27 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri

27 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Pencurian saat berlibur selalu jadi momok yang mengkhawatirkan bagi pemilik rumah. Namun cara paling gampang seperti apa untuk membuat rumah sobat tetap terjaga? Kemungkinan besar kamu sudah memasang alarm system (jika tak, lakukan segera), atau mungkin teman mempunyai hewan penjaga menjaga rumah teman juga. Poling menunjukkan kalau banyak perampok masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. Jadi mempunyai pintu itu tetap terkunci dan kuat. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Tepat?
 27 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri
Pilih pintu yang tepat. Jika pintu depan dan belakang kamu lemah, anda wajib merenovasinya secepatnya. Bagaimana Caranya anda ngerti kalau pintu teman rentan? Bisa dengan diketuk saja. Pintu tidak aman cuma lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar wajib solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Inti kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: cek terlebih dahulu pintu besi diperkuat bagian dalamnya, dan mempunyai sesuatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (batu bata kuat). Kalau ngga, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu menggunakan dongkrak mobil.

Jika mengganti pintu memakai kerangka baru, pertimbangkan untuk memakai pintu kaca yang memiliki serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menahan pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Perkuat semua pintu luar yang berjendela dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimum, seluruh pintu harus tidak berkaca, dan teman tidak ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi orang jahat dapat masuk melalui jendela dan membongkar pintu dari dalam.

Jika kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdekatan, lapisi kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tidak dapat dibongkar yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar pencurian saat liburan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah korban melewati pintu yang ngga terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi sia-sia jika teman tidak menguncinya. Kunci semua pintu bagian luar setiap waktu anda pergi berlibur – bahkan jika kamu cuma pergi beberapa saat saja.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu mempunyai kunci deadbolt ditambah menggunakan kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt wajib memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling tak memiliki panjang 2,5cm. Kuncinya kudu terpasang dengan tepat. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut perlu direnovasi
 27 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri
Instal deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memperkuat keamanan ekstra ketika teman ada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan jelas pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak dapat didobrak tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini ngga akan menolongmu secara langsung ketika kamu tak di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan memikir dua kali untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah termudah memperkuat pintu geser yaitu dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga bisa membuat atau mencari online sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya tak bergeser. Paling ngga, letakkan sebuah tongkat (kayu untuk menahan, contohnya) di bagian bawah pintu supaya ngga dapat dibuka paksa. Trik apapun yang teman pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan di langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkuat Pintu Masuk Kamu

Aplikasikan pengaman silinder yang ada di sekitar kunci silinder (bagian tempat kamu memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab seringnya dapat menghancurkan atau mencopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dsb. Lindungi kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau silinder pelindung di kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar tidak dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari penggunaan pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan tips ini, namun jika punya kamu belum ada, anda dapat membelinya.
 27 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri

Ganti srike plate yang telah rapuh. Strike plate merupakan plate besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar wajib mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang dilengkapi dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah didirikan dengan palang besi berkualitas rendah atau palang besi yang dipasang memakai baut pendek.
 27 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri
Perkuat engsel yang ngga terlindungi. Engsel kudu ada di bagian dalam pintu. Jika milik anda ngga di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tak dapat dilepas. Anda dapat melakukannya dengan cara melepas paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan menggantinya dengan pin engsel yang tidak dapat dicopot (teman dapat mendapatkannya di toko perkakas) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tidak nampak juga kudu diamankan pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 27 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu anda kuat dan berkualitas tinggi, dilengkapi kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib mencapai dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat mudah untuk dimasuki, jadi gunakan langkah yang mirip pada pintu diantara garasi kamu dan rumah anda seperti pintu depan anda. Kunci juga pintu kamu ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan furniture lainnya perlu perawatan setiap waktu, dan pintu yang ngga dijaga dengan baik akan membuat pencuri lebih mudah membobol rumah anda. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih terawat dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan biarkan kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Selihai apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci kamu. Letakkan kunci anda tersendiri. Kalau anda kudu meninggalkan kuncinya di luar, taruh di tempat kunci berkualitas yang dipasang dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan membuat rumah kamu seperti kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam bidang mereka, namun mereka harus memiliki jalur mudah layaknya jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak dapat ditolong sebab rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci teman pada kerabat, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terkuat akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga teman, dan harta benda kamu, namun jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, anda masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan anda memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat teman tak dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu mudah kalau anda tahu cara melakukannya, bahkan pada deadbolt. Namun, paling tidak kita telah berusaha untuk menghalangi peluang untuk pencuri mengambil barang kita dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca 27 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga berfaedah. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel