Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri

Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Pencurian saat berlibur selalu menjadi suatu yang mengkhawatirkan bagi pemudik. Tetapi cara paling mudah seperti apa untuk membuat rumah sobat tetap terjaga? Paling simpel anda sudah menggunakan alarm system (jika tidak, segera lakukan), atau mungkin kamu mempunyai hewan penjaga menjaga rumah anda juga. Poling menunjukkan kalau banyak perampok masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu itu tetap terkunci dan kokoh. Berikut ini adalah salah satu tips yang dapat dilakukanApakah Anda Memiliki Pintu yang Anti Maling?
  Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri
Pilih pintu yang tepat. Jika pintu depan dan belakang teman tidak aman, anda perlu memperbaikinya secepatnya. Seperti apa Caranya kamu ngerti kalau pintu kamu tidak kokoh? Cukup mengetuknya saja. Pintu lemah hanyalah lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar wajib solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: cek terlebih dahulu pintu besi ditopang bagian as-nya, dan mempunyai suatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (beton bata kokoh). Kalau tidak, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Jika mengganti pintu memakai kerangka baru, pertimbangkan untuk memakai pintu kaca berserat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menolak pukulan palu dari orang-orang yang masuk di saat liburan.

Rombak semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa kaca. Untuk keamanan maksimum, seluruh pintu kudu tak berjendela, dan anda tak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga orang jahat dapat merusak jendela dan membongkar pintu dengan gampang.

Jika anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, tutupi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tak dapat dihancurkan yang terpasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar perampokan, pencuri membobol rumah korban menggunakan pintu yang tidak dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi tidak berguna kalau kamu tidak memakainya. Kunci seluruh pintu bagian luar setiap waktu teman pergi berlibur – bahkan jika teman hanya pergi beberapa saat saja.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt ditambah dengan kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt wajib berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling tidak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya kudu terinstal dengan kuat. Kebanyakan rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut harus dibuang
  Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri
Terapkan deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memberikan keamanan ekstra ketika kamu ada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tidak memiliki kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan mudah pada pintu kalau dilihat dari luar, namun kunci ini tak bisa didobrak tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tak akan menolongmu secara instan saat teman tidak berada di rumah, kunci ini sangat mudah terlihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan maju mundur untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah terkeren memperkuat pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga bisa berkreasi atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya supaya tak bergeser. Paling tidak, taruh sebuah tongkat (kayu silinder tebal, contohnya) pada bagian bawah pintu supaya tak bisa terbuka. Trik apapun yang kamu gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang ditulis pada langkah sebelumnya.

Memperkeras Akses Masuk Kamu

Pakai pengaman silinder yang ada pada samping kunci silinder (sisi dimana kamu memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab terkadang dapat menghancurkan atau mencopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dan sebagainya. Jaga kuncinya memakai besi pengaman kunci atau silinder pelindung pada kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tak mudah dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan mencegah pemakaian pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan tips ini, namun kalau punya teman belum ada, anda bisa membelinya.
  Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri

Rubah srike plate yang telah rapuh. Strike plate adalah batang besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar harus mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang terpasang dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dibangun dengan palang besi dengan mutu rendah atau palang besi yang terpasang dengan baut pendek.
  Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri
Perkuat engsel yang ngga terlindungi. Engsel wajib berada di bagian dalam pintu. Jika punya kamu tidak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang ngga dapat dicopot. Anda bisa melakukannya dengan cara melepas paling ngga 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang tak dapat dicopot (kamu bisa menemuinya di toko bangunan) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang tidak terlihat juga harus diamankan di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
  Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu teman kokoh dan berkualitas tinggi, terpampang kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih dapat membobol rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang keras dapat dengan mudah memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib mencapai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dimasuki, jadi perlakukan cara yang sama pada jalan masuk diantara garasi anda dan rumah anda seperti pintu depan teman. Kunci juga pintu kamu ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan jendela lainnya perlu perhatian dari waktu ke waktu, dan pintu yang tak dijaga dengan baik akan membuat pencuri lebih mudah membobol rumah anda. Terlebih, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi bagus dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan sampai kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Sehebat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci teman. Letakkan kunci anda tersendiri. Kalau teman perlu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di tempat kunci berkualitas yang diposisikan dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah teman seperti benteng. Pemadam kebakaran memakai alat manual untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam bidang mereka, namun mereka kudu mempunyai jalur lain layaknya jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa ditolong sebab rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci paling kokoh akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga teman, dan harta benda kamu, tetapi jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, anda masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan menjadikan anda tidak dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu gampang jika teman tahu cara melakukannya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, setidaknya kita sudah berusaha untuk mempersulit peluang untuk pencuri menggondol barang kita dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga berguna. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel