10 Tips Mencegah Rumah Dibobol Maling

10 Tips Mencegah Rumah Dibobol Maling Perampokan selalu menjadi momok yang mengkhawatirkan untuk pemilik rumah. Tetapi trik terbaik apa untuk menjadikan rumah teman tetap aman? Kemungkinan besar kamu telah memasang alarm system (kalau tak, lakukan segera), atau mungkin anda mempunyai hewan penjaga mempatroli rumah anda juga. Statistik membuktikan bahwa banyak perampok masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. So memiliki pintu itu harusnya terkunci dan aman. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat digunakanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 10 Tips Mencegah Rumah Dibobol Maling
Ambil pintu yang kokoh. Jika pintu depan dan belakang teman lemah, teman wajib memperkuat secepatnya. Bagaimana Trik untuk teman tahu bahwa pintu anda rentan? Bisa dengan diketuk saja. Pintu mudah dibobol cuma lapisan kayu tipis dengan kardus pada bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar wajib keras dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan asli
Inti kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: cek terlebih dahulu pintu besi didukung bagian intinya, dan memiliki sesuatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (beton bata kuat). Jika tidak, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Jika memasang pintu dan kerangka baru, tentukan untuk memakai pintu kaca yang memiliki serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk meredam pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Ganti semua pintu luar yang memiliki kaca dengan pintu tanpa kaca. Untuk keamanan maksimal, semua pintu kudu tak berjendela, dan teman ngga ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi pencuri dapat merusak jendela kemudian membongkar pintu dengan gampang.

Kalau kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdekatan, perkuat kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang ngga dapat dibongkar yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar perampokan, pencuri membobol rumah korban menggunakan pintu yang tidak terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi sia-sia jika kamu tidak menggunakannya. Kunci seluruh pintu pada bagian luar setiap waktu kamu pergi keluar – walau kamu cuma pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib memiliki kunci deadbolt didukung memakai kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt wajib mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya perlu terinstal dengan tepat. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu harus diganti
 10 Tips Mencegah Rumah Dibobol Maling
Pasang deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan ekstra saat teman berada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tidak memiliki kuncinya. Ini mungkin bisa dilihat dengan jelas pada pintu kalau dilihat dari luar, namun kunci ini ngga dapat dibuka tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tak akan membantumu secara instan saat anda tidak berada di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah termudah memperkuat pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat berkreasi atau mencari online sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya agar ngga bergeser. Paling tak, letakkan sebuah tongkat (kayu penyangga, misalnya) pada bagian bawah pintu supaya tidak bisa terbuka. Langkah apapun yang teman gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang ditulis pada langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkuat Jalan Masuk Kamu

Gunakan pengaman dari silinder di samping kunci silinder (bagian dimana teman memasukkan kunci teman) Pencuri seringkali bisa merusak atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dan sebagainya. Jaga kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau ring pelindung pada kedua sisi pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tidak bisa dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah pemakaian pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan tips ini, tetapi kalau punya teman belum ada, teman bisa membelinya.
 10 Tips Mencegah Rumah Dibobol Maling

Perkuat srike plate yang telah renta. Strike plate merupakan batang besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar bagusnya memiliki pengaman besi strike plate yang keras yang dilengkapi dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan strike plate berkualitas rendah atau strike plate yang terpasang menggunakan baut pendek.
 10 Tips Mencegah Rumah Dibobol Maling
Lindungi engsel yang tak terlindungi. Engsel harus berada pada bagian dalam pintu. Jika punya anda tak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tak dapat dicopot. Kamu dapat melakukannya dengan langkah mencopot paling tidak 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang tak dapat dilepas (anda dapat menemuinya di toko perkakas) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tidak terlihat juga perlu diamankan di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 10 Tips Mencegah Rumah Dibobol Maling
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kuat dan berkualitas tinggi, terpampang kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kokoh dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu di dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib mengenai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat gampang untuk dibobol, jadi gunakan langkah yang sama pada pintu diantara garasi teman dan rumah kamu layaknya pintu depan anda. Kunci juga pintu teman ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan furniture lainnya perlu perawatan dari waktu ke waktu, dan pintu yang tidak diperhatikan dengan benar akan membuat pencuri lebih gampang membobol rumah teman. Khususnya, cek bahwa jalur pada pintu geser masih baik dan pintunya menempati rel.
Jangan biarkan kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Sehebat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci kamu. Simpan kunci anda sendiri. Jika kamu perlu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada tempat kunci bermutu yang dipasang dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan membuat rumah kamu layaknya kastil. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam urusan mereka, namun mereka wajib mempunyai jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat diselamatkan karena rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci anda pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya anda mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga anda, dan harta benda kamu, tetapi jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, kamu masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan teman memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat teman tak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu gampang jika kamu tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Namun, setidaknya kamu sudah mencoba untuk mempersulit kemungkinan untuk pencuri menggondol barang kita dengan gampang.

Terima kasih telah membaca 10 Tips Mencegah Rumah Dibobol Maling, semoga bermanfaat. Happy long Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel