5 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

5 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Pencurian saat libur panjang selalu jadi momok yang mengkhawatirkan untuk pemilik rumah. Namun trik terbaik mana untuk menjadikan rumah teman tetap aman? Paling simpel anda telah memasang alarm system (kalau tidak, kamu bisa mempertimbangkannya lagi), atau mungkin kamu memiliki anjing penjaga menjaga rumah kamu juga. Statistik menunjukkan kalau banyak perampok masuk rumah memakai pintu depan ataupun belakang. So mempunyai pintu tersebut harusnya terkunci dan aman. Di bawah ini adalah salah satu tips yang dapat dilakukanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 5 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Ambil pintu yang aman. Jika pintu depan dan belakang anda tidak kokoh, kamu perlu memperkuat secepatnya. Bagaimana Trik untuk kamu tahu kalau pintu teman lemah? Cukup mengetuknya saja. Pintu mudah dibobol hanyalah lapisan kayu tipis dengan kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar harus keras dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi ditopang bagian intinya, dan memiliki suatu yang disebut sebagai lock block (beton bata kokoh). Jika tak, pencuri dapat membelokkan dengan mudah kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Kalau mengganti pintu menggunakan kerangka baru, pertimbangkan untuk menggunakan pintu kaca yang mempunyai serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menahan pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Perbaiki semua pintu luar yang memiliki kaca dengan pintu tanpa view. Untuk keamanan maksimal, seluruh pintu kudu tak berkaca, dan anda ngga ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga orang jahat dapat masuk melalui jendela kemudian membuka pintu dari dalam.

Kalau teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, tutupi kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tidak bisa dibongkar yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Sering ditemukan sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah target menggunakan pintu yang tidak dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi sia-sia jika kamu tidak menguncinya. Kunci semua pintu pada bagian luar setiap waktu kamu pergi keluar – bahkan jika anda cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar harus mempunyai kunci deadbolt ditambah menggunakan kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt wajib berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak memakai sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling tak memiliki panjang 2,5cm. Kuncinya perlu terinstal dengan kuat. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut harus diperkuat
 5 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Instal deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan ekstra ketika teman berada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan terang pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat dihajar tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini ngga akan membantumu secara langsung saat anda ngga berada di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara termudah mengamankan pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga bisa berkreasi atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya tak pindah posisi. Paling tak, taruh sebuah tongkat (kayu penyangga, contohnya) di bagian bawah pintu agar tidak bisa terbuka. Cara apapun yang anda gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkuat Akses Masuk Kamu

Aplikasikan pengaman silinder pada sekitar kunci silinder (sisi tempat teman memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab seringnya dapat merusak atau mencopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar memakai linggis dsb. Lindungi kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak bisa dicopot. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa untuk melepas silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan tips ini, namun jika punya teman belum ada, anda dapat membelinya.
 5 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

Perkuat srike plate yang telah renta. Strike plate merupakan plate besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang dilengkapi dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dibangun dengan palang besi dengan mutu rendah atau strike plate yang terpasang memakai baut pendek.
 5 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Lindungi engsel yang tak aman. Engsel wajib ada di bagian dalam pintu. Jika punya teman ngga di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang ngga dapat dicopot. Kamu bisa mengerjakannya dengan cara mencopot paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan menggantinya dengan pin engsel yang ngga dapat dilepas (anda bisa menemuinya di toko hardware) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang tak terlihat juga kudu diperkuat di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 5 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu anda kuat dan berkualitas tinggi, diperkokoh kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih dapat merangsek masuk rumah dengan menghancurkan atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kokoh dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu mengenai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat mudah untuk dibuka, jadi perlakukan langkah yang mirip pada jalan masuk diantara garasi anda dan rumah teman seperti pintu depan anda. Kunci juga pintu teman ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan furniture lainnya butuh perhatian setiap waktu, dan pintu yang tidak dirawat dengan benar akan menciptakan kemungkinan lebih gampang memasuki rumah kamu. Terutama, cek bahwa jalur pada pintu geser masih bagus dan pintunya menempati jalur.
Jangan sampai kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Sehebat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci anda. Letakkan kunci kamu tersendiri. Jika kamu harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di tempat kunci bermutu yang diposisikan dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah anda seperti kastil. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk menolong masuk rumah saat ada panggilan darurat. Mereka memang ahli dalam urusan mereka, namun mereka kudu mempunyai jalur lain seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat diselamatkan karena rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga teman, dan harta benda kamu, namun jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, teman masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan menjadikan kamu tidak dapat menikmati hidup kamu.

Membuka gembok itu mudah kalau kamu tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, paling tidak kita telah mencoba untuk mempersulit peluang untuk pencuri mengambil barang dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca 5 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel