4 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri

4 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Perampokan selalu menjadi momok yang mengkhawatirkan untuk pemilik rumah. Namun cara terbaik apa untuk menjadikan rumah teman tetap aman? Paling gampang anda sudah memasang alarm system (kalau tidak, anda bisa mempertimbangkannya lagi), dan mungkin kamu mempunyai hewan penjaga menjaga rumah teman juga. Statistik membuktikan bahwa banyak perampok masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. So mempunyai pintu tersebut harusnya terkunci dan aman. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat digunakanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 4 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri
Pilih pintu yang kuat. Kalau pintu depan dan belakang anda lemah, anda kudu merenovasinya secepatnya. Bagaimana Trik untuk kamu ngerti kalau pintu teman rentan? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu mudah dibobol hanyalah lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar memeng terlihat kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan asli
Bagian dalam kayu keras
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi diperkuat bagian intinya, dan memiliki suatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (beton bata kokoh). Kalau ngga, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai alat pencurian.

Jika mengganti pintu menggunakan kerangka baru, perkirakan juga untuk memakai pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini mencegah untuk menolak pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk secara paksa.

Perkuat semua pintu yang letaknya di luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimal, seluruh pintu kudu ngga berkaca, dan anda tak ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi orang jahat dapat merusak jendela dan membuka pintu dari dalam.

Kalau anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, tutupi kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang ngga dapat dihancurkan yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Sering ditemukan sebagian besar pencurian ketika liburan, orang tidak bertanggungjawab membobol rumah target memakai pintu yang tak dikunci dengan benar. Gembok yang terkuat di dunia pun akan menjadi tidak berguna jika teman ngga menguncinya. Kunci semua pintu pada bagian luar kapanpun kamu pergi berlibur – bahkan jika kamu hanya pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib mempunyai kunci deadbolt ditambah menggunakan kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt perlu memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat yang tidak memakai sekrup yang dapat dilihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling tak sepanjang 2,5cm. Kuncinya harus terpasang dengan benar. Kebanyakan rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu kudu direnovasi
 4 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri
Instal deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan ekstra ketika kamu ada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan terang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak dapat dibuka tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tak akan menolongmu secara instan saat teman ngga di rumah, kunci ini sangat mudah terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara terkeren memperkuat pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat membuat atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya tak bergeser. Paling tak, taruh sebuah tongkat (kayu penyangga, misalnya) pada bagian bawah pintu supaya ngga dapat terbuka. Langkah apapun yang anda pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah pengamanan sebelumnya.

Memperketat Pintu Masuk Anda

Pasang pengaman silinder pada samping kunci silinder (bagian tempat anda memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab seringnya dapat merusak atau menyopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau ring pelindung di kedua sisi pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup supaya ngga gampang dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan mencegah penggunaan pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan tips ini, tetapi kalau punya kamu belum ada, anda dapat membelinya.
 4 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri

Ganti srike plate yang sudah renta. Strike plate merupakan plate besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar kudu mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang dilengkapi dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah dilengkapi dengan strike plate dengan mutu rendah atau palang besi yang dipasang dengan baut pendek.
 4 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri
Lindungi engsel yang tidak terlindungi. Engsel perlu berada pada bagian dalam pintu. Jika milik anda tidak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang ngga dapat dicopot. Kamu dapat mengerjakannya dengan langkah mencopot paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang ngga dapat dicopot (anda dapat membelinya di toko bangunan) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak nampak juga kudu diamankan pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 4 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu kamu keras dan berkualitas tinggi, diperkokoh kunci yang kuat, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan menghancurkan atau membobol kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu mencapai dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat gampang untuk dibuka, jadi pakailah cara yang sama pada pintu diantara garasi teman dan rumah kamu layaknya pintu bagian luar teman. Kunci juga pintu teman ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan furniture lainnya memerlukan perhatian kapanpun, dan pintu yang ngga diperhatikan dengan baik akan menciptakan kemungkinan lebih gampang membobol rumah kamu. Terutama, cek bahwa jalur pada pintu geser masih terawat dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan sampai kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat seperti itu. Sehebat apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan bertemu kunci kamu. Letakkan kunci anda tersendiri. Jika kamu perlu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada kotak kunci berkualitas yang dipasang dengan benar dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah anda layaknya benteng. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam bidang mereka, namun mereka harus memiliki jalur mudah layaknya jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa diselamatkan karena rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci paling keras akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga anda, dan harta benda kamu, namun jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, kamu masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat kamu ngga bisa melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu mudah jika kamu tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, paling tidak kita sudah berusaha untuk menghalangi kemungkinan untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih telah membaca 4 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga berfaedah. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel