Langkah Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang

Langkah Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang Perampokan selalu jadi momok yang menakutkan untuk pemudik. Namun cara paling gampang seperti apa untuk menjadikan rumah sobat tetap safe? Paling mudah kamu telah menggunakan alarm system (kalau tak, kamu bisa memikirkannya lagi), atau mungkin anda mempunyai hewan penjaga mempatroli rumah anda juga. Poling membuktikan kalau banyak perampok masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. So buat pintu tersebut harusnya terkunci dan kokoh. Berikut ini merupakan salah satu tips yang bisa digunakanApakah Anda Memiliki Pintu yang Anti Maling?
 Langkah Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Buatlah pintu yang kuat. Jika pintu depan dan belakang teman tidak aman, anda kudu menggantinya secepatnya. Bagaimana Caranya anda tahu bahwa pintu kamu lemah? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu tidak aman cuma lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar wajib kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan asli
Inti kayu kokoh
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: tentukan pintu besi diperkuat bagian dalamnya, dan mempunyai suatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (beton bata keras). Jika ngga, pencuri dapat membelokkan dengan gampang kusen pintu memakai alat pencurian.

Jika memasang pintu menggunakan kerangka baru, pertimbangkan untuk memakai pintu kaca yang memiliki serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menahan pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk kalau suasana sepi.

Rombak semua pintu luar yang berjendela dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimum, seluruh pintu harus tidak berjendela, dan kamu tak ada jendela yang berdampingan dengan pintu sehingga orang jahat dapat masuk melalui jendela dan membuka pintu dari dalam.

Jika anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, backingi kacanya dengan besi pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang ngga dapat dibongkar yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar pencurian saat liburan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah target menggunakan pintu yang ngga dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi sia-sia kalau kamu ngga menggunakannya. Kunci seluruh pintu bagian luar kapanpun anda pergi keluar – walau anda cuma pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar harus mempunyai kunci deadbolt ditambah memakai kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt perlu mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak memakai sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling tak sepanjang 2,5cm. Kuncinya harus dipasang dengan tepat. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci itu harus dibuang
 Langkah Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Terapkan deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memberikan keamanan tambahan ketika anda berada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ yaitu deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan gampang pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini tidak bisa dirusak tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini ngga akan membantumu secara langsung ketika kamu tak di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah termudah mengamankan pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya agar tak bergeser. Paling tak, letakkan sebuah tongkat (kayu untuk menahan, contohnya) pada bagian bawah pintu supaya tak dapat terbuka. Cara apapun yang kamu pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan di langkah sebelumnya.

Memperkeras Jalan Masuk Kamu

Terapkan pengaman silinder pada sekitar kunci silinder (sisi dimana kamu memasukkan kunci kamu) Orang tidak bertanggungjawab terkadang dapat merusak atau mempreteli kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dan sebagainya. Jaga kuncinya memakai besi pengaman kunci atau cincin pelindung pada kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari pemakaian pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan ini, tetapi kalau punya kamu belum ada, teman dapat membelinya.
 Langkah Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang

Ganti srike plate yang sudah rapuh. Strike plate merupakan batang besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar kudu mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang dilengkapi dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan palang besi berkualitas rendah atau palang besi yang terpasang dengan baut pendek.
 Langkah Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Lindungi engsel yang tak terlindungi. Engsel harus ada pada bagian dalam pintu. Jika punya anda tak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tak bisa dicopot. Anda dapat mengerjakannya dengan cara melepas paling tidak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan menggantinya dengan pin engsel yang tak dapat dilepas (teman dapat membelinya di toko perkakas) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga wajib diamankan pada kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 Langkah Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kuat dan berkualitas tinggi, terpampang kunci yang keras, seorang pencuri masih dapat merangsek masuk rumah dengan menghancurkan atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kokoh bisa dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib mengenai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dimasuki, jadi pakailah langkah yang mirip pada jalan masuk diantara garasi teman dan rumah kamu seperti pintu bagian luar teman. Kunci juga pintu anda ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan jendela lainnya perlu perawatan kapanpun, dan pintu yang tidak diperhatikan dengan benar akan menciptakan kemungkinan lebih mudah memasuki rumah kamu. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi baik dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Sehebat apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan bertemu kunci kamu. Simpan kunci anda dalam pengawasan. Jika teman kudu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada tempat kunci bermutu yang dipasang dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah teman seperti kastil. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam bidang mereka, namun mereka perlu mempunyai jalur mudah layaknya jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat diselamatkan sebab rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci anda pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terkuat akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga anda, dan harta benda teman, namun jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, teman masih dapat jadi korban pada suatu saat, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat kamu tak dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu gampang kalau kamu tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Namun, paling tidak kita telah berusaha untuk menghalangi peluang untuk pencuri mengambil barang dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca Langkah Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang, semoga berfaedah. Happy long Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel