , ektrusi lancip dan ektrusi pada bentuk panjang . Jika anda perlu, Anda juga dapat menggabungkan dua pilihan dan extrude adegan panjang dalam bentuk lonjong ( ditampilkan di bawah ).
Salah satu rujukan di mana anda dapat menggunakan perintah extrude ialah untuk mempresentasikan sebuah tabung pipa dalam sebuah gambar . Anda tidak harus selalu menggunakan opsi tapered path , tapi setidaknya anda tahu bahwa opsi tersebut ada .
Extruding A long A path / Extrusi keseluruhan
Gambar polyline dari 0,0 hingga 120,0 ke 120.120 ke 240.120 ke 240,0 lalu tekan <Enter> untuk menyelesaikan perintah . Lakukan Zoom > Extent untuk melihat kemudian Zoom out untuk memperkecil . Garis anda akan terlihat menyerupai di bawah ini ;
Selanjutnya anda akan menempatkan unit pada radius 24 di semua sudut. Cara termudah untuk melakukannya ialah dengan menggunakan opsi Polyline dari perintah FILLET .
Perintah: FILLET <ENTER>
Current Setting : Mode = Trim, Radius = 0.0000
Pilih first objek atau [Polyline / Radius / Trim / Multiple]: R
Specify fillet radius <0.0000>: 24
Pilih first objek atau [Polyline / Radius / Trim / Multiple]: P
Pilih polyline 2D: < Select The Polyline >
3 baris yang di fillet
Yang anda lakukan selanjutnya ialah merubah ( extrude ) bulat sepanjang polyline . Ini akan menjadi cara untuk menggambar pipa di 3-D . Sebagai rujukan anda akan menggambar pipa dengan diameter 12 " . Berikutnya gambar bulat di ujung kanan bawah polyline . Buatlah diameter 12 pada radius 6 lalu anda putar di 3-D . Hal ini terdapat dalam pelajaran berikutnya juga. Untuk melaksanakan ini, Anda akan memilih lingkaran, pilih sumbu yang ingin anda putar di sekitar dan kemudian memilih sudut .
Perintah : ROTATE 3D
Current kasatmata angle: ANGDIR = counterclockwise ANGBASE = 0
Pilih objek: <PILIH LINGKARAN> 1 ditemukan
Pilih objek: <ENTER>
Tentukan titik pertama pada porosnya atau menetapkan sumbu dengan
[Object / Last / View / Xaxis / Yaxis / Zaxis / 2points]: X Tentukan titik pada sumbu X
<0,0,0>: <Pilih kanan bawah selesai Polyline - Pastikan Osnaps anda selama endpoint>
Tentukan sudut rotasi atau [Referensi]: 90 <ENTER>
Lingkaran harus di putar 90 derajat sehingga gambar anda terlihat menyerupai gambar di bawah ini ;
Sekarang anda berada pada adegan yang lebih mudah , Anda akan merubah / extrude bulat pada sepenjang polyline .
Perintah : EXT
Extrude
Current Wire Frame Density : isoline = 4
Select Object : < Pilih Lingkaran >
Select Object : < Enter >
Specify Height of extrusion or [ path ] : P
Select Extrusion Path or [ Taper Angle ] : < Select The Pline >
Catatan: Setelah perintah Extrude, polyline akan tetap ada. Jika anda perlu menjaga gambar anda tetap bersih, ingat untuk menghapus path bila anda tidak membutuhkannya lagi. Untuk melihat tampilannya, melihat objek dalam tampilan SW Isometric, dan gunakan perintah HIDE. Seharusnya terlihat menyerupai ini:
Ini ialah salah satu pilihan yang tersedia dengan perintah Extrude. Cobalah jalan lain dan melihat cara kerjanya. Anda akan menemukan bahwa bila bulat anda terlalu besar, tidak mungkin dapat diekstrusi pada polylines dengan sudut ketat. Anda kemudian mungkin melihat kesalahan ini pada baris perintah:
Tidak dapat mengubah , ektrude objek yang dipilih.
Setiap objek yang dapat diekstrusi dapat di extrude along a path. Path dapat berupa benda terbuka menyerupai garis, busur, polyline, splines, dll .
Untuk lebih praktis, cobalah untuk menciptakan tali untuk lampu anda (Auto Cad lanjutan 3-8) dengan menggunakan Spline sebagai path. Anda juga dapat mengubah 2 bulat along a path (membuat satu satu bulat yang lebih kecil) dan kemudian mengurangi diameter ekstrusi yang lebih kecil dari yang lebih besar untuk menciptakan pipa berlubang.
Extruding With A Taper / Extrusi Melancipkan
Ektrusi / merubah dan melancipkan akan memberi anda pilihan lain dalam kotak perintah 3-D . Berikut ialah rujukan hal tersebut dapat di lakukan . Menggambar persegi panjang per 100 unit . Mengextrusi persegi panjang 50 unit dengan tinggi sudut lancip 45 derajat . Di bawah ini ialah perintah yang di gunakan :
Perintah : EXT
Extrude
Current Wire Frame Density : isoline = 4
Select object to extrude : <SELECT PERSEGI PANJANG ATAS>
1 ditemukan
Select object to extrude : <ENTER>
Specify height of extrusion or [Direction / Path / Taper angle] <1.0000>: T
Specify Angle of taper for extrusion <0>: 45
Specify height of extrusion or [Direction / Path / Taper angle] <1.0000>: 50
Di bawah ini ialah gambar yang anda miliki sekarang ( Piramida ) .
Gunakan perintah 3-D Orbit untuk melihatnya pada sudut yang berbeda ( klik pada layar , tahan tombol ke bawah dan memindahkan kursor sekitar layar ) . Coba untuk mengextrusi bentuk yang berbeda dengan banyak sekali sudut lancip untuk latihan . Pilihan ini memberi anda banyak fleksibilitas dalam satu perintah. Anda tidak dapat menggunakan pilihan ini dengan sangat sering di drafting sehari-hari anda .
Lofting
Baru di AutoCAD 2007 terdapat satu perintah LOFT. Perintah Loft menyerupai dengan perintah Extrude , tetapi jauh lebih fleksibel. Alih-alih ekstrusi bentuk tunggal, perintah loft memungkinkan anda untuk mengbah beberapa bentuk dan membuat satu objek terus menerus.
Berikut ini ialah rujukan dari cara kerjanya, kami telah menarik beberapa bentuk yang selaras dengan sentra yang sama. Selanjutnya, mereka disalin di atas dan di bawah bulat terbesar. Tujuannya ialah untuk membuat objek halus dari 7 profil yang ditampilkan di bawah ini.
Di bawah ini ialah tampilan objek sebelum dan sesudah Loft .
Contoh di atas terlihat sangat sederhana , namun pikirkan bagaimana anda membuat bentuk yang lebih komplek menggunakan perintah sederhana ini .
Menggunakan Perintah Loft
Di sini kita akan berlatih membuat sebuah kubus yang bengkok atau berbelok . Sebuah kubus berukuran 20 x 20 x 20 akan di pilin 45 derajat . Mari kita mulai dengan yang lebih sederhana . Gambarlah sebuah kotak 20 x 20 lalu salin di daerah yang sama . Putar kotak yang kedua sebanyak 45 derajat pada titik tengahnya . Setelah itu pindahkan dua kotak tersebut pada titik 20 . Dari kiri ke kanan , kotak yang asli , salin dan putar kotak tersebut lalu pindahkan kotak ke dua . Salin dua persegi panjang lagi untuk latihan yang lebih .
Selanjtnya anda akan membuat Loft dari kedua objek persegi panjang dengan menggunakan default .
Perintah : loft
Select Cross Section in Lofting Order : < Select Bottom Square > = 1 di temukan .
Select Cross Section in Lofting Order : < Select Top Square > = 1 di temukan , total 2 di temukan .
Select Cross Section in Lofting Order : < enter > lalu akan muncul dialog
Masukan pilihan option [ Guides / Path / Cross Section Only ] < Cross Section Only > lalu tekan ok .
Setelah anda menekan OK .. maka kotak anda akan berkembang menjadi salah satu bentuk hasil Lofting 3-D . Sekarang anda harus membuat kotak kubus tersebut menyerupai memutar , anda dapat melihat garis persegi dari adegan tengah bawah ke adegan sudut atas persegi . Gunakan perintah Hide untuk melihat akhirnya . Ini pasti terlihat aneh bagi anda . Ambil sepasang kotak yang telah anda salin sebelumnya dan gambar garis dari pojok ke sudut menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:
Sekarang jalankan perintah Loft lagi , dan sekarang coba sesuatu yang lebih berbeda . Pilih kotak lagi sebagai penampang anda, bukannya mendapatkan default, gunakan Guides opsi G. Sekarang pilih empat baris yang akan memandu Lofting untuk membuat bentuk yang lebih baik mewakili apa yang anda inginkan .
Perintah : Loft
Select Cross Section in Lofting Order : 1 di temukan .
Select Cross Section in Lofting Order : 1 dei temukan , Total 2 di temukan .
Select Cross Section in Lofting Order : Masukan pilihan [ Guides / Path / Cross Section Only ] < Cross Section only > : G .
Select Guide Curves : 1 di temukan .
Select Guide Curves : 1 di temukan , Total 2 di temukan .
Select Guide Curves : 1 di temukan , Total 3 di temukan .
Select Guide Curves : 1 di temukan , Total 4 di temukan .
Select Guide Curves : < enter > .
Bandingkan antara kedua objek , Pada adegan ke dua harus terlihat sebuah kubus yang membengkok . Untuk mengubah cara anda melihat sesuatu , gunakan perintah Visualstyle untuk membuka palet manager visual style . Perintah tersebut akan memungkinkan anda untuk mengubah pengaturan bagaimana anda melihat objek 3-D yang sebelumnya membutuhkan pengetahuan beberapa variabel sistim .
Gunakan pengaturan yang disorot di bawah dan tekan tombol "Apply to Current Viewport" (atau klik dua kali pada salah satu kotak berwarna di adegan atas. Anda sekarang harus memiliki pandangan yang terperinci yang menggambarkan perbedaan antara objek lofted pertama dan yang kedua yang panduan yang digunakan.
Cobalah membuat lofted 3D anda sendiri. Apa pun yang dapat diekstrusi juga dapat di lofted - sehingga setiap bentuk tertutup akan bekerja. Coba lofting persegi panjang ke lingkaran. Ada banyak pilihan lain untuk perintah ini, tetapi dalam upaya untuk menjadi singkat dan mencakup dasar-dasar, kami tidak akan pergi lebih jauh ke perintah ini. Ingatlah untuk memilih penampang dalam urutan yang benar, tambahkan panduan untuk lebih mendefinisikan bentuk.
Dalam ulasan, Anda dapat melihat bagaimana ekstrusi dan lofting dua perintah sederhana yang menunjukkan banyak kekuasaan di dunia 3D. Biasakan diri anda dengan ekstrusi, sebab merupakan cara yang bagus untuk membangun sesuatu di 3D. Lofting akan memungkinkan anda untuk membuat bentuk yang lebih 'organik' yang versi sebelumnya AutoCAD.
Pembahasan kali ini akan memperdalam pengetahuan perihal perintah extrude . Seperti pada pembahasan sebelumnya pada Belajar 3-D Tingkat 7 , dapat di gunakan untuk membuat 3-D solid dari tampilan 2-D . Dua cara lain ysng dapat extrude (yang mungkin telah anda lihat sebagai pilihan pada baris perintah) , ektrusi lancip dan ektrusi pada bentuk panjang . Jika anda perlu, Anda juga dapat menggabungkan dua pilihan dan extrude adegan panjang dalam bentuk lonjong ( ditampilkan di bawah ).
Salah satu rujukan di mana anda dapat menggunakan perintah extrude ialah untuk mempresentasikan sebuah tabung pipa dalam sebuah gambar . Anda tidak harus selalu menggunakan opsi tapered path , tapi setidaknya anda tahu bahwa opsi tersebut ada .
Extruding A long A path / Extrusi keseluruhan
Gambar polyline dari 0,0 hingga 120,0 ke 120.120 ke 240.120 ke 240,0 lalu tekan <Enter> untuk menyelesaikan perintah . Lakukan Zoom > Extent untuk melihat kemudian Zoom out untuk memperkecil . Garis anda akan terlihat menyerupai di bawah ini ;
Selanjutnya anda akan menempatkan unit pada radius 24 di semua sudut. Cara termudah untuk melakukannya ialah dengan menggunakan opsi Polyline dari perintah FILLET .
Perintah: FILLET <ENTER>
Current Setting : Mode = Trim, Radius = 0.0000
Pilih first objek atau [Polyline / Radius / Trim / Multiple]: R
Specify fillet radius <0.0000>: 24
Pilih first objek atau [Polyline / Radius / Trim / Multiple]: P
Pilih polyline 2D: < Select The Polyline >
3 baris yang di fillet
Yang anda lakukan selanjutnya ialah merubah ( extrude ) bulat sepanjang polyline . Ini akan menjadi cara untuk menggambar pipa di 3-D . Sebagai rujukan anda akan menggambar pipa dengan diameter 12 " . Berikutnya gambar bulat di ujung kanan bawah polyline . Buatlah diameter 12 pada radius 6 lalu anda putar di 3-D . Hal ini terdapat dalam pelajaran berikutnya juga. Untuk melaksanakan ini, Anda akan memilih lingkaran, pilih sumbu yang ingin anda putar di sekitar dan kemudian memilih sudut .
Perintah : ROTATE 3D
Current kasatmata angle: ANGDIR = counterclockwise ANGBASE = 0
Pilih objek: <PILIH LINGKARAN> 1 ditemukan
Pilih objek: <ENTER>
Tentukan titik pertama pada porosnya atau menetapkan sumbu dengan
[Object / Last / View / Xaxis / Yaxis / Zaxis / 2points]: X Tentukan titik pada sumbu X
<0,0,0>: <Pilih kanan bawah selesai Polyline - Pastikan Osnaps anda selama endpoint>
Tentukan sudut rotasi atau [Referensi]: 90 <ENTER>
Lingkaran harus di putar 90 derajat sehingga gambar anda terlihat menyerupai gambar di bawah ini ;
Sekarang anda berada pada adegan yang lebih mudah , Anda akan merubah / extrude bulat pada sepenjang polyline .
Perintah : EXT
Extrude
Current Wire Frame Density : isoline = 4
Select Object : < Pilih Lingkaran >
Select Object : < Enter >
Specify Height of extrusion or [ path ] : P
Select Extrusion Path or [ Taper Angle ] : < Select The Pline >
Catatan: Setelah perintah Extrude, polyline akan tetap ada. Jika anda perlu menjaga gambar anda tetap bersih, ingat untuk menghapus path bila anda tidak membutuhkannya lagi. Untuk melihat tampilannya, melihat objek dalam tampilan SW Isometric, dan gunakan perintah HIDE. Seharusnya terlihat menyerupai ini:
Ini ialah salah satu pilihan yang tersedia dengan perintah Extrude. Cobalah jalan lain dan melihat cara kerjanya. Anda akan menemukan bahwa bila bulat anda terlalu besar, tidak mungkin dapat diekstrusi pada polylines dengan sudut ketat. Anda kemudian mungkin melihat kesalahan ini pada baris perintah:
Tidak dapat mengubah , ektrude objek yang dipilih.
Setiap objek yang dapat diekstrusi dapat di extrude along a path. Path dapat berupa benda terbuka menyerupai garis, busur, polyline, splines, dll .
Untuk lebih praktis, cobalah untuk menciptakan tali untuk lampu anda (Auto Cad lanjutan 3-8) dengan menggunakan Spline sebagai path. Anda juga dapat mengubah 2 bulat along a path (membuat satu satu bulat yang lebih kecil) dan kemudian mengurangi diameter ekstrusi yang lebih kecil dari yang lebih besar untuk menciptakan pipa berlubang.
Extruding With A Taper / Extrusi Melancipkan
Ektrusi / merubah dan melancipkan akan memberi anda pilihan lain dalam kotak perintah 3-D . Berikut ialah rujukan hal tersebut dapat di lakukan . Menggambar persegi panjang per 100 unit . Mengextrusi persegi panjang 50 unit dengan tinggi sudut lancip 45 derajat . Di bawah ini ialah perintah yang di gunakan :
Perintah : EXT
Extrude
Current Wire Frame Density : isoline = 4
Select object to extrude : <SELECT PERSEGI PANJANG ATAS>
1 ditemukan
Select object to extrude : <ENTER>
Specify height of extrusion or [Direction / Path / Taper angle] <1.0000>: T
Specify Angle of taper for extrusion <0>: 45
Specify height of extrusion or [Direction / Path / Taper angle] <1.0000>: 50
Di bawah ini ialah gambar yang anda miliki sekarang ( Piramida ) .
Gunakan perintah 3-D Orbit untuk melihatnya pada sudut yang berbeda ( klik pada layar , tahan tombol ke bawah dan memindahkan kursor sekitar layar ) . Coba untuk mengextrusi bentuk yang berbeda dengan banyak sekali sudut lancip untuk latihan . Pilihan ini memberi anda banyak fleksibilitas dalam satu perintah. Anda tidak dapat menggunakan pilihan ini dengan sangat sering di drafting sehari-hari anda .
Lofting
Baru di AutoCAD 2007 terdapat satu perintah LOFT. Perintah Loft menyerupai dengan perintah Extrude , tetapi jauh lebih fleksibel. Alih-alih ekstrusi bentuk tunggal, perintah loft memungkinkan anda untuk mengbah beberapa bentuk dan membuat satu objek terus menerus.
Berikut ini ialah rujukan dari cara kerjanya, kami telah menarik beberapa bentuk yang selaras dengan sentra yang sama. Selanjutnya, mereka disalin di atas dan di bawah bulat terbesar. Tujuannya ialah untuk membuat objek halus dari 7 profil yang ditampilkan di bawah ini.
Di bawah ini ialah tampilan objek sebelum dan sesudah Loft .
Contoh di atas terlihat sangat sederhana , namun pikirkan bagaimana anda membuat bentuk yang lebih komplek menggunakan perintah sederhana ini .
Menggunakan Perintah Loft
Di sini kita akan berlatih membuat sebuah kubus yang bengkok atau berbelok . Sebuah kubus berukuran 20 x 20 x 20 akan di pilin 45 derajat . Mari kita mulai dengan yang lebih sederhana . Gambarlah sebuah kotak 20 x 20 lalu salin di daerah yang sama . Putar kotak yang kedua sebanyak 45 derajat pada titik tengahnya . Setelah itu pindahkan dua kotak tersebut pada titik 20 . Dari kiri ke kanan , kotak yang asli , salin dan putar kotak tersebut lalu pindahkan kotak ke dua . Salin dua persegi panjang lagi untuk latihan yang lebih .
Selanjtnya anda akan membuat Loft dari kedua objek persegi panjang dengan menggunakan default .
Perintah : loft
Select Cross Section in Lofting Order : < Select Bottom Square > = 1 di temukan .
Select Cross Section in Lofting Order : < Select Top Square > = 1 di temukan , total 2 di temukan .
Select Cross Section in Lofting Order : < enter > lalu akan muncul dialog
Masukan pilihan option [ Guides / Path / Cross Section Only ] < Cross Section Only > lalu tekan ok .
Setelah anda menekan OK .. maka kotak anda akan berkembang menjadi salah satu bentuk hasil Lofting 3-D . Sekarang anda harus membuat kotak kubus tersebut menyerupai memutar , anda dapat melihat garis persegi dari adegan tengah bawah ke adegan sudut atas persegi . Gunakan perintah Hide untuk melihat akhirnya . Ini pasti terlihat aneh bagi anda . Ambil sepasang kotak yang telah anda salin sebelumnya dan gambar garis dari pojok ke sudut menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:
Sekarang jalankan perintah Loft lagi , dan sekarang coba sesuatu yang lebih berbeda . Pilih kotak lagi sebagai penampang anda, bukannya mendapatkan default, gunakan Guides opsi G. Sekarang pilih empat baris yang akan memandu Lofting untuk membuat bentuk yang lebih baik mewakili apa yang anda inginkan .
Perintah : Loft
Select Cross Section in Lofting Order : 1 di temukan .
Select Cross Section in Lofting Order : 1 dei temukan , Total 2 di temukan .
Select Cross Section in Lofting Order : Masukan pilihan [ Guides / Path / Cross Section Only ] < Cross Section only > : G .
Select Guide Curves : 1 di temukan .
Select Guide Curves : 1 di temukan , Total 2 di temukan .
Select Guide Curves : 1 di temukan , Total 3 di temukan .
Select Guide Curves : 1 di temukan , Total 4 di temukan .
Select Guide Curves : < enter > .
Bandingkan antara kedua objek , Pada adegan ke dua harus terlihat sebuah kubus yang membengkok . Untuk mengubah cara anda melihat sesuatu , gunakan perintah Visualstyle untuk membuka palet manager visual style . Perintah tersebut akan memungkinkan anda untuk mengubah pengaturan bagaimana anda melihat objek 3-D yang sebelumnya membutuhkan pengetahuan beberapa variabel sistim .
Gunakan pengaturan yang disorot di bawah dan tekan tombol "Apply to Current Viewport" (atau klik dua kali pada salah satu kotak berwarna di adegan atas. Anda sekarang harus memiliki pandangan yang terperinci yang menggambarkan perbedaan antara objek lofted pertama dan yang kedua yang panduan yang digunakan.
Cobalah membuat lofted 3D anda sendiri. Apa pun yang dapat diekstrusi juga dapat di lofted - sehingga setiap bentuk tertutup akan bekerja. Coba lofting persegi panjang ke lingkaran. Ada banyak pilihan lain untuk perintah ini, tetapi dalam upaya untuk menjadi singkat dan mencakup dasar-dasar, kami tidak akan pergi lebih jauh ke perintah ini. Ingatlah untuk memilih penampang dalam urutan yang benar, tambahkan panduan untuk lebih mendefinisikan bentuk.
Dalam ulasan, Anda dapat melihat bagaimana ekstrusi dan lofting dua perintah sederhana yang menunjukkan banyak kekuasaan di dunia 3D. Biasakan diri anda dengan ekstrusi, sebab merupakan cara yang bagus untuk membangun sesuatu di 3D. Lofting akan memungkinkan anda untuk membuat bentuk yang lebih 'organik' yang versi sebelumnya AutoCAD.