16 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri

16 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Perampokan selalu menjadi suatu yang menakutkan untuk pemudik. Tetapi trik terbaik apa untuk menjadikan rumah teman tetap terjaga? Paling simpel kamu sudah memasang alarm system (kalau tak, kamu dapat mempertimbangkannya lagi), atau mungkin teman mempunyai hewan penjaga menjaga rumah kamu juga. Poling membuktikan kalau banyak pencuri masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. So buat pintu itu tetap terkunci dan kokoh. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Tepat?
 16 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri
Buatlah pintu yang keras. Jika pintu depan dan belakang anda lemah, teman kudu memperkuat secepatnya. Seperti apa Trik untuk kamu tahu kalau pintu anda lemah? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu tidak aman cuma lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan asli
Bagian dalam kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: tentukan pintu besi ditopang bagian intinya, dan mempunyai sesuatu yang disebut sebagai lock block (batu bata kuat). Kalau ngga, pencuri dapat membelokkan dengan mudah kusen pintu memakai alat pencurian.

Jika mengganti pintu dan kerangka baru, perkirakan juga untuk menggunakan pintu kaca berserat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menahan benturan dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Rombak semua pintu luar yang memiliki kaca dengan pintu tanpa jendela. Untuk tambahan keamanan maksimum, semua pintu harus ngga berkaca, dan anda tak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga orang jahat bisa masuk melalui jendela dan membongkar pintu dari dalam.

Kalau kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdampingan, lapisi kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tidak dapat dibongkar yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar pencurian saat liburan, pencuri membongkar rumah target menggunakan pintu yang tak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan menjadi sia-sia jika anda ngga menguncinya. Kunci seluruh pintu pada bagian luar setiap waktu anda pergi berlibur – bahkan jika anda cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib memiliki kunci deadbolt plus memakai kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt perlu memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak menggunakan sekrup yang bisa dilihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya wajib terinstal dengan kuat. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut harus dibuang
 16 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri
Pasang deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memberikan keamanan tambahan saat teman ada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan terang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat dihajar tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan menolongmu secara instan ketika anda ngga di rumah, kunci ini sangat mudah terlihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah termudah memperkuat pintu geser yaitu dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat berkreasi atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya agar tidak bergeser. Paling ngga, letakkan sebuah tongkat (kayu silinder tebal, contohnya) pada bagian bawah pintu supaya ngga dapat dibuka paksa. Trik apapun yang kamu pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah pengamanan di atas.

Memperkeras Akses Masuk Anda

Pakai pengaman silinder di sekitar kunci silinder (bagian tempat anda memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab terkadang bisa menghancurkan atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dsb. Jaga kuncinya memakai besi pengaman kunci atau silinder pelindung di kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tidak dapat dicopot. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci telah terpasang dengan tips ini, tetapi kalau punya kamu belum ada, anda bisa membelinya.
 16 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri

Rubah srike plate yang telah rapuh. Strike plate merupakan plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar kudu mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang terpasang dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Banyak rumah dilengkapi dengan palang besi dengan mutu rendah atau palang besi yang dipasang memakai baut pendek.
 16 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri
Lindungi engsel yang tak aman. Engsel wajib berada di bagian dalam pintu. Jika punya teman tak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tidak dapat dicopot. Kamu bisa melakukannya dengan cara mencopot paling tak 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang ngga dapat dicopot (kamu bisa menemuinya di toko hardware) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga harus diamankan pada kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 16 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu teman keras dan memiliki kualitas tinggi, diperkokoh kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih dapat merangsek masuk rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kokoh bisa dengan mudah menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya harus mengenai dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dibuka, jadi pakailah langkah yang mirip pada pintu diantara garasi anda dan rumah anda layaknya pintu depan teman. Kunci juga pintu anda saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah di mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan perangkat keras lainnya memerlukan perhatian dari waktu ke waktu, dan pintu yang ngga dijaga dengan baik akan menciptakan peluang lebih gampang membobol rumah anda. Khususnya, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi bagus dan pintunya menempati jalur.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci teman. Letakkan kunci teman sendiri. Jika anda harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada kotak kunci berkualitas yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah anda layaknya kastil. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam urusan mereka, tetapi mereka perlu memiliki jalur mudah layaknya jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat ditolong karena rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci paling keras akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya anda mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga anda, dan harta benda kamu, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, anda masih bisa menjadi korban pada suatu ketika, dan kamu memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat kamu tak bisa melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu mudah kalau anda tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Namun, paling tidak kamu telah berusaha untuk mempersulit kemungkinan untuk pencuri menggondol barang kita dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca 16 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga berguna. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel