27Trik Untuk Membuat Pintu Anti Pencuri

27Trik Untuk Membuat Pintu Anti Pencuri Pencurian saat libur panjang selalu menjadi momok yang mengkhawatirkan untuk pemilik rumah. Namun trik paling mudah seperti apa untuk menjadikan rumah teman tetap safe? Paling simpel anda sudah memasang alarm system (kalau ngga, bergegaslah), atau mungkin kamu memiliki hewan penjaga menjaga rumah teman juga. Survei membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu itu harusnya terkunci dan kokoh. Berikut ini merupakan salah satu tips yang dapat digunakanSudahkah Kamu Memiliki Pintu yang Kuat?
 27Trik Untuk Membuat Pintu Anti Pencuri
Ambil pintu yang keras. Jika pintu depan dan belakang anda lemah, kamu kudu merenovasinya ketika mendekati waktu liburan. Bagaimana Trik untuk teman ngerti kalau pintu teman tidak keras? Cukup mengetuknya saja. Pintu tidak aman hanyalah lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar kudu kuat dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Inti kayu kokoh
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: tentukan pintu besi didukung bagian dalamnya, dan mempunyai sesuatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (beton bata kuat). Kalau tidak, pencuri dapat membelokkan dengan mudah kusen pintu memakai alat pencurian.

Kalau mengganti pintu memakai kerangka baru, tentukan untuk memakai pintu kaca yang mempunyai serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk meredam pukulan palu dari orang-orang yang masuk kalau suasana sepi.

Rombak semua pintu luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimum, semua pintu kudu tak berkaca, dan kamu tidak ada jendela yang berdampingan dengan pintu sehingga pencuri bisa merusak jendela kemudian membuka pintu dengan mudah.

Jika kamu memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdekatan, lapisi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang ngga dapat dibongkar yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar pencurian saat liburan, pencuri membongkar rumah target melewati pintu yang tak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi sia-sia kalau anda ngga menguncinya. Kunci seluruh pintu pada bagian luar setiap waktu anda pergi keluar – bahkan jika anda cuma pergi beberapa saat saja.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar harus mempunyai kunci deadbolt plus menggunakan kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt perlu mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat yang tidak menggunakan sekrup yang dapat dilihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling tidak memiliki panjang 2,5cm. Kuncinya wajib terinstal dengan benar. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut wajib diganti
 27Trik Untuk Membuat Pintu Anti Pencuri
Instal deadlock.

Menambah kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra saat kamu ada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan mudah pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga bisa didobrak tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan menolongmu secara instan ketika anda tak berada di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara terbaik memperkuat pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat berkreasi atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya ngga bergeser. Paling ngga, taruh sebuah tongkat (kayu untuk menahan, contohnya) pada bagian bawah pintu supaya tak dapat dibuka paksa. Langkah apapun yang anda gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkokoh Akses Masuk Kamu

Aplikasikan pengaman silinder di samping kunci silinder (sisi tempat teman memasukkan kunci kamu) Orang tidak bertanggungjawab seringnya bisa merusak atau mencopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya dengan besi pengaman kunci atau ring pelindung di kedua sisi pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar ngga mudah dicopot. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari pemakaian pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan ini, namun jika punya anda belum ada, kamu bisa membelinya.
 27Trik Untuk Membuat Pintu Anti Pencuri

Perkuat srike plate yang telah renta. Strike plate merupakan batang besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar kudu mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang dipasang dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dibangun dengan palang besi dengan mutu rendah atau palang besi yang dipasang memakai baut pendek.
 27Trik Untuk Membuat Pintu Anti Pencuri
Lindungi engsel yang tak terlindungi. Engsel kudu ada di bagian dalam pintu. Kalau milik anda tidak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tidak dapat dilepas. Kamu dapat melakukannya dengan langkah melepas paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang ngga dapat dilepas (kamu dapat membelinya di toko hardware) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang tidak terlihat juga harus diperkuat di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 27Trik Untuk Membuat Pintu Anti Pencuri
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu kamu keras dan berkualitas tinggi, diperkokoh kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih dapat merangsek masuk rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu cuma diletakkan di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kokoh dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib mencapai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dibuka, jadi perlakukan cara yang sama pada jalan masuk diantara garasi teman dan rumah anda seperti pintu depan anda. Kunci juga pintu anda saat dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil kamu atau di garasi anda

Pintu dan jendela lainnya perlu perhatian kapanpun, dan pintu yang tidak dirawat dengan baik akan membuat pencuri lebih mudah memasuki rumah teman. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya menempati rel.
Jangan sampai kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Serapat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci anda. Letakkan kunci teman tersendiri. Kalau teman kudu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci bermutu yang diposisikan dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah kamu layaknya benteng. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam bidang mereka, tetapi mereka kudu memiliki jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa ditolong sebab rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci paling kuat akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya anda mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga anda, dan harta benda anda, tetapi jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, anda masih dapat jadi korban pada suatu saat, dan teman mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat anda tak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu mudah jika teman tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, paling tidak kamu telah berusaha untuk menghalangi kemungkinan untuk pencuri mengambil barang kita dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca 27Trik Untuk Membuat Pintu Anti Pencuri, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel