Cara Membangun Rumah Sendiri Supaya Biayanya Murah Bab 2

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari Cara membangun rumah sendiri biar biayanya murah, silahkan membacanya untuk memperdalam pemahaman Anda perihal rumah. Sebelum aku lanjutkan di belahan 2 ini aku akan mereview kembali secara ringkas hal-hal pokok pada karya tulis tersebut, jikalau Anda sudah membaca sebelumnya, Anda sanggup eksklusif lompat ke goresan pena dibawahnya:

Ringkasan karya tulis Cara membangun rumah sendiri biar biayanya murah belahan 1:
  1. Pondasi rumah - Ada banyak sekali macam pondasi, pondasi lajur untuk rumah 1 lantai, pondasi cakar ayam untuk rumah tingkat, untuk rumah stkamur cukup itu, alasannya yakni untuk bangunan selain rumah masih ada lagi variasi pondasi sesuai kebutuhannya. Gunakan kerikil kali utk kualitas prima dengan kedalaman 60 cm, untuk menghemat biar murah alternatifnya yakni kerikil putih atau kerikil gunung, bisa juga dengan memakai batako atau batubata jikalau tidak ada dana untuk membeli batu. Yang penting Anda paham kualitas juga akan mengikuti harga.
  2. Pemilihan rangka baja - Gunakan besi minimal ukuran 8mm untuk rumah stkamur 1 lantai, atau jikalau terpaksa lantai atas rumah tingkat masih bisa memakai 8 mm untuk tiang bantu (bukan tiang utama) menyerupai kolom pada dinding kamar atau pertemuan sudut-sudut ruang, jikalau Anda bisa membeli lebih besar lebih baik misal 8 mm atau 10 mm.
  3. Kusen dan jendela serta pintu - Pilihlah jati jikalau Anda bisa membeli, atau untuk kawasan luar jawa sanggup memakai kayu Bengkirai. Jika ingin lebih murah, bisa memakai kayu mahoni, kayu mahoni warnanya anggun dan juga cukup besar lengan berkuasa untuk kusen, jendela, dan pintu. Jika masih belum cukup murah, Anda bisa menggunakna alternatif kayu lain menyerupai nangka, akasia, dll. Meskipun kualitas lebih rendah jikalau diolah dengan baik menyerupai kayu cukup kering kemudian segera dicat (tidak membiarkan kena panas dan air hujan sehabis dipasang di rumah), maka kayu akan tetap terjaga kualitasnya malahan masih lebih rendah dari kayu kelas jati dan bengkirai.
  4. Dinding - Dinding materi dari bata yakni yang terbaik untuk bangunan rumah beton, malahan tetap harus jeli menentukan bata, alasannya yakni tergantung jenis tanah dan proses pembakarannya. Jika ingin biayanya murah, gunakan batako, batako sudah cukup kuat, dan keindahannya pun sama dengan bata jikalau sudah diplester alasannya yakni nanti tidak akan kelookan, memakai batako jauh lebih murah. Untuk dinding ruangan dalam, biar biayanya lebih murah lagi, Anda sanggup memakai board, board dibentuk dari fiber semen bukan asbes sehingga kondusif untuk kesehatan. Hasil finishing juga sangat anggun sehabis dicat, materi ini sering sekali dipakai untuk partisi ruangan di kantor-kantor. Ada banyak sekali macam ketebalan, sesuaikan dengan dana yang Anda miliki.
Itulah ringkasan  cara membangun rumah sendiri biar biayanya murah belahan 1, kini mari kita lanjutkan.

Lantai

Lantai yang paling nyaman tentunya yakni lantai keramik, selain besar lengan berkuasa lantai ini juga yummy dipkamung, tapi alasannya yakni biaya itu sangat menentukan suatu bangunan, maka kita harus akil menentukan biar kita tetap sanggup membangun rumah tapi dengan biaya yang murah meriah.

Kita mulai dulu dari lantai keramik, ada banyak sekali macam jenis keramik, dari ukurannya lantai rumah sanggup memakai 30 x 30, atau 40 x 40, atau 50 x 50, aku juga pernah menemukan ada 45 x 45 tapi jarang, masih ada yang lebih besar 60 x 60 tapi ini lebih cocok untuk bangunan yang besar. Umumnya rumah 1 lantai atau 2 lantai memakai keramik 40 cm. Tapi ada banyak sekali merek di pasaran, pilihlah yang harganya tengah-tengah, jangan terlalu murah, tapi boleh saja membeli yang mahal jikalau mampu. Keramik yang terlalu murah biasanya gampang sekali tergores, bahkan hanya dengan materi menyerupai pasir yang tergeser oleh benda biasa aja sudah bisa menciptakan tabrakan apalagi terkena sudut lemari atau meja dingklik dikala memindah furniture tesebut.

Menggunakan keramik membutuhkan biaya bukan hanya untuk beli keramik saja, tapi pengerjaan yang butuh waktu biar akibatnya rapi menciptakan biaya upahnya jadi lebih tinggi, begitu pula adukan semen, akan berbeda dengan dinding belahan atas, alasannya yakni untuk menghindari kelembaban dari meresapnya air dari bawah, adonan pasir dan semen juga berbeda, misalkan 1:6 atau 1:5, alasannya yakni jikalau terlalu sedikit semen, jikalau tanahnya di kawasan lembab makan akan ada kecenderungan meresapnya air malahan tidak seberapa alasannya yakni keramik sudah sangat padat.

Lantai semen tanpa keramik

Jika belum ada uang untuk membeli keramik, Anda sanggup menciptakan lantai dengan semen biasa, biar tidak kasar, buatlah sehalus mungkin menyerupai acian pada dinding, biar gampang dibersihkan, disapu, dan dipel. Untuk memperindahnya Anda sanggup memakai karpet platik, sehingga suasana lantai akan indah menyerupai layaknya lantai keramik.

Lantai tanpa keramik ini akan lebih sering lembab apalagi jikalau adukan semennya hanya stkamur atau bahkan dihemat sehingga air akan dengan gampang masuk melalui pori-porinya. Baik lantai tanpa keramik maupun memakai keramik, biasanya ketebalan semennya berkisar antara 3 - 5 cm.

Lantai kayu

Di beberapa kawasan menyerupai luar jawa masih ada yang memakai lantai dari susunan kayu, malahan kini ini sudah ditinggalkan, bukan alasannya yakni tidak bagus, tapi alasannya yakni kayu itu sendiri yang sudah sulit didapat dan harganya pun mahal jikalau masih ada.

Lantai konblok

Bahan ini sanggup Anda gunakan untuk lantai dapur atau area terbuka belakang tempat menaruh mesin cuci, tempat cucian piring, maupun kompor. Biayanya akan lebih hemat dan murah alasannya yakni hanya disusun saja dan sanggup dipakai lagi lain waktu malahan harus Anda bongkar-bongkar.


Kamar mandi

Lantai kamar mandi

Khusus kamar mandi, gunakan adukan semen pasir 1:2 untuk lantai dan 1:4 untuk separuh dinding belahan bawah. Ini berfungsi untuk mencegah air meresap dan merembes ke belahan luar kamar mandi.

Pintu kamar mandi

Pintu kamar mandi sanggup memakai fiber, ada harga murah ada juga yang mahal, yang murah ada yang hanya 80.000, bila ingin lebih murah lagi buat saja sendiri dengan kayu reng dan seng.

Pipa sanitasi

Sanitasi itu sangat penting, tidak bisa dihindari, ini harus ada. Tapi harga pipa pvc lumayan, tapi bila Anda ingin murah, belilah pipa pvc merek biasa, malahan ini rawan pecah, solusinya yakni untuk pipa kanal dari wc dan juga pembuangan sisa air mandi sanggup Anda cor dengan adonan pasir semen stkamur, ini akan lebih hemat, kanal tetap memakai pipa pvc tapi tidak akan pecah alasannya yakni sudah dilindungi oleh cor disekelilingnya.

Sedangkan pipa untuk keran air bebas, memakai pipa merek biasapun tidak ada masalah, alasannya yakni hanya mengalirkan air dengan volume yang kecil, tetap tahan bertahun-tahun. Kaprikornus membangun rumah dengan biaya murah itu bukan berarti kualitasnya selalu rendah, semua tergantung pemahaman Anda terhadap bahan-bahan dan tipsnya. Saya justru sering menemukan, rumah mahal dengan kualitas rendah, dengan memahami ini semua, Anda justru bisa menciptakan rumah dengan kualitas prima tapi harganya lebih murah.

Atap

Atap terdiri dari rangka atap dan atap, rangka atap sanggup terbuat dari materi kayu maupun logam. Bahan kayu sudah umum digunakan, di kawasan jawa rata-rata memakai kayu glugu (kayu dari pohon kelapa), useran kayu glugu alasannya yakni harganya lebih murah tapi daya tahannya cukup kuat. Pilihlah kayu glugu yang warnanya kemerahan alasannya yakni lebih renta sehingga lebih keras, Anda juga sanggup mengukur kualitasnya dengan mencoba menekannya memakai kuku atau pkami apakah kayu tersebut keras atau rapuh. Kayu glugu tersebut dipakai sebagai rangka utama, kemudian jikalau memakai atap genteng Anda membutuhkan reng, ada banyak sekali macam variasi kayu yang bisa untuk reng, menyerupai kayu dari pohon melinjo, ini yang cukup murah dan umum digunakan, bila ingin lebih besar lengan berkuasa pilihlah reng dari kayu akasia, atau lebih baik lagi memakai kayu kalimantan menyerupai bengkirai, sesuaikan kayu reng dengan rangka utama atap biar kekuatannya seimbang.

Baru-anyar ini rangka atap mulai memakai baja ringan atau sering disebut dengan hollow metal. Atap ini ringan tetapi kuat, pemasangannya gampang dan abadi alasannya yakni tidak akan diserang bubuk. Tetapi tentunya harganya lebih tinggi dibandingkan dengan kayu biasa yang cenderung lebih murah.

Dalam membangun rumah sendiri Anda sanggup menentukan atap berupa genteng keramik, genteng beton, atau asbes. Masing-masing mempunyai kelebihan, perihal atap akan kita ulas di karya tulis yang berbeda saja.

Demikianlah cara membangun rumah sendiri biar biayanya murah belahan 2, baca juga perihal cara  cara membangun rumah sendiri dalam hal proses pembangunan, semoga informasi ini sanggup menawarkan manfaat.

Sumber http://my-much.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel