5 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan


Pemberian warna memakai cat yaitu trik termudah untuk memperoleh tampilan ciamik tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal. Ruangan akan terkesan berantakan dan kurang estetik bila tembok tidak diberi cat atau hiasan apa pun. Selain karena seni ruangan, adanya cat tembok, terutama cat waterproof, menambah kekuatan untuk mencegah kelapukan atau kebocoran di dinding. Maka dari itu, dinding di dalam sebuah ruangan wajib diberi cat. Warna yang digunakan pun perlu menyesuaikan tema ruangan. 5 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan
 5 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan
Tidak cuma menyentuh polesan warna polos di dinding, ada cara memperindah dinding lain yang dapat sobat lakukan agar memperoleh hasil yang berbeda. Teknik mengecat dinding ini bisa dikerjakan sendiri atau bersama teman-temanmu. Nah, berikut ini adalah banyak trik mengecat tembok anti-mainstream yang dapat kamu aplikasikan. Pokoknya, hasilnya akan buat kamu melongo!


Pakai roller cat tembok yang dilengkapi motif


Dinding dengan warna cat rumah monoton bisa teman ganti menjadi bermotif, lho. Trik pewarnaan tembok ini dengan menggunakan roller cat bercorak. Pilih area tembok yang ingin kamu cat. Cek terlebih dahulu bahwa lantai dan peralatan sekitar tembok sudah teman tutupi dengan kain atau koran.
 5 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan
Perlu diperhatikan, trik mengecat tembok seperti ini tidak sama dari cara pada umumnya. Kalau kamu seringnya melakukan pengecatan tembok dengan arah yang acak acakan dari awal hingga akhir, sobat harus mengecat dengan arah yang searah dari permulaan hingga akhir.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Mulailah untuk pengecatan secara simetris. Jika teman memulai teknik pengecatan dinding dari arah atas ke bawah, lakukanlah trik itu sampai akhir. Alasannya adalah agar corak pada tembok memiliki nilai estetik.


Sapu jerami untuk beri garis


Tidak hanya bercorak indah nan lucu, kamu dapat membuat tembok yang memiliki corak tanpa harus melakukan pengecatan lagi. Untuk melakukan trik pengecatan tembok ini, sobat cuma memerlukan sapu jerami. Awali dengan teknik mengecat tembok menggunakan cat polos terlebih dahulu memakai warna yang teman pilih hingga beberapa lapis. Saat lapis paling akhir, diamkan beberapa saat dan hindari terlalu lama supaya cat masih basah.
 5 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan
Sentuhan akhir, gunakan bagian bawah sapu jerami dan tekan dengan kedua tanganmu sampai pipih. Tempelkan ujung bawah sapu jerami ke tembok yang masih agak basah. Tarik jerami dari atas ke bawah hingga membentuk garis lurus.
Ulangi trik pengecatan tembok itu hingga selesai. Garis yang terbentuk tidak perlu lurus. Cara mengecat dinding memakai sapu jerami ini akan menghasilkan tembok yang terlihat seperti wallpaper dinding tembok.


Pakai Spons untuk ilusi batu bata ekspos


Teman dapat membuat batu bata ekspos pada tembok tanpa wajib merusak dinding dan menyusunnya ulang. Alat yang dibutuhkan pada cara mengecat tembok ini adalah spons berbentuk persegi. Tentukan lebar dan panjang spons, kemudian buatlah sesuai dengan luas dinding yang akan diberi motif.
 5 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan
Pilih warna cat tembok yang mirip warna batu bata. Celupkan permukaan spons ke dalam cat dan tempelkan di dinding. Kerjakan dengan intuisi|teliti} dan tenang agar motif batu bata eksposnya terlihat realistis. Dengan teknik pengecatan tembok ini, tamu yang berkunjung ke rumahmu akan mengira kalau tembokmu benar-benar memakai batu bata ekspos.


Motif bintang memakai kertas


Teknik pengecatan dinding satu ini bisa dibilang paling murah meriah. Selain memakai cat, anda cuma memerlukan kertas dan kuas kecil. Mulailah trik pengecatan tembok ini dengan membuat corak bintang yang teman pilih di kertas. Potong kertas bagian dalam sehingga membentuk cetakan bintang misalnya.
 5 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan
Lekatkan kertas cetakan memakai perekat yang bisa dipindah pada tembok. Cat tembok pada bagian kertas yang berlubang dengan rapi. Agar cara mengecat tembok ini mendapatkan corak yang enak dipandang mata, kira kirakan motif bintang tersebut dengan jarak yang kurang lebih sama satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre memakai selotip


Berbagai cara pengecatan tembok memang bermacam macam. Diantaranya dengan memanfaatkan selotip. Penggunaan selotip dapat memudahkan anda memperoleh corak mozaik yang cantik di tembok. Dimulai dengan trik pengecatan tembok ini, sediakan selotip dan macam macam cat dinding berwarna selaras. Lekatkan selotip membentuk pola mozaik yang anda ingin buat. Lantas, cat bagian-bagian dinding yang telah dipisahkan oleh selotip.
 5 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan
Tunggu cat sampai kering. Setelah itu, lepas selotip perlahan. Tara..! Jadilah tembok mozaik ombre karya sendiri. Teman dapat menciptakan ide melakukan teknik pengecatan dinding ini dengan pemilihan warna atau mozaik yang kamu ingin. Jangan sampai teman mengecat sampai keluar dari area yang sudah ditentukan, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Teknik mengecat ruangan dua warna dalam 6 langkah mudah
Kawan akan membutuhkan:
Semua perlengkapan yang Anda butuhkan untuk mengecat tembok berbagai warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Langkah 1: Mulai dengan pengukuran


Gunakan titik pada posisi Kamu ingin dinding dua warna Teman bertemu
Awalnya, Kawan harus menandai di mana titik pertemuan yang Sobat maksud untuk dua warna yang Kamu tentukan di dinding Kamu. Menggunakan meteran dan pensil, beri tanda tingginya dengan jarak yang sama di seluruh dinding.


Langkah 2: Pakailah warna yang lebih terang


Aplikasikan warna yang lebih muda ke dinding terlebih dahulu. Pakailah rol cat Kamu, cat warna yang lebih hidup di setengah tembok yang Anda mau, dan cat agak lebih ke arah titik temu yang Kamu inginkan. Tunggu cat sampai kering.


Langkah 3: Tandai dengan kapur


Tandai ulang garis pada dua warna Sobat akan dipisah memakai kapur dan tali. Gunakan kapur untuk menutupi seluruh sisi tali. Tarik tali sepanjang dinding, hubungkan titik-titik yang sudah Sobat tandai memakai pensil. Lekatkan dengan ujung tali memakai pita penutup. Cek apakah talinya sudah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang tembok.


Keempat: Tutup menggunakan Selotip


Tempelkan pita penutup di sepanjang garis kapur ketika cat telah  kering. Pastikan cat dengan warna pertama telah  benar-benar kering. Kemudian tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Langkah 5: Gunakan warna yang lebih gelap


Gunakan rol cat Anda, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian dinding kedua. Gunakan kuas cat untuk memastikan Sobat mengecat pada bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Lepaskan pita penutup untuk menampakkan hasil akhir tembok dua warna Kamu
Ketika cat masih basah, copot pita penutup untuk melihat hasil akhir desain tembok dua warna Anda.

Nah itulah 5 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan. Semoga dapat memotivasi kamu untuk mengecat hunian teman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel