Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt

Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt Pencurian ketika libur panjang selalu menjadi momok yang menakutkan bagi pemudik. Namun cara paling mudah seperti apa untuk menjadikan rumah sobat tetap terjaga? Kemungkinan besar anda telah memakai alarm system (kalau tidak, bergegaslah), dan mungkin anda mempunyai anjing penjaga menjaga rumah teman juga. Statistik membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah memakai pintu depan ataupun belakang. Jadi memiliki pintu itu harusnya terkunci dan kokoh. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukanSudahkah Anda Mempunyai Pintu yang Kuat?
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt
Ambil pintu yang aman. Kalau pintu depan dan belakang anda rentan maling, anda wajib memperkuat secepatnya. Seperti apa Trik untuk teman tahu kalau pintu kamu tidak keras? Cukup diketuk saja. Pintu rentan maling cuma lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu kuat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: cek terlebih dahulu pintu besi ditopang bagian as-nya, dan mempunyai suatu yang disebut sebagai lock block (beton bata kuat). Jika tidak, pencuri bisa membengkokkan kusen pintu memakai alat pencurian.

Jika memasang pintu menggunakan kerangka baru, tentukan untuk menggunakan pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menolak pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Ganti semua pintu yang letaknya di luar yang memiliki kaca dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimum, semua pintu kudu tidak berjendela, dan anda tak ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi pencuri dapat masuk melalui jendela dan membongkar pintu dari dalam.

Jika anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdekatan, perkuat kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tidak dapat dihancurkan yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar perampokan, pencuri memasuki rumah target melintasi pintu yang ngga terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi tidak berguna kalau kamu tak menggunakannya. Kunci seluruh pintu bagian luar kapanpun kamu pergi keluar – walau kamu cuma pergi beberapa saat saja.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt didukung dengan kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt wajib berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling ngga mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya harus dipasang dengan tepat. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut kudu dirombak
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt
Terapkan deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra saat teman ada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan jelas pada pintu jika dilihat dari luar, namun kunci ini tidak dapat didobrak tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tidak akan membantumu secara langsung saat teman tak berada di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah terbaik mengamankan pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat membuat atau mencari online sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya tak pindah posisi. Paling tidak, letakkan sebuah tongkat (kayu untuk menahan, contohnya) pada bagian bawah pintu agar tak bisa terbuka. Langkah apapun yang kamu gunakan, cobalah untuk memperkuat kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan di langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkuat Akses Masuk Anda

Pakai pengaman dari silinder di samping kunci silinder (bagian tempat teman memasukkan kunci kamu) Pencuri terkadang dapat merusak atau mempreteli kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar memakai linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya dengan besi pengaman kunci atau silinder pelindung pada kedua sisi pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak dapat dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari pemakaian pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan ini, tetapi kalau punya anda belum ada, anda dapat membelinya.
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt

Ganti srike plate yang sudah rapuh. Strike plate adalah batang besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar wajib mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang dipasang dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dilengkapi dengan palang besi berkualitas rendah atau palang besi yang terpasang dengan baut pendek.
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt
Lindungi engsel yang tidak aman. Engsel kudu ada di bagian dalam pintu. Kalau milik teman tidak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tidak bisa dicopot. Kamu dapat mengerjakannya dengan cara mencopot paling ngga 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tak dapat dicopot (kamu bisa membelinya di toko perkakas) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang tak terlihat juga harus diamankan pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu teman kokoh dan mempunyai mutu tinggi, terpampang kunci yang kuat, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan menghancurkan atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu cuma diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat bisa dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu tertancap di dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dimasuki, jadi pakailah cara yang mirip pada jalan masuk diantara garasi kamu dan rumah kamu layaknya pintu bagian luar teman. Kunci juga pintu teman ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan perangkat keras lainnya perlu perawatan kapanpun, dan pintu yang tidak diperhatikan dengan baik akan menciptakan peluang lebih mudah memasuki rumah kamu. Khususnya, cek bahwa jalur pada pintu geser masih baik dan pintunya menempati jalur.
Jangan sampai kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Selihai apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci anda. Letakkan kunci kamu tersendiri. Kalau teman harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci berkualitas yang diposisikan dengan benar dan tersembunyi.

Jangan menjadikan rumah teman seperti benteng. Pemadam kebakaran memakai alat manual untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam bidang mereka, tetapi mereka harus memiliki jalur mudah layaknya jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa diselamatkan sebab rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci anda pada kerabat, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terbaik akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga kamu, dan harta benda kamu, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, kamu masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan teman mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat teman ngga bisa menikmati hidup teman.

Membuka gembok itu mudah jika kamu tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, setidaknya kamu telah berusaha untuk mempersulit kemungkinan untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt, semoga berguna. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel