Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Maling? Berikut Tipsnya

Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Maling? Berikut Tipsnya Pencurian ketika libur panjang selalu jadi momok yang mengkhawatirkan untuk pemudik. Tetapi cara terbaik apa untuk membuat rumah teman tetap aman? Paling mudah anda sudah memasang alarm system (kalau tak, segera lakukan), dan mungkin teman memiliki anjing penjaga menjaga rumah kamu juga. Survei menunjukkan kalau banyak pencuri masuk rumah menggunakan pintu depan ataupun belakang. Jadi mempunyai pintu itu tetap terkunci dan aman. Di bawah ini merupakan beberapa tips yang dapat digunakanSudahkah Kamu Memiliki Pintu yang Kuat?
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Maling? Berikut Tipsnya
Pilih pintu yang kokoh. Jika pintu depan dan belakang anda lemah, teman kudu memperbaikinya saat mendekati waktu liburan. Seperti apa Caranya teman ngerti kalau pintu anda kudu direnovasi? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu rentan maling hanyalah lapisan kayu tipis dengan kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: tentukan pintu besi ditopang bagian as-nya, dan memiliki suatu yang disebut sebagai lock block (batu bata kokoh). Jika tidak, pencuri dapat membelokkan dengan mudah kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Kalau mengganti pintu memakai kerangka baru, hitung juga untuk memakai pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk menolak pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Perkuat semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimum, semua pintu wajib tak berkaca, dan anda ngga ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga orang jahat bisa merusak jendela dan membuka pintu dari dalam.

Jika teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, perkuat kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tidak bisa dibongkar yang dipasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah target melintasi pintu yang tak dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi tidak berguna jika anda tak memakainya. Kunci semua pintu pada bagian luar kapanpun anda pergi berlibur – bahkan jika kamu cuma pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar harus memiliki kunci deadbolt plus dengan kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt wajib berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat yang tidak memakai sekrup yang dapat dilihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling tidak sepanjang 2,5cm. Kuncinya kudu terpasang dengan kuat. Kebanyakan rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci itu harus dirombak
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Maling? Berikut Tipsnya
Terapkan deadlock.

Menambah kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra ketika anda berada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan terang pada pintu jika dilihat dari luar, namun kunci ini tidak dapat dirusak tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tak akan menolongmu secara instan saat anda tak di rumah, kunci ini sangat mudah terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara terkeren memperkuat pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat membuat atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya ngga pindah posisi. Paling ngga, taruh sebuah tongkat (kayu untuk menahan, misalnya) pada bagian bawah pintu supaya tak bisa terbuka. Trik apapun yang anda pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah pengamanan di atas.

Memperkokoh Jalan Masuk Anda

Terapkan pengaman silinder yang ada di samping kunci silinder (bagian tempat anda memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab terkadang bisa merusak atau menyopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya dengan besi pengaman kunci atau silinder pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tidak dapat dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari pemakaian pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan ini, tetapi kalau punya teman belum ada, kamu bisa membelinya.
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Maling? Berikut Tipsnya

Ganti srike plate yang telah rapuh. Strike plate merupakan batang besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar bagusnya memiliki pengaman besi strike plate yang kuat yang dilengkapi dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan strike plate berkualitas rendah atau palang besi yang dipasang menggunakan baut pendek.
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Maling? Berikut Tipsnya
Perkuat engsel yang ngga aman. Engsel harus ada pada bagian dalam pintu. Jika milik anda ngga di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang ngga dapat dilepas. Anda bisa mengerjakannya dengan langkah melepas paling tidak 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tidak dapat dicopot (anda bisa menemuinya di toko hardware) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak nampak juga kudu diamankan di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Maling? Berikut Tipsnya
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu teman kokoh dan mempunyai kualitas tinggi, terpampang kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan menghancurkan atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu cuma diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan mudah memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya harus mengenai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat mudah untuk dibuka, jadi gunakan langkah yang mirip pada jalan masuk diantara garasi teman dan rumah anda layaknya pintu depan teman. Kunci juga pintu teman ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan furniture lainnya memerlukan perhatian kapanpun, dan pintu yang tak dijaga dengan benar akan membuat pencuri lebih gampang memasuki rumah teman. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya menempati jalur.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Serapat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci kamu. Simpan kunci kamu sendiri. Jika kamu wajib meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci bermutu yang diposisikan dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah teman layaknya kerajaan. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam bidang mereka, namun mereka perlu memiliki jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa diselamatkan karena rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci anda pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terbaik akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga teman, dan harta benda teman, tetapi jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, kamu masih dapat menjadi korban pada suatu saat, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat anda ngga bisa melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu gampang jika anda tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, setidaknya kamu sudah mencoba untuk menghalangi peluang untuk pencuri menggondol barang kita dengan mudah.

Terima kasih telah membaca Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Maling? Berikut Tipsnya, semoga berfaedah. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel