8 Trik Mencegah Rumah Dibobol Pencuri

8 Trik Mencegah Rumah Dibobol Pencuri Perampokan selalu jadi suatu yang mengkhawatirkan bagi pemudik. Namun trik paling mudah seperti apa untuk menjadikan rumah teman tetap safe? Kemungkinan besar teman telah memakai alarm system (jika tidak, bergegaslah), atau mungkin teman mempunyai hewan penjaga mempatroli rumah teman juga. Poling membuktikan kalau banyak perampok masuk rumah menggunakan pintu depan ataupun belakang. So memiliki pintu tersebut tetap terkunci dan keras. Di bawah ini merupakan salah satu tips yang dapat dilakukanApakah Anda Mempunyai Pintu yang Anti Maling?
 8 Trik Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Pilih pintu yang kokoh. Jika pintu depan dan belakang teman tidak aman, kamu kudu menggantinya secepatnya. Bagaimana Caranya kamu tahu kalau pintu teman lemah? Cukup diketuk saja. Pintu tidak aman hanyalah lapisan kayu tipis dengan kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar harus kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Inti kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: tentukan pintu besi didukung bagian dalamnya, dan memiliki sesuatu yang disebut sebagai lock block (beton bata kokoh). Jika tidak, pencuri bisa membelokkan dengan mudah kusen pintu memakai alat pencurian.

Kalau mengganti pintu menggunakan kerangka baru, perkirakan juga untuk menggunakan pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini mencegah untuk meredam benturan dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Rombak semua pintu luar yang berjendela dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimal, seluruh pintu kudu tidak berjendela, dan anda ngga ada jendela yang berdampingan dengan pintu sehingga orang jahat dapat merusak jendela kemudian membuka pintu dari dalam.

Jika teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdekatan, tutupi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tak dapat dibongkar yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar pencurian saat liburan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah korban melintasi pintu yang ngga dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi sia-sia kalau teman tidak menggunakannya. Kunci semua pintu pada bagian luar kapanpun kamu pergi berlibur – bahkan jika kamu cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib mempunyai kunci deadbolt plus menggunakan kunci yang ada pada gagang pintu. Kunci deadbolt wajib memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling tidak sepanjang 2,5cm. Kuncinya perlu terinstal dengan tepat. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang memiliki panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu perlu diganti
 8 Trik Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Instal deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memberikan keamanan ekstra saat teman ada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan terang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tidak dapat dibuka tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tak akan menolongmu secara langsung saat anda tidak di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Cara terkeren memperkuat pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga bisa membuat atau mencari online sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya tidak pindah posisi. Paling tak, taruh sebuah tongkat (kayu silinder tebal, misalnya) pada bagian bawah pintu supaya tidak bisa terbuka. Cara apapun yang teman pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan di langkah sebelumnya.

Memperkeras Jalan Masuk Kamu

Gunakan pengaman dari silinder yang ada pada sekitar kunci silinder (bagian dimana teman memasukkan kunci teman) Pencuri seringkali dapat merusak atau menyopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dsb. Lindungi kuncinya dengan besi pengaman kunci atau ring pelindung di kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya ngga dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan ini, tetapi jika punya kamu belum ada, teman dapat membelinya.
 8 Trik Mencegah Rumah Dibobol Pencuri

Perkuat srike plate yang telah rapuh. Strike plate merupakan plate besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar harus memiliki pengaman besi strike plate yang kuat yang dilengkapi dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah dilengkapi dengan palang besi dengan mutu rendah atau strike plate yang dipasang memakai baut pendek.
 8 Trik Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Amankan engsel yang tak aman. Engsel wajib berada di bagian dalam pintu. Kalau milik teman tak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tidak bisa dilepas. Anda dapat mengerjakannya dengan cara mencopot paling tak 2 baut di tengah engsel (di setiap bagian) dan menggantinya dengan pin engsel yang tidak dapat dilepas (anda dapat membelinya di toko bangunan) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga harus diamankan pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 8 Trik Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kokoh dan bermutu tinggi, dilengkapi kunci yang jelas, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat bisa dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya harus tertancap di dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat mudah untuk dimasuki, jadi gunakan cara yang mirip pada pintu diantara garasi kamu dan rumah anda layaknya pintu depan anda. Kunci juga pintu kamu ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan jendela lainnya memerlukan perawatan setiap waktu, dan pintu yang tak dijaga dengan baik akan menciptakan peluang lebih mudah memasuki rumah teman. Terlebih, cek bahwa jalur pada pintu geser masih baik dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan biarkan kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Sehebat apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci anda. Simpan kunci anda dalam pengawasan. Jika kamu kudu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di tempat kunci bermutu yang diposisikan dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan membuat rumah anda seperti benteng. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam urusan mereka, namun mereka wajib memiliki jalur mudah layaknya jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat diselamatkan karena rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci teman pada kerabat, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terbaik akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga teman, dan harta benda anda, namun jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, anda masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan kamu memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat kamu ngga bisa melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu gampang kalau anda tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Namun, setidaknya kamu telah berusaha untuk menutup peluang untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca 8 Trik Mencegah Rumah Dibobol Pencuri, semoga bermanfaat. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel