Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang

Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang Pencurian saat berlibur selalu jadi momok yang mengkhawatirkan bagi pemilik rumah. Tetapi cara terbaik apa untuk membuat rumah anda tetap terlindungi? Kemungkinan besar anda telah memasang alarm system (kalau tak, segera lakukan), atau mungkin kamu mempunyai hewan penjaga menjaga rumah anda juga. Statistik membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. So buat pintu itu harusnya terkunci dan kokoh. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukanApakah Kamu Mempunyai Pintu yang Tepat?
 Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Tentukan pintu yang kokoh. Kalau pintu depan dan belakang kamu lemah, teman wajib memperkuat ketika mendekati waktu liburan. Seperti apa Caranya kamu ngerti bahwa pintu anda rentan? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu lemah hanyalah lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar harus kuat dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan asli
Inti kayu keras
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: tentukan pintu besi diperkuat bagian as-nya, dan mempunyai suatu yang dikenal dengan lock block (batu bata kokoh). Jika tidak, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai alat pencurian.

Jika memasang pintu menggunakan kerangka baru, hitung juga untuk menggunakan pintu kaca yang mempunyai serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk menolak benturan dari pencuri rumah kosong yang masuk kalau suasana sepi.

Rombak semua pintu yang letaknya di luar yang memiliki kaca dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimum, semua pintu kudu tak berjendela, dan teman tak ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi pencuri bisa merusak jendela kemudian membongkar pintu dari dalam.

Jika anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, backingi kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tidak bisa dihancurkan yang dipasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Sering ditemukan sebagian besar pencurian saat liburan, pencuri membongkar rumah korban melintasi pintu yang tidak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi tidak berguna kalau teman tidak menggunakannya. Kunci semua pintu pada bagian luar kapanpun kamu pergi berlibur – walau teman hanya pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt plus memakai kunci yang ada pada gagang pintu. Kunci deadbolt wajib mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras yang tidak menggunakan sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling tidak sepanjang 2,5cm. Kuncinya kudu dipasang dengan tepat. Biasanya rumah memiliki kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut harus dibuang
 Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Terapkan deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra ketika kamu ada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang tidak memiliki kuncinya. Ini mungkin bisa terlihat dengan terang pada pintu jika dilihat dari luar, namun kunci ini ngga dapat dihajar tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tidak akan menolongmu secara instan saat kamu tak di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah terkeren mengamankan pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat berkreasi atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya tidak pindah posisi. Paling tak, taruh sebuah tongkat (kayu penyangga, contohnya) pada bagian bawah pintu supaya tidak dapat terbuka. Trik apapun yang kamu pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan pada langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkuat Pintu Masuk Kamu

Aplikasikan pengaman dari silinder pada sekitar kunci silinder (sisi dimana teman memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab terkadang dapat merusak atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya dengan besi pengaman kunci atau ring pelindung di kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak gampang dicopot. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan ini, namun jika punya teman belum ada, teman dapat membelinya.
 Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang

Rubah srike plate yang sudah keropos. Strike plate merupakan plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar kudu memiliki pengaman besi strike plate yang kokoh yang dilengkapi dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dilengkapi dengan strike plate dengan mutu rendah atau strike plate yang dipasang menggunakan baut pendek.
 Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Lindungi engsel yang tak aman. Engsel wajib berada di bagian dalam pintu. Kalau punya kamu tak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tak bisa dicopot. Anda dapat mengerjakannya dengan cara melepas paling ngga 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan menggantinya dengan pin engsel yang tak dapat dicopot (kamu dapat mendapatkannya di toko hardware) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang tidak nampak juga harus diperkuat di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu anda kokoh dan berkualitas tinggi, terpampang kunci yang kuat, seorang pencuri masih bisa memasuki rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu mengenai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat mudah untuk dibobol, jadi pakailah langkah yang mirip pada jalan masuk diantara garasi kamu dan rumah teman layaknya pintu depan kamu. Kunci juga pintu anda saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi anda

Pintu dan furniture lainnya perlu perawatan dari waktu ke waktu, dan pintu yang ngga dirawat dengan baik akan menciptakan kemungkinan lebih mudah membobol rumah anda. Khususnya, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi bagus dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat seperti itu. Selihai apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci kamu. Simpan kunci teman dalam pengawasan. Kalau kamu harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada tempat kunci bermutu yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah teman seperti kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang ahli dalam bidang mereka, namun mereka harus mempunyai jalur lain seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa ditolong sebab rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci teman pada kerabat, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci paling kokoh akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga kamu, dan harta benda kamu, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, kamu masih dapat menjadi korban pada suatu saat, dan teman mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat anda tak dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu mudah jika kamu tahu cara melakukannya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, paling tidak kita sudah berusaha untuk menutup kemungkinan untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang, semoga berfaedah. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel