Cara Menciptakan Alat Penyiram Flora Otomatis Sederhana

Memiliki hobi bercocok tanam di pekarangan rumah maupun di dalam pot tentu memerlukan perawatan secara berkelanjutan, sebab hal ini akan besar lengan berkuasa pada penampilan tumbuhan supaya tetap dalam kondisi segar dan indah. Salah satu bentuk perawatan utama tumbuhan yaitu penyiraman air dan ini perlu dilkitakan secara teratur dalam jumlah yang proporsional. Namun yang sering menjadi duduk perkara bagi sebagian orang yaitu mereka tidak mempunyai waktu untuk menyiram tumbuhan kesayangannya. Nah, oleh sebab itu jangan khawatir dulu sebab pada goresan pena ini kami akan menyebarkan cara menciptakan alat penyiram tumbuhan otomatis sederhana yang sanggup anda lkitakan sendiri di rumah.

Mungkin anda pernah melook alat sprinkler taman otomatis di taman-taman perumahan glamor atau taman di kota-kota besar yang terpelihara dengan baik. Penyiram tumbuhan otomatis tersebut memang diciptakan untuk memudahkan acara menyiram tumbuhan sebab tidak perlu repot untuk membawa air atau meyemprotkan air dari selang keseluruh tumbuhan yang ada di sekitar area taman.

Memiliki hobi bercocok tanam di pekarangan rumah maupun di dalam pot tentu memerlukan pera Cara Membuat Alat Penyiram Tanaman Otomatis Sederhana

Nah, yang akan kami bagikan kali ini tentu bukan menciptakan alat sprinkler menyerupai  itu, tapi sebuah alat penyiram tumbuhan otomatis sederhana yang kurang lebih cara kerjanya sama dengan alat sprinkler air di tanam taman. Untuk menciptakan alat ini anda juga hanya membutuhkan alat-alat yang terdapat di sekitar rumah. 

Berikut ini alat dan materi yang anda perlukan untuk menciptakan alat penyiram otomatis untuk tumbuhan pot di rumah:
  1. Botol plastik bekas air mineral dalam kemasan berukuran 1 liter
  2. Selang kitaarium
  3. Leter T yang berfungsi untuk membagi terusan air
  4. Kapas, lem, kitaarium, kawat dan penjepit kertas
  5. Obeng dan Gunting
Setelah semua alat dan materi yang diharapkan tersedia, selanjutnya ikuti langkah-langkah pembuatannya di bawah ini :
  • Buatlah lubang di potongan tengah tutup botol dengan memakai obeng. Sesuaikan ukuran lubang tersebut dengan diameter selang plastik aquarium.
  • Kemudian masukan ujung selang plastik ke dalam lubang di tutup botol tadi.
  • Oleskan lem kitaarium di potongan dalam tutup botol. Lalu ratakan lem hingga menutup celah-celah diantara selang plastik dan tepi lubang. Tunggu hingga lemtersebut kering.
  • Lalu sumbatkan kain atau kapas ke ujung selang yang lainnya. Kapsa atau kain tersebut berfungsi sebagai regulator untuk mengatur debit air yang menetes. Jika Anda ingin menyiram beberapa pot sekaligus, buatlah cabang pada selang plastik dengan memakai leter T untuk membagi jalur air, kemudian sumbatkan kain atau kapas pada kedua ujung selang.
  • Buatlah cantelan atau gantungan di daras botol. Caranya lubangi dasar botol, kemudian buat dua lubang. Kemudian potong kawat kira-kira sepanjang 20 cm, kemudian selipkan kawat tersebut ke dua lubang itu dan rapatkan kawat oleh tang penjepit kemudian pelintir hingga keduanya menyatu membentuk sebuat jinjingan.
  • Kemudian isi botol plastik tersebut dengan air hingga penuh, bila perlu tambahkan pupuk berbetuk cairan kemudian pasangkan tutup botolnya.
  • Letakkan potongan tutup botol menghadap ke bawah sehingga posisinya jungkir balik, gantungkan botol padapkita di dinding tembok yang berdekatan dengan lokasi tumbuhan dalam pot. Kemudian arahkan ujung selang ke pangkal tumbuhan pot. bila tetesanair masih mengucur deras, jepit selang plastik dengan penjepit kertas, hingga air tersebut menete perlahan-lahan. Normalnya, kapasitas air sebanyak 1 liter tersebut sanggup bertahan 3-5 jam dan anda sanggup mengisinya kembali bila telah kosong.
Itulah tips menciptakan alat penyiram tumbuhan otomatis sederhana untuk memudahkan anda menyiram tumbuhan yang berada di dalam pot. Jika anda juga hobi bercocok tanam sayuran, anda sanggup membaca goresan pena kami yang berjudul Tanaman Hidroponik Solusi Praktis Bercocok Tanam Di Rumah, terima kasih telah berkunjung, supaya bermanfaat ;)

sumber : iDEA

Sumber http://ide-rumahku.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel