4 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

4 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan Perampokan selalu menjadi momok yang mengkhawatirkan untuk pemudik. Tetapi cara terbaik mana untuk menjadikan rumah teman tetap aman? Kemungkinan besar teman sudah memakai alarm system (kalau tak, lakukan segera), atau mungkin teman mempunyai anjing penjaga mempatroli rumah anda juga. Poling menunjukkan bahwa banyak perampok masuk rumah menggunakan pintu depan ataupun belakang. So buat pintu tersebut harusnya terkunci dan keras. Di bawah ini merupakan salah satu tips yang dapat dilakukanApakah Kamu Mempunyai Pintu yang Anti Maling?
 4 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Tentukan pintu yang pas. Jika pintu depan dan belakang kamu lemah, kamu wajib menggantinya kalau ditinggal libur panjang. Seperti apa Trik untuk anda tahu kalau pintu teman rentan? Bisa dengan diketuk saja. Pintu gampang dibobol cuma lapisan kayu tidak tebal dengan kardus di bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Inti kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: cek terlebih dahulu pintu besi ditopang bagian dalamnya, dan mempunyai sesuatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (batu bata kokoh). Jika tidak, pencuri dapat membelokkan dengan gampang kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Kalau memasang pintu dan kerangka baru, hitung juga untuk menggunakan pintu kaca berserat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk menahan benturan dari orang-orang yang masuk di saat liburan.

Perkuat semua pintu luar yang berjendela dengan pintu tanpa kaca. Untuk keamanan maksimal, seluruh pintu wajib tidak berkaca, dan teman tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga pencuri bisa masuk melalui jendela kemudian membuka pintu dari dalam.

Jika teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdampingan, lapisi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tidak dapat dihancurkan yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membobol rumah korban melewati pintu yang ngga dikunci dengan benar. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi sia-sia jika teman ngga menggunakannya. Kunci semua pintu bagian luar kapanpun anda pergi berlibur – bahkan jika anda cuma pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu mempunyai kunci deadbolt plus memakai kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt perlu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya wajib dipasang dengan kuat. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut perlu dirombak
 4 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Instal deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memperkuat keamanan ekstra saat teman ada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin bisa terlihat dengan gampang pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak dapat dibuka tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini ngga akan menolongmu secara instan ketika teman tidak berada di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan lupakan pintu geser.
Langkah termudah memperkuat pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya tidak pindah posisi. Paling ngga, taruh sebuah tongkat (kayu penyangga, misalnya) di bagian bawah pintu supaya tidak dapat dibuka paksa. Trik apapun yang anda pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah pengamanan di atas.

Memperketat Akses Masuk Kamu

Aplikasikan pengaman silinder pada sekitar kunci silinder (bagian dimana kamu memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab terkadang dapat merusak atau mencopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dsb. Jaga kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau ring pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup supaya ngga dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan tips ini, tetapi kalau punya anda belum ada, teman dapat membelinya.
 4 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

Rubah srike plate yang sudah renta. Strike plate merupakan batang besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar perlu memiliki pengaman besi strike plate yang kuat yang dipasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan strike plate berkualitas rendah atau strike plate yang terpasang menggunakan baut pendek.
 4 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Amankan engsel yang tidak terlindungi. Engsel wajib berada di bagian dalam pintu. Jika milik kamu ngga di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang ngga bisa dilepas. Anda bisa melakukannya dengan cara mencopot paling ngga 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang tak dapat dilepas (anda dapat menemuinya di toko perkakas) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga nampak juga harus diperkuat di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 4 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kokoh dan berkualitas tinggi, dilengkapi kunci yang jelas, seorang pencuri masih dapat membobol rumah dengan menghancurkan atau membobol kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kokoh bisa dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu mengenai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dibuka, jadi perlakukan cara yang mirip pada jalan masuk diantara garasi kamu dan rumah kamu seperti pintu depan kamu. Kunci juga pintu teman saat dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan jendela lainnya memerlukan perhatian setiap saat, dan pintu yang tak dirawat dengan baik akan menciptakan peluang lebih mudah memasuki rumah teman. Terlebih, cek bahwa jalur pada pintu geser masih terawat dan pintunya menempati jalur.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat seperti itu. Sehebat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci teman. Letakkan kunci teman sendiri. Kalau anda wajib meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di tempat kunci bermutu yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah kamu layaknya kerajaan. Pemadam kebakaran memakai alat manual untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Mereka memang ahli dalam bidang mereka, namun mereka harus mempunyai jalur lain seperti jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa diselamatkan karena rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada kerabat, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci paling kokoh akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga anda, dan harta benda kamu, tetapi jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, anda masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan anda memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan menjadikan teman ngga dapat menikmati hidup anda.

Membuka gembok itu gampang jika kamu tahu cara melakukannya, bahkan untuk deadbolt. Namun, setidaknya kita telah mencoba untuk menghalangi peluang untuk pencuri menggondol barang kita dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca 4 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan, semoga bermanfaat. Happy long Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel