8 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

8 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan Pencurian saat berlibur selalu jadi suatu yang menakutkan untuk pemudik. Tetapi cara terbaik mana untuk membuat rumah sobat tetap terjaga? Paling gampang kamu telah memakai alarm system (jika tak, bergegaslah), dan mungkin kamu mempunyai hewan penjaga mempatroli rumah kamu juga. Survei menunjukkan bahwa banyak pencuri masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. So buat pintu tersebut tetap terkunci dan kokoh. Berikut ini merupakan salah satu tips yang dapat dilakukanSudahkah Kamu Mempunyai Pintu yang Anti Maling?
 8 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Tentukan pintu yang kokoh. Jika pintu depan dan belakang kamu tidak kuat, anda wajib memperbaikinya saat mendekati waktu liburan. Bagaimana Trik untuk teman ngerti bahwa pintu anda rentan? Cukup diketuk saja. Pintu rentan maling hanyalah lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar wajib solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu kuat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: tentukan pintu besi ditopang bagian intinya, dan memiliki sesuatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (batu bata kuat). Kalau tidak, pencuri dapat membelokkan dengan mudah kusen pintu menggunakan alat pencurian.

Jika mengganti pintu dan kerangka baru, hitung juga untuk menggunakan pintu kaca yang memiliki serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini mencegah untuk menyerap benturan dari orang-orang yang masuk secara paksa.

Perbaiki semua pintu yang letaknya di luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimal, seluruh pintu kudu ngga berkaca, dan kamu ngga ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi pencuri dapat merusak jendela dan membuka pintu dengan gampang.

Jika kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdampingan, lapisi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang ngga dapat dibongkar yang terpasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Sering ditemukan sebagian besar pencurian saat liburan, orang tidak bertanggungjawab memasuki rumah korban melewati pintu yang tak terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi tidak berguna jika teman ngga menguncinya. Kunci seluruh pintu pada bagian luar kapanpun teman pergi keluar – bahkan jika kamu cuma pergi beberapa saat saja.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar harus mempunyai kunci deadbolt plus memakai kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt perlu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak memakai sekrup yang bisa dilihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling tidak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya kudu terinstal dengan tepat. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu wajib dirombak
 8 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Instal deadlock.

Menambah kunci tambahan akan menambah keamanan tambahan ketika kamu berada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tak memiliki kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan jelas pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini tidak bisa didobrak tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tak akan membantumu secara instan saat kamu tak berada di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Langkah terkeren memperkuat pintu geser yaitu dengan menginstal kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya supaya tidak pindah posisi. Paling tak, taruh sebuah tongkat (kayu penyangga, misalnya) pada bagian bawah pintu supaya ngga dapat dibuka paksa. Cara apapun yang teman gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah sebelumnya.

Memperkokoh Akses Masuk Anda

Pakai pengaman dari silinder pada sekitar kunci silinder (sisi dimana teman memasukkan kunci kamu) Orang tidak bertanggungjawab seringkali dapat merusak atau menyopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya dengan besi pengaman kunci atau ring pelindung di kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tidak mudah dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa untuk melepas silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan ini, tetapi kalau punya teman belum ada, anda dapat membelinya.
 8 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

Perkuat srike plate yang telah renta. Strike plate adalah plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar wajib mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang dilengkapi dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah dilengkapi dengan palang besi dengan mutu rendah atau palang besi yang terpasang dengan baut pendek.
 8 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Perkuat engsel yang ngga aman. Engsel wajib ada di bagian dalam pintu. Jika punya teman tak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tidak dapat dilepas. Kamu dapat melakukannya dengan langkah mencopot paling ngga 2 baut di tengah engsel (di setiap bagian) dan menggantinya dengan pin engsel yang ngga dapat dicopot (kamu dapat menemuinya di toko perkakas) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak terlihat juga perlu diamankan pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 8 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kokoh dan memiliki kualitas tinggi, dilengkapi kunci yang keras, seorang pencuri masih bisa merangsek masuk rumah dengan menghancurkan atau membobol kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu hanya ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan mudah memisahkan kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu mengenai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dibobol, jadi gunakan cara yang sama pada jalan masuk diantara garasi kamu dan rumah kamu seperti pintu bagian luar teman. Kunci juga pintu kamu ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan furniture lainnya membutuhkan perawatan kapanpun, dan pintu yang tidak dirawat dengan benar akan membuat pencuri lebih mudah membobol rumah kamu. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi baik dan pintunya menempati rel.
Jangan biarkan kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat seperti itu. Serapat apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci teman. Letakkan kunci teman dalam pengawasan. Jika kamu perlu meninggalkan kuncinya di luar, taruh di tempat kunci berkualitas yang diposisikan dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah kamu layaknya kastil. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk menolong masuk rumah saat ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam bidang mereka, tetapi mereka wajib mempunyai jalur lain seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa diselamatkan karena rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci anda pada kerabat, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya anda mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga anda, dan harta benda anda, namun jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, teman masih dapat jadi korban pada suatu ketika, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan menjadikan teman ngga dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu mudah jika teman tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, setidaknya kamu sudah berusaha untuk menghalangi kemungkinan untuk pencuri mengambil barang dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca 8 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan, semoga berfaedah. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel