Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya

Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya Pencurian ketika liburan selalu menjadi suatu yang mengkhawatirkan bagi pemilik rumah. Namun trik paling mudah seperti apa untuk menjadikan rumah sobat tetap terlindungi? Paling simpel anda sudah memakai alarm system (jika tidak, segera lakukan), atau mungkin anda mempunyai hewan penjaga menjaga rumah teman juga. Poling membuktikan kalau banyak pencuri masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. Jadi memiliki pintu itu tetap terkunci dan kokoh. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukanApakah Anda Mempunyai Pintu yang Tepat?
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya
Tentukan pintu yang kokoh. Kalau pintu depan dan belakang teman gampang dibobol, teman kudu memperbaikinya saat mendekati waktu liburan. Bagaimana Trik untuk anda ngerti kalau pintu anda wajib direnovasi? Cukup diketuk saja. Pintu gampang dibobol cuma lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan asli
Inti kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: cek terlebih dahulu pintu besi ditopang bagian intinya, dan mempunyai suatu yang dikenal dengan lock block (batu bata kuat). Jika ngga, pencuri dapat membelokkan dengan mudah kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Jika memasang pintu dan kerangka baru, perkirakan juga untuk memakai pintu kaca yang memiliki serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk menolak pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Ganti semua pintu luar yang memiliki kaca dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimal, seluruh pintu kudu ngga berjendela, dan kamu tak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga pencuri dapat merusak jendela kemudian membongkar pintu dengan mudah.

Kalau kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, perkuat kacanya dengan besi pengaman di bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang ngga bisa dibongkar yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar pencurian saat liburan, orang tidak bertanggungjawab membobol rumah target menggunakan pintu yang tak dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi sia-sia kalau teman ngga menguncinya. Kunci seluruh pintu bagian luar kapanpun kamu pergi keluar – bahkan jika anda cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar harus memiliki kunci deadbolt ditambah memakai kunci yang ada pada gagang pintu. Kunci deadbolt kudu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling tidak sepanjang 2,5cm. Kuncinya harus terinstal dengan kuat. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci itu kudu dibuang
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya
Pasang deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan tambahan ketika anda ada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin bisa terlihat dengan terang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tidak dapat dirusak tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini ngga akan membantumu secara langsung saat teman tak di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Langkah termudah mengamankan pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat berkreasi atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya tak bergeser. Paling tak, letakkan sebuah tongkat (kayu penyangga, misalnya) pada bagian bawah pintu supaya tidak dapat terbuka. Cara apapun yang kamu gunakan, cobalah untuk memperkuat kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan di langkah pengamanan di atas.

Memperketat Jalan Masuk Kamu

Pasang pengaman dari silinder di sekitar kunci silinder (sisi dimana anda memasukkan kunci anda) Pencuri terkadang bisa menghancurkan atau mempreteli kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup supaya ngga bisa dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan mencegah penggunaan pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan ini, namun kalau punya anda belum ada, teman dapat membelinya.
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya

Perkuat srike plate yang sudah renta. Strike plate adalah plate besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar kudu mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang dipasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah didirikan dengan palang besi dengan mutu rendah atau strike plate yang dipasang memakai baut pendek.
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya
Amankan engsel yang tidak aman. Engsel wajib ada di bagian dalam pintu. Jika milik kamu ngga di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang ngga dapat dicopot. Anda bisa melakukannya dengan langkah melepas paling tidak 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tidak dapat dilepas (kamu bisa membelinya di toko perkakas) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga kudu diperkuat di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kuat dan berkualitas tinggi, dilengkapi kunci yang kuat, seorang pencuri masih bisa merangsek masuk rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu cuma diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya harus mengenai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dibobol, jadi gunakan langkah yang mirip pada pintu diantara garasi anda dan rumah teman layaknya pintu bagian luar kamu. Kunci juga pintu kamu saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah di mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan perangkat keras lainnya memerlukan perhatian setiap saat, dan pintu yang ngga diperhatikan dengan benar akan menciptakan kemungkinan lebih mudah memasuki rumah teman. Terlebih, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya menempati rel.
Jangan sampai kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Serapat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci kamu. Simpan kunci teman sendiri. Kalau teman kudu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci bermutu yang dipasang dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah kamu layaknya benteng. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam bidang mereka, namun mereka kudu memiliki jalur lain seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat diselamatkan karena rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci teman pada kerabat, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terkuat akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga kamu, dan harta benda teman, namun jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, kamu masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku menjadikan anda tak dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu gampang jika anda tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Namun, paling tidak kita telah berusaha untuk menutup peluang untuk pencuri menggondol barang kita dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel