16 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

16 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan Perampokan selalu menjadi momok yang mengkhawatirkan untuk pemudik. Tetapi cara paling mudah seperti apa untuk menjadikan rumah teman tetap aman? Paling mudah anda sudah menggunakan alarm system (kalau ngga, kamu bisa mempertimbangkannya lagi), dan mungkin anda memiliki anjing penjaga mempatroli rumah kamu juga. Statistik membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. Jadi mempunyai pintu tersebut tetap terkunci dan keras. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukanSudahkah Kamu Memiliki Pintu yang Kuat?
 16 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Buatlah pintu yang kuat. Jika pintu depan dan belakang teman lemah, anda wajib memperkuat secepatnya. Bagaimana Trik untuk teman tahu kalau pintu kamu lemah? Cukup mengetuknya saja. Pintu rentan maling cuma lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar wajib solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu keras
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: tentukan pintu besi ditopang bagian as-nya, dan mempunyai sesuatu yang disebut sebagai lock block (beton bata kokoh). Jika tak, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai alat pencurian.

Kalau memasang pintu menggunakan kerangka baru, pertimbangkan untuk memakai pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk meredam pukulan palu dari orang-orang yang masuk di saat liburan.

Perbaiki semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimum, seluruh pintu perlu tak berkaca, dan anda tidak ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi orang jahat dapat masuk melalui jendela dan membongkar pintu dari dalam.

Kalau teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdampingan, backingi kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tak bisa dibongkar yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar pencurian ketika liburan, pencuri membobol rumah korban memakai pintu yang tak dikunci dengan benar. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi tidak berguna kalau teman tidak menguncinya. Kunci semua pintu bagian luar setiap waktu kamu pergi hangout – bahkan jika teman cuma pergi beberapa saat saja.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu mempunyai kunci deadbolt ditambah memakai kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt wajib mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras yang tidak menggunakan sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling tak sepanjang 2,5cm. Kuncinya harus terinstal dengan tepat. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang memiliki panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci itu wajib diganti
 16 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Terapkan deadlock.

Menambah kunci tambahan akan menambah keamanan tambahan saat kamu ada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ yaitu deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin bisa dilihat dengan mudah pada pintu kalau dilihat dari luar, namun kunci ini tak dapat didobrak tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tidak akan membantumu secara langsung saat teman ngga berada di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara termudah memperkuat pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Kamu juga bisa membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya supaya tidak pindah posisi. Paling tak, taruh sebuah tongkat (kayu penyangga, misalnya) di bagian bawah pintu supaya tidak dapat terbuka. Langkah apapun yang anda gunakan, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah sebelumnya.

Memperkuat Akses Masuk Kamu

Gunakan pengaman dari silinder yang ada di samping kunci silinder (bagian tempat teman memasukkan kunci anda) Pencuri seringkali dapat merusak atau menyopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar tidak dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari pemakaian pipa untuk melepas silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan tips ini, namun kalau punya anda belum ada, kamu dapat membelinya.
 16 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

Ganti srike plate yang telah rapuh. Strike plate adalah plate besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang dipasang dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dilengkapi dengan palang besi berkualitas rendah atau palang besi yang terpasang dengan baut pendek.
 16 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Amankan engsel yang tidak terlindungi. Engsel perlu berada di bagian dalam pintu. Kalau milik anda tak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang ngga dapat dicopot. Kamu dapat melakukannya dengan langkah mencopot paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tidak dapat dicopot (anda bisa membelinya di toko perkakas) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang ngga nampak juga perlu diperkuat pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 16 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kokoh dan bermutu tinggi, terpampang kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih bisa merangsek masuk rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kokoh dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu mengenai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dibobol, jadi perlakukan langkah yang sama pada pintu diantara garasi teman dan rumah anda layaknya pintu bagian luar kamu. Kunci juga pintu teman ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan furniture lainnya perlu perawatan kapanpun, dan pintu yang tidak dijaga dengan baik akan menciptakan kemungkinan lebih gampang memasuki rumah teman. Terlebih, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi bagus dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan biarkan kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Sehebat apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan bertemu kunci kamu. Letakkan kunci anda tersendiri. Jika kamu wajib meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada kotak kunci bermutu yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah teman seperti kastil. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam urusan mereka, tetapi mereka wajib mempunyai jalur mudah layaknya jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa diselamatkan karena rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci anda pada kerabat, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terbaik akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga anda, dan harta benda teman, namun jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, kamu masih dapat menjadi korban pada suatu saat, dan teman mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku menjadikan kamu tak dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu mudah kalau anda tahu cara melakukannya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, paling tidak kita telah mencoba untuk menutup peluang untuk pencuri mengambil barang kita dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca 16 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan, semoga berfaedah. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel