11 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

11 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Perampokan selalu jadi momok yang mengkhawatirkan untuk pemilik rumah. Tetapi trik paling mudah seperti apa untuk menjadikan rumah teman tetap terlindungi? Paling simpel teman sudah memasang alarm system (jika tidak, bergegaslah), atau mungkin kamu mempunyai anjing penjaga mempatroli rumah anda juga. Survei menunjukkan kalau banyak perampok masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu tersebut harusnya terkunci dan kokoh. Di bawah ini adalah salah satu tips yang dapat dilakukanSudahkah Anda Mempunyai Pintu yang Anti Maling?
 11 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Buatlah pintu yang kokoh. Kalau pintu depan dan belakang teman lemah, teman wajib memperbaikinya saat mendekati waktu liburan. Seperti apa Caranya kamu tahu bahwa pintu anda wajib direnovasi? Bisa dengan diketuk saja. Pintu gampang dibobol cuma lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar perlu solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan asli
Bagian dalam kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: pastikan pintu besi ditopang bagian as-nya, dan memiliki suatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (beton bata keras). Kalau ngga, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai alat pencurian.

Jika memasang pintu menggunakan kerangka baru, hitung juga untuk menggunakan pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk menolak benturan dari pencuri rumah kosong yang masuk kalau suasana sepi.

Ganti semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimal, semua pintu wajib ngga berkaca, dan teman tidak ada jendela yang berdampingan dengan pintu sehingga orang jahat dapat masuk melalui jendela dan membuka pintu dari dalam.

Kalau anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, tutupi kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tak dapat dibongkar yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar pencurian saat liburan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah korban memakai pintu yang tak dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi sia-sia jika anda tidak menguncinya. Kunci seluruh pintu bagian luar kapanpun kamu pergi berlibur – walau kamu hanya pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu mempunyai kunci deadbolt ditambah dengan kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt wajib memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling tak sepanjang 2,5cm. Kuncinya kudu dipasang dengan tepat. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu wajib diperkuat
 11 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Pasang deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan ekstra ketika teman ada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan terang pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini tidak dapat dihajar tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan menolongmu secara langsung saat anda tak berada di rumah, kunci ini sangat mudah dilihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah terkeren memperkuat pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat berkreasi atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya supaya ngga pindah posisi. Paling tak, taruh sebuah tongkat (kayu silinder tebal, misalnya) di bagian bawah pintu supaya tidak bisa dibuka paksa. Trik apapun yang kamu gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah sebelumnya.

Memperkeras Akses Masuk Anda

Gunakan pengaman silinder yang ada di sekitar kunci silinder (bagian tempat kamu memasukkan kunci anda) Orang tidak bertanggungjawab seringkali dapat menghancurkan atau mencopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dsb. Jaga kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya ngga mudah dicopot. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan ini, namun kalau punya anda belum ada, teman dapat membelinya.
 11 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

Rubah srike plate yang sudah rapuh. Strike plate merupakan plate besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar harus mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang dipasang dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Banyak rumah dilengkapi dengan palang besi dengan mutu rendah atau palang besi yang terpasang menggunakan baut pendek.
 11 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Lindungi engsel yang ngga terlindungi. Engsel wajib ada pada bagian dalam pintu. Kalau milik teman ngga di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang ngga dapat dilepas. Kamu dapat melakukannya dengan langkah mencopot paling ngga 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tidak dapat dicopot (kamu bisa mendapatkannya di toko bangunan) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga nampak juga harus diamankan di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 11 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu anda kokoh dan bermutu tinggi, terpasang kunci yang kuat, seorang pencuri masih bisa membobol rumah dengan menghancurkan atau membobol kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat bisa dengan mudah memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu tertancap di dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dibuka, jadi perlakukan langkah yang mirip pada pintu diantara garasi teman dan rumah teman layaknya pintu bagian luar teman. Kunci juga pintu teman ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan jendela lainnya butuh perawatan setiap waktu, dan pintu yang tak diperhatikan dengan baik akan menciptakan kemungkinan lebih mudah memasuki rumah teman. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi baik dan pintunya menempati rel.
Jangan biarkan kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Selihai apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci anda. Letakkan kunci kamu sendiri. Jika kamu harus meninggalkan kuncinya di luar, taruh di tempat kunci bermutu yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah anda layaknya kerajaan. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang ahli dalam urusan mereka, namun mereka perlu mempunyai jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa ditolong sebab rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci anda pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terkuat akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga anda, dan harta benda anda, tetapi jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, kamu masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku menjadikan kamu tak dapat menikmati hidup teman.

Membuka gembok itu mudah jika anda tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, setidaknya kita telah berusaha untuk mempersulit kemungkinan untuk pencuri mengambil barang dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca 11 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga berfaedah. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel