4 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

4 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan Perampokan selalu jadi suatu yang mengkhawatirkan untuk pemudik. Namun trik terbaik mana untuk menjadikan rumah sobat tetap terlindungi? Kemungkinan besar teman telah memakai alarm system (jika tak, anda bisa mempertimbangkannya lagi), atau mungkin kamu memiliki hewan penjaga mempatroli rumah anda juga. Poling membuktikan bahwa banyak perampok masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. So mempunyai pintu itu harusnya terkunci dan keras. Berikut ini merupakan salah satu tips yang bisa dilakukanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 4 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Pilih pintu yang pas. Kalau pintu depan dan belakang teman tidak aman, teman kudu menggantinya kalau ditinggal long weekend. Bagaimana Caranya teman ngerti bahwa pintu teman perlu direnovasi? Bisa dengan diketuk saja. Pintu gampang dibobol cuma lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat kuat dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu kuat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: pastikan pintu besi didukung bagian dalamnya, dan memiliki suatu yang dikenal dengan lock block (batu bata keras). Jika tak, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Kalau memasang pintu dan kerangka baru, perkirakan juga untuk menggunakan pintu kaca yang mempunyai serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menolak pukulan palu dari orang-orang yang masuk secara paksa.

Ganti semua pintu yang letaknya di luar yang memiliki kaca dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimal, semua pintu kudu tak berkaca, dan anda tidak ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi orang jahat dapat merusak jendela dan membongkar pintu dari dalam.

Jika teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdekatan, lapisi kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang ngga dapat dibongkar yang dipasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar pencurian saat liburan, orang tidak bertanggungjawab membobol rumah korban memakai pintu yang tidak terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi sia-sia kalau kamu tak memakainya. Kunci semua pintu bagian luar kapanpun anda pergi hangout – walau teman cuma pergi beberapa saat saja.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt ditambah memakai kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt perlu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak menggunakan sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya harus terinstal dengan kokoh. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu harus diganti
 4 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Instal deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan tambahan saat teman berada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang tak memiliki kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan terang pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat dirusak tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan menolongmu secara langsung ketika kamu tak di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara terkeren memperkuat pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya supaya tidak pindah posisi. Paling ngga, letakkan sebuah tongkat (kayu silinder tebal, misalnya) pada bagian bawah pintu agar tak dapat dibuka paksa. Cara apapun yang kamu pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang ditulis pada langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkokoh Akses Masuk Kamu

Gunakan pengaman silinder yang ada di sekitar kunci silinder (bagian tempat anda memasukkan kunci kamu) Pencuri seringkali dapat merusak atau mencopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dan sebagainya. Jaga kuncinya dengan besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tak dapat dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah pemakaian pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan tips ini, namun kalau punya kamu belum ada, teman dapat membelinya.
 4 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

Ganti srike plate yang telah renta. Strike plate adalah batang besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang dilengkapi dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah didirikan dengan palang besi dengan mutu rendah atau strike plate yang dipasang menggunakan baut pendek.
 4 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Lindungi engsel yang tidak aman. Engsel wajib berada di bagian dalam pintu. Jika punya teman ngga di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tidak dapat dilepas. Kamu dapat melakukannya dengan langkah melepas paling tidak 2 baut di tengah engsel (di setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tidak dapat dilepas (anda bisa membelinya di toko bangunan) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang ngga nampak juga wajib diamankan pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 4 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu teman keras dan berkualitas tinggi, dilengkapi kunci yang keras, seorang pencuri masih dapat merangsek masuk rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kuat bisa dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya harus mengenai dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat mudah untuk dimasuki, jadi pakailah langkah yang mirip pada pintu diantara garasi teman dan rumah teman seperti pintu depan kamu. Kunci juga pintu anda ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah di mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan perangkat keras lainnya perlu perhatian setiap waktu, dan pintu yang tidak dijaga dengan baik akan menciptakan kemungkinan lebih mudah membobol rumah teman. Khususnya, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi bagus dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan biarkan kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Selihai apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan bertemu kunci anda. Simpan kunci anda sendiri. Kalau anda wajib meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada tempat kunci bermutu yang dipasang dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah kamu seperti kastil. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Mereka memang ahli dalam bidang mereka, namun mereka harus mempunyai jalur lain layaknya jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak dapat diselamatkan sebab rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci anda pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terkuat akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga anda, dan harta benda kamu, namun jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, anda masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan kamu memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan menjadikan anda ngga dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu mudah jika teman tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Namun, paling tidak kamu sudah berusaha untuk mempersulit peluang untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca 4 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan, semoga berguna. Happy long Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel