Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling

Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling Perampokan selalu jadi suatu yang menakutkan untuk pemudik. Tetapi cara paling gampang seperti apa untuk menjadikan rumah anda tetap aman? Kemungkinan besar anda telah menggunakan alarm system (kalau tidak, anda dapat mempertimbangkannya lagi), atau mungkin anda memiliki anjing penjaga mempatroli rumah kamu juga. Statistik membuktikan bahwa banyak perampok masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. So buat pintu itu harusnya terkunci dan aman. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat dilakukanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Anti Maling?
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling
Pilih pintu yang aman. Kalau pintu depan dan belakang anda tidak aman, teman wajib menggantinya secepatnya. Bagaimana Caranya anda tahu kalau pintu kamu tidak keras? Bisa dengan diketuk saja. Pintu tidak aman hanyalah lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar perlu kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Inti kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: tentukan pintu besi ditopang bagian as-nya, dan mempunyai sesuatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (batu bata kuat). Jika tak, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Kalau memasang pintu dan kerangka baru, pertimbangkan untuk menggunakan pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menolak benturan dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Ganti semua pintu luar yang memiliki kaca dengan pintu tanpa view. Untuk keamanan maksimal, seluruh pintu perlu ngga berjendela, dan anda ngga ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi orang jahat dapat masuk melalui jendela dan membongkar pintu dari dalam.

Kalau teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdampingan, backingi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang ngga dapat dihancurkan yang dipasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar perampokan, pencuri memasuki rumah korban memakai pintu yang tak terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi sia-sia kalau anda tak menggunakannya. Kunci semua pintu pada bagian luar setiap waktu teman pergi berlibur – walau anda cuma pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu memiliki kunci deadbolt didukung dengan kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt kudu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras tanpa adanya sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling tidak sepanjang 2,5cm. Kuncinya kudu dipasang dengan benar. Kebanyakan rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu wajib dirombak
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling
Terapkan deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan ekstra saat kamu berada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ yaitu deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin bisa dilihat dengan mudah pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak dapat dihajar tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tak akan menolongmu secara langsung saat kamu tak di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara terkeren memperkuat pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat membuat atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya supaya tidak pindah posisi. Paling ngga, letakkan sebuah tongkat (kayu penyangga, contohnya) pada bagian bawah pintu supaya tak bisa dibuka paksa. Cara apapun yang teman pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan di langkah pengamanan di atas.

Memperketat Jalan Masuk Anda

Terapkan pengaman dari silinder di sekitar kunci silinder (sisi tempat kamu memasukkan kunci anda) Pencuri seringnya dapat merusak atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dan sebagainya. Jaga kuncinya memakai besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup supaya ngga gampang dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah penggunaan pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci telah terpasang dengan ini, tetapi jika punya kamu belum ada, teman bisa membelinya.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling

Rubah srike plate yang sudah rapuh. Strike plate merupakan plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar kudu memiliki pengaman besi strike plate yang kokoh yang terpasang dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Banyak rumah dibangun dengan strike plate berkualitas rendah atau strike plate yang dipasang menggunakan baut pendek.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling
Amankan engsel yang ngga terlindungi. Engsel wajib berada pada bagian dalam pintu. Jika milik anda tak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tak dapat dilepas. Kamu dapat melakukannya dengan cara mencopot paling tak 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang ngga dapat dilepas (teman dapat menemuinya di toko perkakas) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang ngga nampak juga harus diperkuat pada kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kuat dan berkualitas tinggi, terpasang kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih bisa merangsek masuk rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang keras dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya harus tertancap di dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dibobol, jadi gunakan langkah yang sama pada jalan masuk diantara garasi anda dan rumah kamu seperti pintu bagian luar anda. Kunci juga pintu anda ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan furniture lainnya membutuhkan perhatian setiap saat, dan pintu yang ngga dijaga dengan baik akan membuat pencuri lebih gampang membobol rumah anda. Terutama, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat seperti itu. Selihai apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci kamu. Letakkan kunci kamu sendiri. Jika anda harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci bermutu yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan menjadikan rumah kamu seperti benteng. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk menolong masuk rumah saat ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam urusan mereka, namun mereka kudu mempunyai jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa diselamatkan sebab rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci anda pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya anda mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga teman, dan harta benda teman, tetapi jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, teman masih dapat menjadi korban pada suatu saat, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku menjadikan anda tidak dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu gampang kalau kamu tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, paling tidak kita telah berusaha untuk menutup kemungkinan untuk pencuri mengambil barang dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling, semoga berguna. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel