20 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

20 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Pencurian saat berlibur selalu jadi momok yang mengkhawatirkan bagi pemilik rumah. Namun cara terbaik apa untuk membuat rumah sobat tetap aman? Kemungkinan besar kamu telah memakai alarm system (kalau ngga, lakukan segera), atau mungkin kamu mempunyai anjing penjaga menjaga rumah kamu juga. Survei menunjukkan bahwa banyak perampok masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. So buat pintu tersebut harusnya terkunci dan aman. Berikut ini adalah salah satu tips yang bisa digunakanApakah Kamu Memiliki Pintu yang Tepat?
 20 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Ambil pintu yang kokoh. Jika pintu depan dan belakang kamu lemah, kamu wajib memperbaikinya jika ditinggal libur panjang. Bagaimana Trik untuk anda ngerti bahwa pintu teman rentan? Cukup diketuk saja. Pintu tidak aman hanyalah lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat keras dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Inti kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi diperkuat bagian as-nya, dan memiliki sesuatu yang disebut sebagai lock block (batu bata kuat). Jika ngga, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai alat pencurian.

Kalau memasang pintu memakai kerangka baru, pertimbangkan untuk memakai pintu kaca yang memiliki serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini mencegah untuk menolak pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Perkuat semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimum, semua pintu kudu ngga berkaca, dan kamu tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi orang jahat dapat masuk melalui jendela dan membongkar pintu dengan gampang.

Jika teman memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, tutupi kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tidak bisa dibongkar yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar perampokan, pencuri memasuki rumah korban melewati pintu yang ngga terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi sia-sia jika anda tidak memakainya. Kunci semua pintu bagian luar setiap waktu anda pergi hangout – walau teman cuma pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt didukung dengan kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt perlu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh tanpa adanya sekrup yang terlihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling ngga mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya wajib dipasang dengan benar. Biasanya rumah memiliki kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci itu wajib dibuang
 20 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Terapkan deadlock.

Menambah kunci tambahan akan menambah keamanan tambahan saat anda berada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan terang pada pintu kalau dilihat dari luar, namun kunci ini tidak bisa dihajar tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tak akan membantumu secara langsung ketika teman tidak berada di rumah, kunci ini sangat mudah dilihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan maju mundur untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara terbaik mengamankan pintu geser yaitu dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga bisa berkreasi atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya agar ngga pindah posisi. Paling tidak, letakkan sebuah tongkat (kayu silinder tebal, misalnya) di bagian bawah pintu supaya ngga dapat terbuka. Trik apapun yang anda pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah di atas.

Memperkuat Pintu Masuk Anda

Terapkan pengaman dari silinder yang ada pada samping kunci silinder (bagian dimana teman memasukkan kunci teman) Pencuri seringkali dapat menghancurkan atau mempreteli kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar memakai linggis dsb. Lindungi kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau ring pelindung di kedua sisi pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tak dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari pemakaian pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci telah terpasang dengan tips ini, namun jika punya kamu belum ada, teman bisa membelinya.
 20 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

Perkuat srike plate yang telah renta. Strike plate adalah batang besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar harus memiliki pengaman besi strike plate yang keras yang dilengkapi dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dilengkapi dengan palang besi berkualitas rendah atau palang besi yang dipasang dengan baut pendek.
 20 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Perkuat engsel yang tidak aman. Engsel kudu berada di bagian dalam pintu. Jika punya anda tidak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tak dapat dilepas. Kamu dapat mengerjakannya dengan cara melepas paling ngga 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang ngga bisa dicopot (teman dapat membelinya di toko perkakas) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga wajib diperkuat di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 20 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu anda kuat dan mempunyai kualitas tinggi, diperkokoh kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang keras bisa dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib tertancap di dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dibuka, jadi gunakan langkah yang sama pada jalan masuk diantara garasi kamu dan rumah teman seperti pintu depan anda. Kunci juga pintu anda saat dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan perangkat keras lainnya membutuhkan perhatian dari waktu ke waktu, dan pintu yang tak diperhatikan dengan baik akan menciptakan peluang lebih mudah membobol rumah kamu. Terutama, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya menempati rel.
Jangan biarkan kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Sehebat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci teman. Simpan kunci teman sendiri. Kalau teman wajib meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di tempat kunci bermutu yang diposisikan dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan membuat rumah kamu seperti benteng. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam urusan mereka, namun mereka wajib mempunyai jalur lain seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa diselamatkan sebab rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci anda pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga teman, dan harta benda kamu, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, teman masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan teman memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat anda tak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu gampang jika kamu tahu cara melakukannya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, setidaknya kamu sudah mencoba untuk mempersulit peluang untuk pencuri menggondol barang kita dengan mudah.

Terima kasih telah membaca 20 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga bermanfaat. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel