Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong Perampokan selalu menjadi momok yang menakutkan untuk pemudik. Namun cara paling gampang seperti apa untuk menjadikan rumah teman tetap aman? Paling gampang anda sudah memakai alarm system (jika tak, lakukan segera), dan mungkin teman mempunyai anjing penjaga menjaga rumah teman juga. Statistik menunjukkan bahwa banyak perampok masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. So buat pintu tersebut tetap terkunci dan kokoh. Di bawah ini adalah salah satu tips yang bisa dilakukanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Ambil pintu yang keras. Kalau pintu depan dan belakang kamu rentan maling, teman perlu menggantinya secepatnya. Seperti apa Caranya anda tahu kalau pintu kamu rentan? Bisa dengan diketuk saja. Pintu rentan maling cuma lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan asli
Bagian dalam kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: tentukan pintu besi diperkuat bagian dalamnya, dan memiliki sesuatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (beton bata keras). Kalau tidak, pencuri bisa membengkokkan kusen pintu menggunakan dongkrak mobil.

Jika memasang pintu memakai kerangka baru, pertimbangkan untuk memakai pintu kaca yang memiliki serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk menolak benturan dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Ganti semua pintu luar yang berjendela dengan pintu tanpa kaca. Untuk keamanan maksimal, semua pintu harus ngga berjendela, dan anda ngga ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga pencuri bisa masuk melalui jendela dan membongkar pintu dari dalam.

Jika anda memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, lapisi kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tak dapat dibongkar yang dipasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah korban memakai pintu yang tidak dikunci dengan benar. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi tidak berguna kalau anda tak menggunakannya. Kunci semua pintu pada bagian luar kapanpun teman pergi berlibur – walau teman cuma pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt plus menggunakan kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt wajib berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras tanpa adanya sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling ngga mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya kudu terpasang dengan benar. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut wajib diperkuat
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Terapkan deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memperkuat keamanan tambahan saat anda berada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang ngga memiliki kuncinya. Ini mungkin bisa dilihat dengan jelas pada pintu jika dilihat dari luar, namun kunci ini tidak dapat dibuka tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan menolongmu secara instan ketika anda ngga di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan maju mundur untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah termudah memperkuat pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat berkreasi atau mencari online sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya tak pindah posisi. Paling ngga, taruh sebuah tongkat (kayu silinder tebal, contohnya) pada bagian bawah pintu supaya tak bisa dibuka paksa. Langkah apapun yang teman pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan pada langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkokoh Jalan Masuk Anda

Pasang pengaman silinder pada samping kunci silinder (bagian dimana kamu memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab seringnya dapat menghancurkan atau mencopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dan sebagainya. Jaga kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau cincin pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar ngga dapat dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan ini, namun kalau punya kamu belum ada, anda dapat membelinya.
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Perkuat srike plate yang telah renta. Strike plate merupakan plate besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar perlu mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang dilengkapi dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan strike plate dengan mutu rendah atau palang besi yang dipasang menggunakan baut pendek.
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Lindungi engsel yang tidak terlindungi. Engsel harus ada pada bagian dalam pintu. Kalau milik anda ngga di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang ngga dapat dicopot. Anda dapat mengerjakannya dengan cara melepas paling ngga 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang ngga dapat dilepas (anda bisa menemuinya di toko bangunan) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak terlihat juga harus diamankan di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu anda keras dan memiliki kualitas tinggi, terpampang kunci yang keras, seorang pencuri masih dapat membobol rumah dengan menghancurkan atau membobol kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib tertancap di dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dibobol, jadi pakailah langkah yang sama pada pintu diantara garasi teman dan rumah anda layaknya pintu bagian luar kamu. Kunci juga pintu kamu ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi anda

Pintu dan furniture lainnya memerlukan perhatian dari waktu ke waktu, dan pintu yang tidak dirawat dengan benar akan membuat pencuri lebih gampang memasuki rumah kamu. Terlebih, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih bagus dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Sehebat apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci anda. Simpan kunci teman tersendiri. Kalau anda harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci bermutu yang dipasang dengan benar dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah teman layaknya kastil. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam bidang mereka, tetapi mereka kudu mempunyai jalur mudah layaknya jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa ditolong karena rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci anda pada kerabat, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terbaik akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga teman, dan harta benda anda, tetapi jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, kamu masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan teman memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat teman tak dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu mudah jika kamu tahu cara melakukannya, bahkan untuk deadbolt. Namun, setidaknya kita sudah berusaha untuk mempersulit peluang untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih telah membaca Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong, semoga bermanfaat. Happy long Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel