9 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang


Pengecatan adalah cara tergampang untuk mendapatkan view menarik tanpa perlu merogoh biaya mehong. Ruangan akan terkesan tidak bagus dan tidak terlihat indah kalau tembok tidak diberi cat atau aksesoris yang mempercantik. Selain karena estetika ruangan, adanya cat tembok, terlebih cat waterproof, menambah kekuatan untuk mencegah rusak atau kebocoran pada tembok. Alasan itulah, dinding di dalam sebuah ruangan perlu diberi cat. Warna yang digunakan pun harus menyesuaikan tema kamar. 9 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
 9 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Tidak cuma menggoreskan polesan warna polos pada dinding, ternyata banyak trik mengecat dinding lain yang dapat sobat lakukan untuk hasil yang unik. Trik mengecat tembok ini bisa dilakukan sendiri atau bersama teman-temanmu. Nah, berikut ini adalah banyak trik pengecatan tembok yang unik yang bisa anda lakukan. Dijamin, hasilnya bakal bikin kamu terkagum kagum!


Pakai roller cat tembok yang dilengkapi corak


Ruangan dengan warna cat rumah monoton dapat teman rombak menjadi bermotif, lho. Teknik pengecatan tembok ini adalah dengan menggunakan roller cat yang sudah ada motifnya. Pilih lokasi tembok yang ingin anda cat. Cek terlebih dahulu bahwa lantai dan perabotan sekitar tembok sudah teman lindungi dengan kain atau koran.
 9 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Harus diperhatikan, cara mengecat dinding jenis ini tidak sama dengan trik pada umumnya. Jika sobat seringnya melakukan pengecatan dinding dengan arah yang acak acakan dari awal sampai akhir, teman perlu mengecat dengan arah yang searah dari awal sampai selesai.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Mulailah untuk mengecatnya secara simetris. Jika teman memulai trik mengecat dinding dari arah atas ke bawah, kerjakan teknik itu hingga selesai. Alasannya adalah agar motif di tembok tidak berantakan.


Sapu jerami untuk beri garis


Selain memakai motif cantik, kamu bisa menciptakan tembok yang mempunyai corak tanpa wajib melakukan pengecatan lagi. Untuk melakukan trik pengecatan dinding ini, anda hanya memerlukan sapu jerami. Mulailah cara mengecat tembok dengan cat polos terlebih dahulu memakai warna yang sobat pilih hingga beberapa lapis. Pada lapis paling akhir, tunggu sejenak dan hindari terlalu lama supaya cat masih basah.
 9 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Selanjutnya, pakailah ujung sapu jerami dan pegang dengan kedua tanganmu sampai pipih. Tekan pucuk bawah sapu jerami ke dinding yang bercat basah. Seret jerami dari atas ke bawah sampai timbul bekas garis lurus.
Ulangi langkah mengecat tembok tersebut hingga akhir. Garis yang terukir tidak harus lurus. Teknik mengecat dinding memakai sapu jerami ini akan menghasilkan tembok yang nampak layaknya wallpaper dinding tembok.


Pakai Spons untuk membuat ilusi batu bata ekspos


Teman dapat berkreasi dengan batu bata ekspos pada tembok tanpa perlu menjebol tembok dan membangunnya ulang. Alat yang dipakai untuk pengecatan dinding ini adalah spons berbentuk persegi. Ukur lebar dan panjang spons, kemudian sesuaikan dengan luas tembok yang akan dicat.
 9 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Pilih warna cat tembok yang menyerupai warna batu bata. Masukkan permukaan spons ke dalam cat dan tempelkan di tembok. Lakukan dengan intuisi|teliti} dan tenang agar motif batu bata eksposnya terlihat batu bata sungguhan. Dengan teknik pengecatan dinding ini, orang yang berkunjung ke dinding ruangan akan menyangka bahwa dinding ruangan benar-benar memakai batu bata ekspos.


Motif bintang memakai kertas


Cara mengecat tembok satu ini terbilang paling murah. Selain menggunakan cat, kamu cuma memerlukan kertas dan kuas mini. Mulailah cara pengecatan dinding ini dengan menggambar motif bintang yang anda tentukan di kertas. Potong kertas bagian dalam jadi membentuk cetakan berbentuk bintang misalnya.
 9 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Lekatkan cetakan tadi menggunakan perekat yang dapat dilepas pada tembok. Warnai dinding di bagian kertas yang berlubang dengan hati hati. Trik supaya cara pengecatan tembok ini menghasilkan corak yang enak dipandang mata, kira kirakan motif bintang tersebut dengan jarak yang selaras satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre memakai selotip


Ragam trik mengecat dinding memang banyak caranya. Salah satunya dengan memanfaatkan selotip. Penggunaan selotip bisa memudahkan kamu memperoleh motif mozaik yang cantik pada tembok. Dimulai dengan teknik pengecatan tembok ini, sediakan selotip dan beberapa cat dinding memiliki warna sesuai. Tempelkan selotip menjadi pola mozaik yang kamu ingin buat. Lalu, aplikasikan bagian-bagian tembok yang sudah dipisahkan dengan selotip.
 9 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Tunggu cat hingga kering. Sesudah itu, kupas selotip perlahan. Tara..! Sobat pasti terpesona memandang tembok mozaik ombre karya sendiri. Sobat bisa menciptakan ide mengerjakan cara mengecat tembok ini dengan memilih warna atau mozaik yang kamu suka. Hati hati Jangan sampai sobat mengecat hingga keluar dari area tembok, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Teknik mengecat tembok dua warna dalam 6 langkah mudah
Kawan akan membutuhkan:
Seluruh alat yang Kawan perlukan untuk mengecat tembok dua warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Langkah 1: Mulai dengan pengukuran


Tandai titik di mana Kamu ingin dinding dua warna Kamu bertemu
Awalnya, Kawan harus menentukan pada titik pertemuan yang Teman maksud untuk dua warna yang Teman tentukan di dinding Sobat. Dengan meteran dan pensil, tandai tingginya dengan jarak yang sama di seluruh dinding.


Kedua: Dasari warna yang lebih terang


Aplikasikan warna yang lebih muda ke tembok terlebih dahulu. Pakailah rol cat Kamu, cat warna yang lebih terang di setengah tembok yang Kamu mau, dan cat sedikit lebih ke arah titik temu yang Kamu mau. Tunggu cat hingga kering.


Langkah 3: Tandai memakai kapur


Tandai ulang garis di mana dua warna Anda akan dibagi memakai kapur dan tali. Pakai kapur untuk menutupi semua sisi tali. Tarik tali sepanjang tembok, gabungkan titik-titik yang sudah Teman tandai memakai pensil. Lekatkan dengan ujung tali dengan pita penutup. Cek apakah talinya telah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang tembok.


Keempat: Tutup menggunakan Selotip


Tempelkan pita penutup pada sepanjang garis kapur saat cat telah  kering. Pastikan cat dengan warna pertama sudah  benar-benar kering. Kemudian tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Kelima: Aplikasikan warna yang lebih gelap


Pakai rol cat Teman, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian dinding kedua. Pakai kuas cat untuk memastikan Kamu mengecat di bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Buka pita penutup untuk menampakkan hasil akhir tembok dua warna Kamu
Ketika cat masih basah, lepas pita penutup untuk melihat hasil akhir desain dinding dua warna Teman.

Nah itulah 9 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang. Semoga dapat menginspirasi anda untuk pengecatan hunian anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel